PELUANG BISNIS JASA PENITIPAN ANAK

Membidik Peluang Bisnis Jasa Penitipan Anak

Jasa penitipan anak merupakan salah satu bisnis yang mempunyai prospek cukup bagus karena kesibukan para orang tua ketika bekerja di luar rumah. Hal ini kemudian memaksa para orang tua untuk menitipkan anaknya di jasa asuh anak.

Karena saking sibuknya bekerja, kadang para orang tua terpaksa menitipkan buah hati mereka di tempat penitipan anak. Kebiasaan ini sudah ada sejak dulu dan bukan merupakan hal yang baru, terlebih lagi untuk sebagian besar orang tua milenial.

Jadi tidak heran jika membuka jasa penitipan anak merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Dengan membuka jasa asuh anak ini Anda bisa mendapat keuntungan yang besar.

Analisisa Usaha Jasa Penitipan Anak

Berdasarkan fenomena yang ada sekarang ini, jasa asuh anak sangat diperlukan terutama di kota-kota besar. Yang mana kebanyakan wanita di sana juga ikut bekerja, sehingga tidak sempat mengurus anak mereka sendiri.

Jasa penitipan anak memiliki prospek yang menjanjikan, baik itu dilihat dari keuntungan yang diperoleh dan segmentasi pasarnya. Dengan usaha rumahan ini Anda bisa mendapat penghasilan yang lumayan tanpa modal besar.

Mau tahu lebih jelasnya? Simak beberapa hal yang penting mengenai bisnis ini sampai akhir.

  1. Target Pasar Bisnis Jasa Penitipan Anak

Pengguna atau target pasar dari jasa penitipan adalah adalah para orang tua yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengasuh anak-anak mereka sendiri. Mereka hanya punya waktu sedikit dan hanya cukup untuk bermain serta istirahat saja.

  1. Cara Memulai Usaha

Untuk memulai membuka usaha ini, Anda bisa mulai dari anak-anak yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Karena Anda bisa lebih mudah mendapat kepercayaan dari para orang tua yang sudah mengenal Anda.

Sebelum membuka jasa asuh anak, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Anda harus menyiapkan tempat, baby sitter atau sumber daya manusia, persiapan modal, konsep usaha, pengetahuan tentang anak dan bayi, serta promosi.

Ada beberapa hal juga yang harus Anda lakukan supaya bisnis rumahan ini bisa berjalan dengan baik, yaitu:

  • Survei tempat untuk membuka usaha, cari tahu terlebih dahulu apakah di tempat tersebut ada banyak orang yang memerlukan jasa titip anak atau tidak
  • Mempelajari tentang anak mulai dari perilakunya, sampai dengan psikologi anak
  •  Melakukan perekrutan SDM atau baby sitter. Syaratnya adalah memiliki waktu luang yang banyak dan suka dengan anak-anak
  • Membuat dan juga mempersiapkan kurikulum untuk anak nantinya yang akan diasuh
  •  Mempromosikan bisnis Anda kepada orang-orang, terutama yang tinggal di sekitar tempat Anda
  • Membuat tempat penitipan Anda menjadi tempat yang asyik dan menyenangkan untuk anak-anak sehingga mereka betah
  • Menjalin hubungan yang baik dengan orang tua dari anak yang dititipkan.
  1. Keuntungan Bisnis Jasa Penitipan Anak

Usaha ini menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang Anda di rumah supaya tidak terbuang sia-sia. Jadi rumah Anda bisa digunakan sebagai tempat untuk membuka usaha sekaligus menghasilkan uang.

TRENDING:  Peluang Bisnis Menjadi Penulis Online yang Perlu Anda Tahu

Selain menghasilkan uang, rumah Anda yang tadinya sepi akan menjadi ramai karena ada banyak anak-anak yang bermain di rumah Anda.

Nah selain membuka jasa penitipan anak di rumah, Anda juga bisa membuka toko makanan yang menjual berbagai makanan bergizi. Toko Anda pasti akan laris dibeli oleh ibu-ibu dari anak yang menitipkan anaknya di tempat Anda.

  1. Hambatan Bisnis Jasa Penitipan Anak

Ketika menjalankan sebuah bisnis, tentu akan ada hambatan ketika menjalankannya. Ini juga berlaku pada bisnis penitipan anak, nah berikut ini adalah beberapa hambatan pada bisnis asuh anak:

  • SDM Tidak Profesional. Hambatan pertama yang mungkin akan Anda alami adalah SDM yang Anda pekerjakan tidak profesional. Dalam menjalankan usaha penitipan anak ini Anda memerlukan SDM yang berpengalaman dan memiliki banyak pengetahuan tentang bayi dan anak-anak supaya bisa akrab dengan anak yang dititipkan.
  • Sulit Mencari Pelanggan. Hambatan yang kedua adalah sangat sulit mencari pengguna jasa penitipan anak. Hal ini karena masih banyak masyarakat yang belum bisa mempercayakan anak mereka di jasa penitipan anak. Kebanyakan lebih memilih untuk menitipkan anak mereka kepada saudara sendiri.
  • Kurang Pengetahuan Tentang Anak/Bayi. Ada banyak hal yang harus Anda ketahui tentang anak-anak, jadi kurang pengetahuan ini hal yang biasa terutama bagi Anda yang baru mau memulai bisnis ini. Solusinya adalah dengan mengenali kebiasaan anak-anak di usia tertentu dan bisa juga menanyakan kepada orang tua mereka.
  • Sulit Mengatasi Anak yang Punya Kelainan. Ketika membuka penitipan anak, kadang ada anak yang mengalami kelainan. Anak yang memiliki kelainan ini tentu berbeda dengan anak pada umumnya. Anda harus mengenali kelainan pada anak dan mencari cara untuk mengatasinya dengan tepat.
  1. Strategi Pemasaran Bisnis Jasa Penitipan Anak

Dalam mempromosikan jasa penitipan anak Anda supaya lebih banyak dikenal orang dan mendapat kepercayaan mereka, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. List penduduk yang tinggal di sekitar tempat Anda yang notabene kedua orang tuanya bekerja.
  2. Jika tidak banyak orang tua yang menitipkan anaknya di tempat Anda,Anda bisa melakukan silaturahmi sebagai awal perkenalan.
  3. Membuat brosur untuk mempromosikan jasa asuh anak lewat media.
  4. Jika usaha tersebut sudah berjalan dengan baik, Anda bisa coba promosi lewat media massa.
  5. Lakukan promosi dari mulut ke mulut merupakan cara yang efektif.
  6. Memberikan pelayanan yang maksimal karena anak merupakan buah hati yang sangat berharga untuk setiap orang tua. Jadi jangan sampai orang tua mereka kecewa dengan pelayanan Anda.
TRENDING:  Resep Kue Murah Meriah untuk Usaha

6. Kunci Sukses

Kunci sukses dalam usaha penitipan sangat dipengaruhi bagaimana cara Anda melakukan promosi, terutama promosi dari mulut ke mulut. Karena jasa penitipan anak ini berdasarkan rasa kepercayaan dari orang tua.

Karena itu, Anda bisa memanfaatkan teman atau relasi Anda untuk menyebarkan bisnis Anda tersebut ke orang lain terutama yang punya anak. Anda juga bisa menawarkan antar jemput anak ke rumah sebagai service tambahan.

Usaha Anda akan semakin baik jika Anda berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan kerjasama dengan perusahaan tersebut. Disini tentunya Anda memberikan harus memberikan diskon khusus supaya mereka tertarik.

  1. Analisis Ekonomi Bisnis Jasa Penitipan Anak

Untuk memulai bisnis ini Anda harus menyiapkan modal awal berupa peralatan seperti permainan anak dan bayi, Anda bisa membeli perlengkapan tersebut dengan modal Rp. 1 jutaan. Kemudian Anda juga harus merenovasi ruangan, Anda bisa renovasi ruangan dengan modal Rp. 1 jutaan.

Setelah rumah direnovasi, jangan lupa juga untuk membeli perlengkapan aksesoris ruangan supaya rumah Anda terlihat lebih menarik dan anak-anak jadi makin betah. Anda bisa membeli perlengkapan aksesoris ruangan dengan modal Rp. 1 jutaan.

Jika ditotal, modal awal untuk memulai bisnis ini adalah Rp. 3 jutaan. Untuk perhitungan laba ruginya adalah sebagai berikut:

Pendapatan Bisnis Jasa Penitipan Anak:

  • 10 anak @ Rp. 600 ribu = Rp. 6 juta

Biaya-Biaya:

  • Perlengkapan anak = Rp. 2 juta
  • Gaji pegawai 2 orang = Rp. 1,5 juta
  • Gaji juru masak anak = Rp. 600 ribu
  • Listrik dan air = Rp. 300 ribu
  • Telepon = Rp. 200 ribu
  • Transportasi = Rp. 200 ribu
  • Biaya penyusutan = Rp. 104.146
  • TOTAL = Rp. 4.904.146

Maka keuntungan Anda adalah  Rp. 6.000.000 – Rp. 4.904.146 = Rp. 1.095.854

Demikian analisa bisnis jasa penitipan anak yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda untuk merancang jasa penitipan anak yang akan Anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *