Tips Perencanaan Keuangan

Tips Perencanaan Keuangan yang Baik dengan Melakukan 8 Hal Berikut Ini

Memiliki perencanaan keuangan yang baik tentu akan membuat hidup Anda menjadi lebih sejahtera. Dengan adanya perencanaan keuangan yang baik, Anda akan terhindar dari hutang ataupun membengkaknya pengeluaran dikemudian hari.

Dewasa ini, sudah banyak para penerima jasa untuk mengatur keuangan Anda. Mereka bertugas agar para klien bisa mengatur keuangan yang dimiliki supaya bisa bermanfaat di masa depan.

Tentunya, menggunakan jasa pengatur keuangan pun membutuhkan modal. Artinya, untuk menggunakan jasa tersebut Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa mereka. Nah, bagi Anda yang ingin mengatur rencana keuangan, ternyata bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa pengatur keuangan.

Miliki Perencanaan Keuangan yang Baik dengan Melakukan 8 Hal Berikut Ini

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan perencanaan keuangan. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Tips Perencanaan Keuangan yang Baik

1. Tentukan Tujuan Masa Depan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan menentukan apa tujuan masa depan Anda. Bertanyalah pada diri Anda sendiri, apa yang ingin Anda capai atau dapatkan di masa depan. Meski pertanyaan yang satu ini merupakan pertanyaan yang klise, akan tetapi hal tersebut sangat penting untuk bisa mengatur keuangan Anda dengan cerdas.

Tanyakanlah pada diri sendiri, kemana Anda akan membawa diri Anda dalam 5, 10 atau bahkan 15 tahun ke depan. Tentukan pula tujuan apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan ini. Nah, setelah bertanya pada diri sendiri, jawablah pertanyaan tersebut dengan sebuah jawaban yang lebih spesifik.

Jangan hanya menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang umum seperti “Saya ingin terlihat kaya” ataupun “Saya ingin keliling dunia dengan uang saya”. Contoh jawaban yang lebih spesifik ialah “Dalam 20 tahun ke depan, saya ingin memiliki rumah mewah, 2 buah mobil sport, investasi dalam jumlah besar dan saham.”

Buatlah tujuan semasuk akal mungkin, karena jika Anda memutuskan untuk berkeluarga dan memiliki anak, maka hal tersebut bisa saja berubah.

2. Pahami Nilai yang Dimiliki Saat Ini

Langkah berikutnya untuk melakukan perencanaan keuangan ialah dengan memahami nilai yang Anda miliki saat ini. Tentunya, diri Anda sendiri tidak akan pernah sampai pada tujuan yang ingin dituju, jika Anda pun belum mulai melangkah.

Untuk itu, ambilah kalkulator dan buatlah perhitungan secara detail. Hitung semua aset yang dimiliki mulai dari rumah, kendaraan, investasi dan bahkan tabungan yang dimiliki saat ini. Jika sudah, hitung pula hutang yang dimiliki seperti kredit KPR rumah, kredit mobil, tagihan kartu kredit dan yang lainnya.

Jangan lupa pula untuk menghitung pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika semua hal tersebut bisa terhitung dengan baik, maka Anda bisa melihat  berapa nilai yang dimiliki saat ini.

3. Periksalah Setiap Pengeluaran

Meski terlihat sepele, namun menghitung setiap pengeluaran ternyata sangat membantu untuk mengontrol besarnya pengeluaran. Tidak sedikit orang yang menyepelekan hal ini. Alhasil, banyak dari mereka yang tanpa sadar telah menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sediakan notebook mini untuk mencatat setiap pengeluaran. Atau, Anda juga bisa menulis pengeluaran dengan menggunakan Ms. Excel. Hitung dengan tepat pengeluaran mulai dari pengeluaran yang digunakan untuk makan, biaya transportasi, perawatan rumah dan lain sebagainya.

Lakukan hal tersebut secara konsisten dan jadikan sebagai kebiasaan setiap bulannya. Jika hal ini sudah dilakukan dengan baik, maka Anda bisa dikatakan sudah bijak dalam mengatur keuangan.

4. Mulailah untuk Menghemat

Menghemat merupakan sebuah kata yang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Padahal, dengan menghemat merupakan salah satu kunci untuk bisa mencapai perencanaan keuangan yang baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghemat, salah satunya dengan menabung.

Ternyata, untuk bisa memiliki keuangan yang baik dengan menabung ada banyak cara yang bisa dilakukan. Ada yang bilang, simpanlah 10% dari hasil gaji Anda untuk ditabungkan. Namun, ada pula yang bilang jika ingin memiliki dana darurat, maka Anda harus menyimpan setidaknya sejumlah tiga bulan pendapatan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menabung dan menyisihkan uang Anda. Salah satunya dengan memangkas beberapa pengeluaran yang sekiranya tidak dibutuhkan. Namun pastikan bahwa hal tersebut tidak membunuh kesenangan yang ingin dilakukan. Jangan lupa untuk menabung sebanyak yang Anda bisa.

5. Bayar Semua Hutang yang Dimiliki Saat Ini

Tentunya, sebuah perencanaan keuangan tidak akan pernah berhasil jika Anda memiliki hutang yang tidak segera dilunasi. Apalagi, jika hutang yang Anda miliki tersebut mempunyai bunga yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur keuangan Anda dengan baik. Lunasi terlebih dahulu hutang dengan bunga yang tinggi baru kemudian lunasi hutang lainnya yang memiliki bunga rendah. Catat dengan pasti berapa kisaran hutang yang harus dibayarkan.

Untuk saran, jangan terapkan prinsip “gali lubang tutup lubang” yang artinya berhutang di tempat lain untuk menutup hutang yang ada saat ini. Hal tersebut justru akan memperparah keadaan. Bekerja keraslah hingga semua hutang yang Anda miliki saat ini bisa terlunasi dengan baik.

6. Bangun Portofolio Investasi yang Baik

Bisa dikatakan bahwa investasi jauh lebih baik jika hanya sekedar menabung saja. Namun dengan catatan jika Anda bisa mengatur nilai investasi Anda dengan baik dan tepat. Tak hanya itu, investasi juga cukup menjanjikan untuk masa pensiun Anda.

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan. Apa sajakah itu?

7. Lakukan penelitian sebelum terjun langsung dalam dunia investasi

Tips Perencanaan Keuangan yang Baik berikutnya adalah Pahami dengan baik setiap peraturan yang ada dan juga resiko apa saja yang kiranya akan Anda hadapi nantinya. Tentunya, semakin tinggi resiko, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan begitupun sebaliknya.

8. Lakukan diversifikasi portofolio yang Anda miliki

Jangan ragu untuk memulai berinvestasi dalam berbagai macam bentuk dan jenis. Jadi, apabila suatu saat salah satu investasi yang Anda miliki gagal, maka hal tersebut tidak membuat Anda mendapatkan kerugian yang terlalu besar.

9. Mulailah untuk Mengasuransikan Diri Anda

Seperti yang telah diketahui, bahwa hidup ini merupakan sebuah perjalanan yang tidak bisa ditebak nantinya. Bisa jadi, apa yang Anda rencanakan saat ini tidak sesuai dengan apa yang akan terjadi suatu hari nanti.

Memang terkadang, kecelakan yang mengerikan ataupun musibah besar bisa saja terjadi di masa depan. Membeli asuransi jiwa saat Anda sedang memiliki kesehatan yang baik memang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, bukankah hal tersebut baik untuk perencanaan keuangan Anda di masa depan?

Dengan begitu, jika suatu saat Anda terkena musibah maka keuangan yang dimiliki tidak akan habis dalam waktu sekejap.

10. Lakukan Monitoring Perencanaan Keuangan

Langkah terakhir yang harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan ialah dengan melakukan monitoring. Hal ini bertujuan agar semua pengaturan keuangan yang telah dilakukan dapat berjalan dengan baik. Periksa semua hutang apakah sudah bisa terlunasi dan lihat seberapa besar penghasilan yang Anda miliki saat ini.

Memang, bukan hal yang mudah untuk melakukan perencanaan keuangan. Akan tetapi, setidaknya hal tersebut bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan dengan baik tanpa harus memiliki kendala dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Demikian artikel Tips Perencanaan Keuangan yang Baik, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *