Peluang Bisnis Rias Pengantin

Mengulik Lebih Dalam Peluang Bisnis Rias Pengantin

Sebuah pernikahan merupakan momen sakral yang sekiranya tak boleh disepelekan oleh semua orang. Dalam ritual pernikahan, pada umumnya Anda akan melihat sepasang pengantin yang berias dengan elok disertai gaun yang cantik.

Di mata para tamu undangan, hal tersebut adalah keharmonisan perpaduan warna dan cantiknya ciptaan tuhan. Tapi di mata orang yang memiliki bisnis rias pengantin, itu adalah berkah berwujud rupiah baginya.

Riasan Adalah Karya

Ketika Anda berprofesi sebagai perias pengantin, tentu apa yang Anda lakukan sangat terkait dengan hobi Anda dalam berdandan. Akan sangat menyenangkan dapat tumbuh didalam bisnis yang pada dasarnya merupakan hobi.

Menariknya, banyak dari orang Indonesia yang memang menyukai bidang merias wajah. Hal ini tentu akan dimanfaatkan dengan baik oleh orang yang memiliki kepekaan dalam urusan bisnis. Tak sembarangan bisnis merias, dapat hasilkan rupiah yang tak sedikit.

Selain sebuah karya rupanya riasan wajah adalah sebuah jalan rezeki bagi banyak orang yang telah menggeluti bisnis tersebut selama bertahun-tahun. Selain sudah memiliki pelanggan mereka juga sudah memiliki nama besar yang menjamin kelangsungan bisnisnya.

Memulai Bisnis Rias Pengantin

Ketika Anda menginginkan untuk terjun ke dalam bisnis tersebut, maka pastikan ada memiliki beberapa hal yang akan membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan ini. Hal tersebut tentunya terkait dengan modal serta keterampilan yang Anda miliki.

Hal pertama yang harus dimiliki tentu keterampilan dalam merias. Kalau Anda belum memiliki hal ini maka Anda perlu mengasah nya terlebih dahulu dengan cara mengikuti pelatihan. Ada begitu banyak pelatihan dan bahkan tersedia di balai latihan kerja terdekat.

Walaupun Anda memiliki jenis alat make up serta bahan make up yang mahal, tidak akan ada artinya apabila Anda masih kesulitan dalam merias. Perlu digaris bawahi bahwa merias diri sendiri dan pengantin merupakan dua hal yang berbeda.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Terjangkau

Ketika Anda merias orang lain, kemungkinan besar Anda hanya akan menyesuaikan seperti apa keinginan orang yang dirias. Itu merupakan tantangan besar karena Anda harus mengalahkan egoisme Anda sendiri untuk memberikan kepuasan pelanggan.

Hal tersebut termasuk dalam salah satu hal terberat dalam bidang ini. Meskipun Anda dapat merias dengan baik tapi, kalau tak sesuai dengan kemauan pelanggan maka itu juga tidak akan berguna. Faktor tersebut juga merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan.

Hal kedua yang perlu Anda siapkan adalah peralatan make up. Peralatan make up disini tentunya tidak hanya peralatan make up sederhana. Anders memiliki peralatan make up yang lengkap serta  kualitas yang lumayan.

Make up, tentu tak hanya soal skill merias, namun juga soal kualitas dari bahan make up tersebut. Apabila Anda menggunakan bahan yang kurang bagus besar kemungkinan hasilnya juga tidak akan mulus.

Bisnis rias pengantin paling tidak menggunakan jenis make up yang medium atau tidak terlalu bagus untuk menghindari harga mahal dan tak terlalu murah untuk hasil yang lebih baik. Itu semua dapat disesuaikan dengan segmen pasar yang Anda hadapi.

Ketika Anda menghadapi pasar orang kelas menengah ke atas, maka rasanya tidak akan masalah apabila menggunakan jenis make up yang mahal. Selain menambah kualitas Anda juga akan punya hasil yang lebih memuaskan.

Pelatihan Menuju Professional

Jika Anda berkeinginan menjadi seorang perias profesional maka ada baiknya Anda melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk mematangkan skil yang Anda miliki. Sebab, tak dapat dipungkiri bisnis semacam ini sangat mengandalkan skill dari perias.

Jangan sampai kepuasan pelanggan terganggu karena keterbatasan Anda dalam melakukan riasan wajah. Salah satu faktor yang menjamin kesuksesan sebuah salon rias adalah kepercayaan yang terjaga antara setiap pelanggan dengan perias.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Menjadi Penulis Online yang Perlu Anda Tahu

Dari mana akan timbul rasa percaya jika Anda tak dapat menunjukan bukti bahwa skill yang Anda miliki memang patut dipercaya. Membangun hal tersebut memang tidaklah mudah, tetapi begitu hal tersebut dapat dicapai, maka Anda akan punya kesempatan untuk sukses besar.

Pelatihan ini merupakan syarat wajib. Walau Anda tebilang mahir dalam merias, tetap saja perlu pengamatan dari seorang ahli untuk mengetahui apakah skill Anda layak jual ataupun tidak. Pandangan dari ahli akan membuka mata Anda mengenai bisnis ini.

Sejauh ini, mungkin Anda belum mengenal bisnis rias pengantin dari dekat, melainkan hanya gambaran besar saja. Sedangkan gambaran besar sangat menjebak apalagi jika Anda tergolong orang yang ambisius. Pertingkan dengan matang serta beri ruang untuk skill Anda berkembang.

Jika hanya melihat keuntungannya saja, maka setiap orang pasti juga akan tergiur oleh penghasilan yang diberikan. Tapi kalau bicara resiko, maka jawabannya dapat berbeda. Resiko yang diberikan sangat terpengaruh oleh penilaian  setiap wajah yang dirias.

Sekali saja Anda gagal, bisa jadi seluruh karir yang dipunya akan menurun. Sebab setiap pengantin yang make up yang kurang baik akan menjadi bahan pembicaraan sekaligus cemoohan.

Hal itu akan membuat pihak yang dirugikan berkampanye secara sukarela untuk menghindari jasa yang Anda gunakan dipakai oleh pelanggan lain. Maka dari itulah Anda perlu berhati-hati sekaligus menyiapkan diri untuk segala kemungkinan.

Prospek Bisnis Rias Pengantin

Kalau bertanya bagaimana prognosis dari bisnis ini, maka jawaban yang tepat adalah sangat baik. Sampai saat ini belum pernah ada penemuan sains yang dapat membuat orang bisa melakukan makeup ataupun riasan tanpa bantuan perias.

Hal ini membuat kesempatan Anda sebagai kelompok yang teralienasi berkurang. Sebab sampai kapanpun manusia tetap akan membutuhkan tukang rias sebagai orang yang akan membantu mereka dalam urusan merias wajah ketika datangnya momen penting.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Konveksi Rumahan, Apakah Masih Relevan Saat Ini?

Terlebih jika Anda mau terus mengasah kemampuan agar selalu berkembang serta tidak tertinggal oleh tren yang berjalan, Anda pasti akan menjadi salah satu pilihan yang akan direkomendasikan oleh para ibu-ibu yang menjadi tamu undangan.

Promosi Dengan Harga Terbaik

Ketika tak dapat membuat sebuah promosi yang berlalu besar maka solusinya adalah membuat promosi dengan harga yang murah untuk menarik pelanggan. Metode semacam ini dinilai efektif dalam menarik pelanggan terlebih untuk pendatang baru.

Paling tidak berikan promo untuk setiap orang yang pertama kali menyewa jasa Anda. Dengan seperti itu besar kemungkinan orang tersebut akan kembali menggunakan jasa Anda sebagai pilihan saat memiliki acara yang mengharuskannya menggunakan make up.

Setiap bisnis pasti punya sisi pahit dan manis. Kalau memang Anda punya hobi merias tentu bisnis rias pengantin sangatlah cocok untuk Anda. Tetapi jika tidak, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Walaupun sangat menguntungkan, bisnis ini tak semudah yang Anda bayangkan. Bisa jadi bisnis semacam ini tidak cocok bagi Anda yang hanya mencari untung semata tanpa mau melihat nilai kepuasan serta seni yang tersirat pada setiap goresannya.

Pahami serta mengambangkan keahlian sebagai perias juga tidaklah mudah, Anda perlu  terus mengikuti update rias pengantin terbaru hingga model pakaian yang tengah menjadi hits dalam dunia fashion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *