TAKUT SAAT DI VAKSIN SIMAK EFEK SAMPING VAKSIN COVID BERIKUT.jpeg

TAKUT SAAT DI VAKSIN? SIMAK EFEK SAMPING VAKSIN COVID BERIKUT!

Semenjak pandemi covid 19 ini berlangsung hampir 2 tahun lamanya, hingga munculnya vaksin covid dari berbagai penyedia, masih banyak sebagian orang yang merasa takut dan tidak mau untuk divaksinasi. Sebagian dari merekan berfikir jika mengikuti vaksinasi akan muncul efek samping yang membahayakan bagi dirinya.

Efek samping dari suntik vaksin covid-19 sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Hal ini tidak jauh berbeda dengan vaksin lainya, misal pada baji ada vaksin polio, cacar dan sebagainya. Pada umumnya efek samping yang muncul adalah sakit nyeri pada bekas suntikan jarum vaksin, lemas atau kelelahan, bahkan hingga demam.

Ada pula yang mengalami reaksi efek samping mirip dengan alergi seperti gatal-gatal, hal ini disebagkan adanya alergi dari salah satu bahan dari vaksi tersebut. Kondisi ini mungkin bisa menjadikan sebagian orang menjadi takut, dan tidak merasa senang atau perlu untuk vaksinasi. Padahal program ini merupakan upaya bersama dalam penanggulangan covid-19. Akan tetapi perlu dicatat bahwasanya reaksi yang tidak menyenangkan hingga parah ini sangat jarang terjadi.

Seperti yang disampaikan dalam media Times of India, reaksi daripada vaksin covid-19 berbeda dengan reaksi vaksi yang membahayakan. Reaksi yang membahayakan disini diartikan sebagai reaksi efek samping yang mengancam nyawa seseorang ketika disuntik vaksin covid-10. Reaksi efek samping seperti lemas, demam, hingga alergi dikategorikan sebagai respon imun langsung. Sedangkan reaksi yang membahayakan itu seperti pembekuan darah atau miokarditis yang terjadi rentang 7 hingga 20 hari setelah vaksin covid-19.

1. Reaksi Alergi

Jika seseorang setelah di vaksin covid-19 mengalami reaksi ataupun alergi beberapa menit setelah divaksinasi, sebagiknya langkah yang harus dilakukan adalah segera menginformasikan kepada penyedia layanan kesehatan. Reaksi alergi biasanya langsung dapat muncul setidaknya dalam 4 jam setelah suntik vaksin.

Tidak semua orang yang melakukan vaksin covid-19 akan mengalami reaksi alergi. Akan tetapi, seseorang yang mengikuti vaksinasi harus memperhatikan kondisi atau reaksi yang timbur agar nantinya mendapat penanganan yang tepat.

2. Ruam

Kondisi lain jika seseorang mengalami reaksi ruam di tempat suntikan vaksin Covid-19, sebaiknya beri tahu petugas layanan kesehatan agar diberi antihistamin dan obat alergi untuk bisa membantu mengatasinya.

3. Pingsan dan Berkeringat

Akan tetapi jika ada reaksi lebih parah, seperti anafilaksis (hal ini dapat menyebabkan seseorang pingsan dan berkeringat), segera lapor petugas kesehatan agar dibawa ke rumah sakit terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut.

Reaksi akibat vaksinasi covid-19 bisa muncul dalam jangka waktu yang cepat maupun lambat. Namun hal ini tidak dapat di prediksi dan tergantung pada kondisi fisik dan imum seseorang pada waktu vaksin. Oleh karena tidak dapat dipredisi, setiap orang yang telah vaksin, harus memperhatikan gejala reaksi yang ditumbulkan pada dirinya sendiri agar secara cepat dan tepat dalam penangananya

Leave a Reply

Your email address will not be published.