PROPOSAL USAHA DONAT DARI KULIT PISANG

PROPOSAL USAHA DONAT DARI KULIT PISANG

PROPOSAL USAHA DONAT DARI KULIT PISANG

RINGKASAN USAHA

 Usulan program kreativitas mahasiswa kami berjudul “Minion Donat: Donat Kulit Pisang, Cemilan Sehat Anak Kosan”. Program ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1) Mengangkat popularitas pangan lokal yaitu Buah pisang ; 2) Meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri dengan cara turut memasarkan bahan pangan lokal; 3) Memperkaya aneka olahan pangan dalam negeri sehingga menambah keragaman pangan nusantara; 4) Mempertimbangkan potensi buah pisang tidak hanya pemanfaatan daging buahnya tapi juga kulit pisangnya; dan 5) Mencoba membuka lapangan pekerjaan dan menambah pengalaman berbisnis untuk memperoleh keuntungan dari hasil usaha. Dalam pelaksanaan program ini kami menggunakan metode yang terdiri dari beberapa tahap. Sebelum proses produksi dimulai kami melakukan identifikasi masalah yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini, yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan selain daging buah pisang serta perlunya usaha untuk mengolah daging buah pisang dan kulit pisang  menjadi produk yang mendatangkan profit lebih. Setelah itu, kami melakukan survei pasar untuk mengetahui harga alat dan bahan baku yang akan digunakan serta mengetahui peluang produk untuk dijual di pasaran. Langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah menyusun business plan untuk merencanakan serta memperoleh gambaran mengenai usaha yang akan dijalankan serta kegiatan yang akan dilakukan. Setelah menyelesaikan penyusunan business plan kami melakukan persiapan alat dan bahan yang akan digunakan untuk proses produksi. Setelah proses persiapan tersebut, dilakukan  pembuatan produk “Minion Donat: Donat Kulit Pisang, Cemilan Sehat Anak Kosan” yang meliputi proses perendaman kulit pisang dengan air kapur, perebusan daging buah pisang, pencampuran bahan dengan kulit dan daging buah pisang, lalu pengemasan. Dari proses pengolahan tersebut akan diperoleh produk “Minion Donat: Donat Kulit Pisang, Cemilan Sehat Anak Kosan” yang telah siap dikemas dalam karton berbentuk kotak diberi tambahan taburan berupa dusting yaitu gula halus dalam berbagai warna. Setelah proses produksi “Minion Donat: Donat  Kulit Pisang, Cemilan Sehat Anak Kosan” selesai, kami melakukan promosi produk kepada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman khususnya, serta masyarakat pada umumnya. Produk “Minion Donat:

Donat Kulit Pisang, Cemilan Sehat Anak Kosan” ini kami pasarkan dengan harga Rp 5000. Selain itu, kami juga menerima pesanan dari konsumen baik dalam jumlah besar maupun sedikit.

PROPOSAL USAHA DONAT DARI KULIT PISANG

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan lainnya. Antara lain kaya akan Vitamin dan Serat, mampu mengobati sakit Maag, menghaluskan kulit wajah, sumber energi, menyembuhkan luka bakar, memperlancar proses metabolisme. Setelah mengetahui manfaat buah pisang, tentu saja pasti kulit yang selama ini dikupas dari buahnya kita anggap sebagai limbah organik. Padahal kandungan di dalam kulit pisang ini tidak kalah baik dengan daging buahnya itu sendiri. Manfaat kulit pisang yaitu : Dapat meningkatkan kadar serotonin, baik untuk kesehatan mata, sebagai antioksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit mata katarak dan mampu memurnikan air dan logam berat di dalam tubuh.

Setelah mengetahui pemaparan manfaat kulit pisang tersebut, alangkah baiknya bila menggunakan bahan pangan yang dianggap sebagai limbah organik tersebut menjadi suatu panganan yang enak, sehat dan bergizi. Akibat meningkatnya minat terhadap makanan ringan sekarang ini terutama konsumsi buah pisang dan juga mengidentifikasi permasalahan tersebut maka kami menggagas sebuah inovasi produk makanan terbaru yakni, Minion Donat yaitu donat dengan campuran kulit pisang beserta dengan taburan berupa dusting yaitu gula halus berbagai warna. Dipasaran nilai jual untuk buah pisang ini sendiri tinggi. Ditambah masyarakat yang belum mengetahui bahwa kulit pisang bisa dijadikan sebagai bahan pangan. Karena itulah sangat jarang masyarakat yang memiliki minat berinvestasi di produk ini. Dari beberapa hal yang telah dipaparkan, maka kami membuat suatu terobosan baru dengan cara menginovasikan donat, kulit dan buah pisang sebagai bahan baku “Minion Donat”. Dengan nilai beli bahan baku yang relatif murah, ketersediaan bahan yang mudah untuk didapatkan dan persaingan dengan produsen lain yang relatif sedikit, prospek usaha ini kedepannya cukup menjanjikan.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai bahan dasar Minion Donat yang dapat diterima masyarakat sehingga produk olahan limbah kulit pisang dapat populer dan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

1.3 Tujuan

            Tujuan yang ingin dicapai antara lain :

  1. Meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha melalui pengembangan usaha Minion Donat.
  2. Menciptakan dan mengembangkan peluang usaha inovatif yang memiliki prospek dan mampu bersaing dalam pasar global.
  3. Memanfaatkan sumber daya alam yang kurang produktif yakni, kulit pisang menjadi salah satu bahan dasar pembuatan “Minion Donat”.

1.4  Luaran 

            Berikut beberapa luaran yang menjadi target dari Minion Donat       :

  1. Menjadikan produk makanan terbaru “Minion Donat” ini sebagai pilihan makan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat terutama mahasiswa.  
  2. Perusahaan Minion Donat ini dapat menciptakan kreasi makanan yang baru, tetapi tetap menggunakan bahan dasar utamanya yaitu Kulit dan buah pisang.  
  3. Dapat dijadikan mitra dalam usaha-usaha khususnya disekitar lingkungan mahasiswa.  

1.5  Kegunaan

            Minion Donat akan menghasilkan manfaat sebagai berikut  :

  1. Masyarakat yang lebih mengenal produk makanan kami, menyadari keunikan dan kelezatan yang terdapat pada “ Minion Donat”.
  2. Memperluas lapanngan pekerjaan dalam bidang usaha ini.
  3. Pengoptimalan penggunaan limbah organik, agar menjadi sesuatu yang lebih bernilai baik dalam segi kesehatan maupun dalam segi komersil.

BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA 

Minion Donat merupakan bisnis makanan yang bertujuan untuk memeberikan makanan sehat, bergizi, dan harga yang terjangkau bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus dalam bentuk makanan ringan. Minion Donat merupakan makanan yang dapat menjadi pilihan  saat bersantai ataupun bisa juga sebagai makanan penunda lapar.

Prospek dari Minion Donat ini cukup baik karena bisnis ini dilakukan dilingkungan sekitar kampus yang sebelumnya belum mengeluarkan bisnis yang sama dalam kata lain hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri untuk menjadi peluang untuk meraih simpati lebih awal dan menjadi icon dalam pengolahan pisang disebanding competitor yang mungkin akan muncul selanjutnya. Kelebihan dalam bisnis Minion Donat selain makanan yang sehat, bergizi dan harga yang terjangkau adalah makanan ini tidak hanya bisa dijadikan cemilan tapi juga makanan berat seperti roti yang dapat dimakan oleh para mahasiswa yang tidak sempat sarapan pagi saat kuliah. Gambaran umum rencana kerja usaha di bagi menjadi beberapa tahapan yaitu:

TRENDING:  Peluang Bisnis Wedding Organizer (WO) dan Tips Agar Sukses

2.1. Analisis Pemasaran 

2.1.1. Product (Produk)  Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah “ Minion Donat “. Produk Minion Donat yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam karton berbentuk kotak. Produk ini merupakan pengolahan pisang sebagai bahan pangan alternatif.

2.1.2. Price (Harga)

Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lainnya. Produk Minion Donat ini dijual dengan harga Rp 5000 per buah. Penentuan harga Rp 5000 per buah dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk Minion Donat adalah mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan memperlancar proses penjualan.

2.1.3. Targeting (Target Utama)

Target utama pemasaran produk ini adalah mahasiswa di kampus Universitas Jenderal Soedirman  dan masyarakat umum.

2.1.4.    Place (Tempat/Lokasi Produksi)

Usaha “ Minion Donat” ini berlokasi di kampus dan sekitarnya dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan mudah dijangkau mahasiswa atau masyarakat, sehingga mempermudah konsumen dalam mendapatkan produk ini. Tempat penjualannya bisa disekitar lingkungan kampus Universitas Jenderal Soedirman .

2.1.5.    Promotion (Promosi)

Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi  dapat dilakukan dengan cara yaitu:

  1. Penyebaran informasi secara langsung

Penyebaran informasi secara langsung dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut, cara promosi demikian dimulai pada sesama mahasiswa.

  1. Melalui sarana teknologi dan informasi

Promosi  dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter. Penyebaran informasi juga dilakukan dengan pemasangan banner pada lokasi penjualan dan pembagian pamphlet-pamphflet disekitar lokasi serta ke tempat-tempat lainnya.

2.2. Analisis Operasional

2.2.1. Desain Produk 

Pengemasan produk Minion Donat dilakukan karena  memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah atau tempat dari produk yang dihasilkan tapi lebih untuk menarik konsumen dan juga peningkatan penjualan.

2.3. Analisis Peluang Pasar dan Pesaing 

2.3.1.  Analisis Peluang Pasar

Didaerah Purwokerto dan sekitarnya masih jarang yang menjual olahan dari kulit pisang dan daging buahnya yang betul-betul inovatif, harga terjangkau dan menyehatkan yang dibuat menjadi donat mini. Dengan situasi persaingan yang demikian itu, kami melihat bahwa kesempatan bagi usaha kami untuk berkembang masih terbuka lebar . Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar  pisang  ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.

2.3.2.  Tingkat Persaingan

Melihat situasi tempat yang akan dimasuki produk  ini sepertinya produk olahan dari kulit pisang yang dibuat menjadi donat ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau, rasanya yang enak, menyehatkan dan  sangat pas untuk ukuran dompet mahasiswa, serta masyarakat karena usaha produk ini belum ada di daerah UNSOED.

2.4 Analisis Kelayakan Usaha 

Tabel 1.1 Uraian Keuangan Produksi

Uraian

Jumlah

Kebutuhan modal kerja selama 24 hari

Rp 7.689.000

Kebutuhan biaya peralatan penunjang

Rp 5.777.000

Kebutuhan biaya perjalanan dan transportasi

Rp  612.000

Biaya produksi per buah

Rp  3.500

Harga jual per buah

Rp  5.000

Keuntungan per buah

Rp  1.500

Jumlah produksi perhari

Keuntungan per bulan = keuntungan per buah x jumlah produk per bulan

                                     = Rp 1500 x 100 buah

                                     = Rp 3.600.000

Keuntungan selama 4 bulan = Rp 3.600.000 x 4 bulan

                                              = Rp 14.400.000

B/C Ratio = Benefit / Cost

                 =14.400.000 / 7.689.000

                 = 1.87

Nilai B/C Ratio menunjukkan angka lebih dari 1 yang diartikan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan dan akan memberikan keuntungan.

BAB 3. METODE PELAKSANAAN

Dalam menentukan metode pelaksanaan, kami menganalisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yang ada dalam produk ini. Berikut adalah SWOT utama yang kami miliki :

STRENGTH 

Memanfaatkan potensi limbah kulit pisang yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Memiliki cita rasa yang membuat konsumen penasaran.

Memiliki keunikan dan inovatif.

Dapat dikonsumsi dari berbagai kalangan.

Produk kami masih dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk dan variasi makanan.

Makanan bergizi dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

WEAKNESS 

Proses produksi cukup memakan waktu.

Jenis pisang yang digunakan memiliki harga yang cukup mahal.

Kurangnya peralatan yang menunjang.

Pencoklatan enzimatis pada kulit dan buah pisang sangat cepat sehingga perlu perlakuan yang dapat mencegah pencoklatan enzimatis tersebut dengan perebusan.

Proses pemasaran kurang maksimal.

OPPORTUNITY 

Produk kami terbilang unik dan belum ada sebelumnya.

Peluang bisnis terbilang bagus karena rasa penasaran masyarakat yang mau mencoba produk kami.

Selain menyehatkan, produk kami memiliki harga terjangkau sehingga sangat cocok dengan sasaran utama kami yaitu mahasiswa.

Bentuk dan varisasinya unik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

THREAT   

Akan tercipta persaingan jika ada perusahaan lain yang membuat produk serupa.

Kejenuhan konsumen dengan produk kami menuntut kami harus selalu berinovasi.

Apabila adanya persaingan yang tidak sehat.

Dengan memperhatikan SWOT tersebut, kami membagi metode pelaksanaan menjadi beberapa bagian, diantaranya :

  1. Tahap Persiapan

Pembuatan minion donat dilakukan di Perumahan Griya Satria Indah Sumampir Jalan Aquamarine Blok G 15. Pada tahap persiapan ini, dilakukan pembagian tugas yaitu ada yang sebagai pemasak (3 orang), pemasaran (2 orang) dan promosi (1 orang). Untuk persiapan segala peralatan dan kebutuhan yang diperlukan untuk usaha ini tetap dilakukan secara bersama. Pertama-pertama kita mempersiapkan alat dan bahan baku yang akan digunakan. Peralatan seperti alat penggoreng, blender,kompor,tabung gas, alat pencetak donat, mixer, timbangan dan lainya (pisau, baskom, sendok, dan peralatan tambahan lainnya). Untuk bahan-bahannya berupa pisang, margarine, gula pasir, dustin, tepung cakra kembar, kapur sirih, ragi, pondan indo donut, enssence pisang, telur ayam dan minyak goreng. Proses pembuatan Minion Donat adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan alat dan bahan dan merendam kulit pisang dengan air kapur serta merebus buahnya.
  2. Mendiamkan kulit pisang yang direndam selama 10 menit.
  3. Memasukkan bahan-bahan dasar pada satu adonan pembuatan donat.
  4. Menghaluskan kulit dan buah pisang yang telah direndam dan direbus menggunakan  blender.
  5. Memasukkan kulit dan buah pisang yang telah halus pada adonan donat kemudian  diuleni.
  6. Menambah enssence pisang pada adonan dan menutup adonan dengan kain basah dan tunggu hingga mengembang.
  7. Membuat bentuk donat dengan cara dicetak.
  8. Menggoreng hingga warnanya kecoklatan dan menambahkan   dusting.
  1. Pelaksanaan
TRENDING:  Analisa Usaha Pangkas Rambut dan Contohnya

Pada tahap ini, semua peralatan dan bahan dari minion donat telah dipersiapkan dan dibawa ke lokasi penjualan dengan sebagian produk minion donat telah dibuat dalam tahap persiapan. Sehingga untuk pelaksanaannya sendiri juga telah dibedakan tugasnya. Untuk pemasaran nya ada 3 orang, walaupun begitu semua tetap membantu jika dibutuhkan. Pembagian tugas dilakukan hanya sebagai kepala yang mengkoordinir setiap tahapan usahanya. Dalam pelaksanannya dibuat 100 buah minion donat untuk diperdagangkan termasuk minion donat yang telah dibuat dalam tahapan persiapan di perumahan Griya Satria Indah Sumampir jalan aquamarine blok G 15. Apabila semua minion donat telah terjual dilakukan beres-beres peralatan dan tempat penjualan  serta kembali mempersiapkan lagi minion donatnya untuk didagangkan lagi pada keesok harinya.

  1. Promosi dan pemasaran

Proses promosi dan pemasan dilakukan secara langsung dari mulut-kemulut dan juga pemasangan banner pada tempat penjualan dan pembagian famphlet-famphlet disekitar  daerah Purwokerto seperti kampus dan lokasi  penjualan. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya.

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1  Anggaran biaya

Tabel 2. Ringkasan anggaran biaya Minion Donat

No

Uraian

Harga

1

Peralatan penunjang

Rp 5.770.000

2

Bahan habis pakai

  Rp 350.000

3

Perjalanan.

  Rp 612.000

4

Administrasi meliputi sewa tempat usaha dan pembuatan proposal dan laporan kegiatan serta publikasi yang meliputi pembuatan banner dan pamflet.

Rp 950.000

Jumlah

Rp 7.689.000 

4.2  Jadwal Kegiatan

Untuk lamanya kegiatan usaha ini diperkirakan membutuhkan waktu 4-5 bulan dapat dirincikan sebagai berikut:

No

Uraian Kegiatan

Waktu

Bul

an 1

Bulan 2

Bul

an 3

Bulan 4

1.

Persiapan tempat dan peralatan produksi

2.

Optimasi Produk

3.

Penjualan di lingkungan

Kampus

4.

Penjualan di luar lingkungan kampus

5.

Promosi

6.

Evaluasi

DAFTAR PUSTAKA

Cahyono,  B. 1995. Pisang, Budidaya dan Analisis Usaha Tani. Kanisius, Yogyakarta.

Hanifah, N. 2004. Kajian Sifat Fisika Dan Organoleptik Pektin Kulit Pisang Dari Beberapa Varietas Dan Tingkat Kematangan. Skripsi S1 Agroindustri Universitas Muhamidayah Malang. Malang.

Jacobs, Morris B. 1962. “The Chemical Analysis of Foods and Food Products”,

rd 3 ed. Columbia University, New York.

Laksmi, D.S.1988. Pisang Diversifikasi Pemanfaatannya Untuk  Pangan Dalam Tumbuh. Halaman 36-43

Munadjim, Bsc. 1983. “Teknologi Pengolahan Pisang”, Gramedia, Jakarta.

Nugroho, A Danni. 2002. “Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Menjadi Pektin”,     Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Rosdiana dan Rina. 2009. Pemanfaatan Limbah dari Kulit Pisang.  http://onlinebuku. com/2009/01/29/pemanfaatan-limbah-dari- tanaman pisang/bahan-makanan-dari-pisang-dan kulitnya, diakses tanggal 30 April  2014.

Stover, R.H & N.W. Simmonads. 1993. Banana. Tropical Agriculture Series. Longman Scientific ang Technical. New York.

Santosa, Herry. 2004, “Operasi Teknik Kimia Ekstraksi”, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Suprapti, M.L. 2005. Aneka Olahan Pisang. Kansius, Yogyakarta.

Lampiran

1. Justifikasi Anggaran Kegiatan

  1. Peralatan Penunjang

Material

Justifikasi

pemakaian

Kuantitas

Harga satuan (Rp)

Keterangan

Alat Penggoreng

Untuk menggoreng sebelum dikonsumsi

@2 buah

125.000

250.000

Blender

Untuk membuat donat

@2 buah

250.000

500.000

Sendok dan  Garpu

Untuk makan

@3 lusin

50.000

150.000

Gelas

Untuk minum konsumen

@3 lusin

50.000

150.000

Kompor

Untuk memasak

@1 buah

750.000

500.000

Tabung  Gas

Bahan bakar

@1buah

140.000

140.000

Selang gas

Perlengkapan memasak

@1buah

25.000

25.000

Regulator

Perlengkapan memasak

@1buah

100.000

100.000

Alat

Pencetak Donat

Alat pencetak donat

@1 buah

200.000

100.000

Mixer

Pembuat adonan

@1 buah

200.000

200.000

Streples

Penguat kemasan atau tempat produk

@ 3 buah

5.000

15.000

Timbangan

Menimbang bahan agar akurat

@ 1 buah

70.000

70.000

Kertas

Kotak

Karton

Tempat pengemas donat

@200buah

1.000

200.000

Penjepit

Makanan

Alat untuk mengmbil donat

@ 2buah

10.000

20.000

Terpal

Pelindung dari hujan

@1 buah

50.000

50.000

Gerobak Etalase

Tempat untuk eletakan produk dan bahan

@1 buah

3.000.000

3.000.000

Peralatan tambahan

Untuk membuat adonan minion donat

500.000

lain (ex:

pisau,

baskom

talenan, dll)

Sub total (

Rp)

5.770.000

  1. Bahan habis pakai (selama 1 hari)

Material

Justifikasi pemakaian

Kuantitas

Harga satuan (Rp)

Keterangan

Pisang

 Bahan baku minion donat

@90 buah

1000

90.000

Tepung

terigu cakra kembar

Bahan pembuat donat

@8 kg

12.000

96.000

Dustin

Taburan di atas donat

@1 kg

4.000

4.000

Enssence pisang

Perasa adonan

@2 botol

3.000

7.000

Pondan

Indo

Donut

Bahan untuk membuat minion donat

@2 botol

4.500

9.000

Telur ayam

 Bahan pembuat donat

@ 3 kg

12.000

36.000

Gula pasir

Bahan pembuat donat

@ 10 kg

7.000

70.000

Ragi

Bahan pembuat donat

Secukupnya

1.000

1.000

Kapur sirih

Bahan pembuat donat

secukupnya

1000

1000

Minyak goreng

Untuk menggoreng donat

@ 3 kg

9.000

27.000

Marganin

Bahan menbuat donat

@3

bungkus

3.000

9.000

Sub total (Rp)

350.000

Jumlah produksi minion donat perhari                                  : 100 buah

Kebutuhan modal kerja selama 20 hari kerja                        : Rp 7.000.000 3. Perjalanan

Material

Justifikasi perjalanan

Kuantitas

Harga satuan (Rp)

Keterangan

Perjalanan

ke pasar dan toko bahan kue di

Purwokerto

Untuk membali bahan baku lainnya

Satu kali seminggu selama 4 bulan

7.000 /perjalan an

112.000

Perjalanan untuk keperluan pemasaran ke berbagai tempat

Melakukan penjualan di berbagai event, menyebarkan pamflet, termasuk sewa  taxi barang untuk tempat yang jauh.

Waktu tentatif

500.000

500.000

Sub total (Rp)

612.000

  1. Promosi dan administrasi

Material

Justifikasi perjalanan

Kuantitas

Harga satuan (Rp)

Keterangan

Administrasi

Sewa tempat

Sewa tempat jualan dan pembuatan proposal dan laporan kegiatan

500.000

500.000

Pembuatan banner dan famphlet

Sebagai sarana promosi

Famphlet sebanyak  1000 lembar dan 1 banner ukuran sedang

450.000

450.000

Sub total (Rp)

950.000

Total (keseluruhan)

7.689.000

 

2 comments

  1. Alfina Rizkia Nur Aini

    untuk menghubungi pemilik usahanya bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *