Peluang Usaha Catering

Tertarik Untuk Membuka Usaha Catering? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Anda Pahami

Pada saat ini, ada berbagai macam bisnis yang bisa kita geluti. Salah satunya adalah sebuah bisnis yang menjadi rahasia setiap kali adanya hajatan. Bisnis tersebut merupakan kunci dari berjalan mulusnya acara tersebut. Benar, itu adalah usaha catering.

Tak bisa dipungkiri bahwa usaha catering, adalah usaha yang dipuji oleh ibu-ibu ketika pulang dari sebuah hajatan ataupun kondangan. Hal seperti “cateringnya enak ya jeng?” Adalah sebuah bentuk apresiasi serta pengukuhan bahwa bisnis ini selalu hadir di balik layar.

Mengapa Orang Memilih Catering?

Kalau pertanyaan ini muncul di Indonesia, maka jawabannya sudah pasti bahwa orang Indonesia tidak suka sesuatu yang ribet. Orang-orang di Indonesia punya kecenderungan spesial yakni terima beres. Hal itulah yang disadari para pebisnis untuk masuk ke dalam pasar yang diciptakan oleh kebiasaan terima beres.

Selain membuat masakan memang tidak semudah yang kita bayangkan, bisnis ini juga menyediakan piring serta tempat makan sebagai salah satu fasilitas yang mereka berikan. Pastinya bagi orang yang memiliki hajatan, kemudahan semacam itu akan sangat berarti.

Dengan pemenuhan fasilitas khususnya urusan makanan, orang akan cenderung lebih memilih katering apabila berhadapan dengan acara-acara besar seperti hajatan ataupun pengajian. Yang jelas dengan adanya catering akan membuka pilihan alternatif  bagi pemilik hajatan.

Sampai saat ini bisnis catering merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dicari. Bisnis catering selalu memiliki nyawa tersendiri dan ciri khasnya masing-masing. Hal tersebut terletak pada makanan yang disajikan kepada para tamu undangan.

Sebab, percaya ataupun tidak di Indonesia memiliki hajatan adalah sebuah perlombaan dan dewan juri nya adalah para tamu. Dengan memilih catering yang tepat maka Anda akan mendapatkan sesuatu yang berharga yakni pengakuan keberhasilan dalam menjalankan hajatan.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Menjadi Penulis Online yang Perlu Anda Tahu

Setiap usaha catering yang sudah memiliki pelanggan, akan memiliki pasarnya dalam jangka lebih dari satu generasi. Mengapa? Tentu karena ketika orang tersebut memiliki dua anak maka kemungkinan besar kedua anaknya akan menggunakan catering yang sama.

Dapat Berskala Kecil atau Besar

Saat ini catering sudah berubah dari yang hanya memiliki skala besar menjadi juga menyentuh sektor dengan kebutuhan skala kecil. Kalau mau kita lihat, kebutuhan seperti kantor dan arisan juga membutuhkan catering. Hal itulah yang akhirnya disadari oleh para pebisnis.

Mereka lebih memilih sistem yang konsisten ketimbang skala yang besar namun hanya muncul sekali. Bisnis semacam ini bisa menyasar arisan PKK ibu-ibu komplek hingga arisan para sosialita yang menghambur-hamburkan uang.

Hal tersebut merupakan suatu cara yang sangat cerdas dalam menyiasati bisnis catering. Bahkan bisnis katering sendiri sudah mulai jangkauan yang luas. Pemasaran ke luar daerah hingga lintas provinsi juga sudah dilakukan oleh para pengusaha catering.

Untuk jenis bisnis lintas provinsi, biasanya tidak hanya membawa catering namun juga sebuah event organizer yang lengkap mulai dari katering hingga musik. Inovasi bisnis untuk bisnis katering sangatlah mudah dan tidak memiliki resiko yang terlalu besar.

Modal Awal Usaha Catering

Kalau bicara modal soal bisnis katering maka ada dua hal yang perlu disiapkan. Yang pertama tentu modal finansial, hal itu tentu berkaitan dengan belanja perkakas makan serta alat masak untuk menjalankan bisnis tersebut.

Sedangkan modal kedua adalah kemampuan memasak. Walaupun peralatannya lengkap, canggih, perkakas makannya bagus dan mahal tapi kalau masakannya tidak enak maka catering nya tak akan pernah sukses.

Hal tersebut harus disadari secara personal untuk dapat menilai sejauh mana kemampuan memasak Anda. Kemampuan tersebut tentunya dapat diolah serta dikembangkan. Sudah banyak sekolah masak yang akan membantu Anda mengembangkan skill memasak.

BACA JUGA  Mengulik Lebih Dalam Peluang Bisnis Rias Pengantin

Berikutnya yang perlu Anda siapkan setelah punya kedua modal tersebut adalah channel. Ketika Anda memiliki banyak kenalan, akan lebih besar kemungkinan catering yang Anda kelola punya kesempatan terjual.

Namun hal itu tetap akan berkembang seiring berjalannya waktu. Yang terpenting adalah modal finansial serta pandai memasak. Usaha catering memang akan punya nilai lebih bila masakan yang disajikan tidak membosankan.

Pengembangan Usaha Catering

Ketika Anda sudah menggeluti bisnis catering, maka Anda harus mengembangkannya dengan baik supaya bisnis tersebut tidak tertinggal. Salah satu inovasi yang paling mudah dan dapat Anda lakukan ketika memiliki catering adalah jenis masakan yang ditawarkan.

Banyak catering yang memberikan menu unik. Menu tersebut ditawarkan dalam beberapa paket penjualan yang yang dapat dipilih oleh para pelanggan. Selain itu, pemilihan bahan makanan juga dapat disesuaikan pada paket penjualan tersebut.

Sebuah usaha catering sudah memiliki nama, akan jauh lebih mudah untuk dikenal dan dipilih sebagai partner dalam hajatan. Proses membentuk brand yang kredibel tentu tidaklah mudah mengingat persaingan dunia catering juga cukup ketat.

Promosi Untuk Usaha Catering

Salah satu faktor yang mempengaruhi sukses dari bisnis catering adalah promosinya. Ketika Anda memiliki brand, bagaimana brand tersebut akan dikenal apabila Anda tidak melakukan promosi? Memang promosi akan memakan biaya yang cukup besar dari budget Anda.

Akan tetapi, impact yang bagus juga akan datang kepada Anda ketika promosi itu sukses. Promosi saat ini tidak hanya berbentuk baliho secara fisik namun juga dapat dilakukan secara online. Justru promosi melalui sosial media adalah jalur promosi paling murah dan efektif.

Dengan begitu, Anda akan punya jangkauan pasar yang tak terduga. Jika awalnya Anda hanya mengandalkan kenalan dalam melakukan bisnis catering, dengan adanya promosi Anda akan menjangkau setiap orang yang melihat iklan tersebut.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Konveksi Rumahan, Apakah Masih Relevan Saat Ini?

Kalau mau berhitung biaya promosi tersebut akan menjadi keuntungan yang lebih besar untuk Anda. Tanpa adanya promosi, mungkin usaha Anda akan tetap berjalan tetapi untuk berkembangnya sebuah bisnis tetap membutuhkan promosi.

promosi merupakan salah satu faktor yang paling sering dilupakan oleh orang Indonesia. Untuk usaha yang menengah, promosi justru merupakan faktor sentral yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk ataupun jasanya.

Apabila faktor ini dilewati usaha jenis apa pun tak akan pernah bisa menghasilkan cukup banyak uang untuk berkembang. Dengan mudahnya akses sosial media, promosi tentunya dapat dilakukan dengan lebih efektif serta lebih mudah.

Resiko Bisnis Usaha Catering

Risiko pada usaha catering dapat dibilang kecil. Tentunya tetap ada resiko yang harus siap dihadapi, salah satunya adalah perkakas makan rusak atau hilang. Pada sebuah hajatan sudah pasti akan ada gelas ataupun piring yang pecah.

Hal itu sudah biasa sebab banyaknya orang pada hajatan pasti akan menimbulkan kecelakaan kecil di dalamnya. Selain itu resiko selanjutnya adalah masakan tidak habis atau kurang. Apabila masakan tidak habis maka kisaran biayanya tetap akan ditanggung oleh pihak catering.

Begitu juga apabila masakannya kurang, pihak ketiga harus siap memberikan back up untuk menghindari kehabisan makanan. Akan tetapi hal tersebut biasanya sudah diantisipasi sejak awal menggunakan kontrak perjanjian sebelum hajatan.

Jadi, dapat dibilang usaha catering bukanlah usaha yang terlalu rumit. Apabila Anda berkeinginan untuk membuka bisnis, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pengusaha catering lain yang sudah memiliki brand sendiri di sekitaran wilayah bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *