Peluang Bisnis Menjadi Penulis Online

Peluang Bisnis Menjadi Penulis Online yang Perlu Anda Tahu

Browsing atau berselancar didunia maya sudah menjadi makanan pokok bagi manusia saat ini. Mulai dari menonton perdebatan orang tak dikenal di Twitter hingga mencari tutorial memasak mie di YouTube.

Di dunia maya, Anda juga dapat temukan jutaan artikel yang akan memberi Anda bantuan tentang apapun yang tengah Anda hadapi. Tapi, pernahkah Anda berpikir siapa orang-orang yang menulis artikel-artikel pendek tersebut?

Jenis Peluang Bisnis Penulis Online

Penulis Dalam Bayangan

Hampir 50% besarnya artikel yang ada di internet, ditulis oleh penulis online yang tidak Anda ketahui ataupun dicantumkan dalam artikel tersebut. Merekalah yang menulis dalam bayangan atau lebih dikenal dengan ghostwriter.

Ghostwriter tidak berarti menulis tentang hantu atau setan. Kata tersebut berarti penulisnya menjual hasil perasan pikirannya kepada seseorang. Setiap ghostwriter pastilah punya dilema ketika membaca tulisannya sendiri dengan nama orang lain.

Namun, seorang penulis selalu punya lebih dari 9 nyawa. Setiap artikel yang ditulisnya punya watak dan sifatnya sendiri. Hal itulah yang membuat seorang penulis dapat terus tumbuh serta berkarya tanpa kenal lelah.

Sebenarnya ada beberapa macam penulis yang hadi di internet. Ghostwriter hanyalah salah satunya saja. Beberapa jenis penulis lain yang dapat Anda temukan adalah penulis lepas, penulis cerpen dan penulis berita (wartawan).

Penulis Lepas

Salah satu jenis penulisan yang banyak ditemui adalah penulis lepas. Penulis lepas biasanya adalah penulis yang artikelnya terdapat di beberapa blog ataupun website. Biasanya penulis lepas semacam ini, menerima permintaan untuk menulis dari beberapa web tanpa terikat kontrak.

Namun, para penulis lepas juga terkadang mengirimkan tulisannya ke beberapa platform yang terkenal seperti mojok ataupun voxpop. Penulis lepas memang sebuah pekerjaan yang mengasyikan selain dia dapat menulis menurut keterangannya sendiri, namanya juga akan dikenal.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Terjangkau

Yang akan menjadi masalah adalah ketika tulisan Anda tidak diterima di website manapun. Hal itu akan membuat seorang penulis lepas mengalami krisis dalam urusan finansialnya. biasanya seorang penulis lepas akan memiliki sebuah web untuk menampung tulisannya sendiri.

Penulis Cerpen

Kriteria yang dimiliki penulis cerpen akan sedikit berbeda dengan penulis lepas. Brush pen biasanya hanya akan muncul pada blognya sendiri atau pada web yang menawarkan kumpulan cerpen.

Rata-rata, para penulis cerpen ini tengah mengerjakan projek panjang untuk bukunya sendiri. Memang peduli cerpen memiliki imajinasi yang jauh lebih luas dibandingkan penulis lainnya, sebab merangkai sebuah cerita tidaklah mudah dan butuh imajinasi yang kuat.

Website yang menawarkan kumpulan cerpen, akan mengumpulkan para si penulis cerpen ini untuk ada di dalam satu platform. Contohnya adalah storial.id beberapa web lain juga hadir untuk mengumpulkan para penulis cerpen ini.

Penulis Berita

Kalau penulis berita, haruslah punya kredibilitas pada setiap apa yang ia tulis. Biasanya para wartawan ini melakukan riset terlebih dahulu entah secara online ataupun secara langsung. Hal tersebut adalah hal yang membedakan dirinya dengan para penulis lain.

Penulis berita harus menulis sesuatu sesuai dengan fakta di lapangan. Apabila salah tulis menulis berita dapat dituntut secara hukum karena menyebarkan kebohongan. Mengapa? tentu saja karena berita merupakan sesuatu yang berkaitan dengan banyak orang.

Hal tersebut sangat penting dan krusial mengingat kondisi negeri ini sedang tak begitu kondusif. Penulis berita memiliki tanggung jawab secara hukum dan tanggung jawab secara fisik terhadap perusahaan.

Hal yang menarik, adalah penulis berita juga terkadang punya imajinasi yang luas. Hal itu biasanya diterapkan pada berita yang sifatnya investasi. Seperti yang kita ketahui investigasi jurnalistik dilindungi oleh undang-undang. Sehingga seorang jurnalis boleh melakukan investigasi.

BACA JUGA  Ide Bisnis Minuman Herbal Kesehatan Tradisional Khas Indonesia

Kalau Anda bertanya adakah penulis lainnya yang ada di internet? Jawabannya tentu ada, mereka adalah penulis penulis kondang yang sudah memiliki nama besar. Para penulis ini biasanya juga menghadirkan atau menjual buku-buku karya mereka di internet.

Tips Sukses Menjadi Penulis Online

kalau Anda tertarik untuk menjadi penulis sebenarnya tidak banyak hal yang harus Anda siapkan. Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah niat yang istiqomah (konsisten). yang pertama Anda harus memiliki blog ataupun website sebagai wadah tulisan Anda

Anda dapat memilih beberapa platform berikut yang akan membantu Anda dalam membagikan tulisan yang Anda buat. beberapa platform yang akan membantu Anda adalah medium.com, UCwriter, voxpop.com, mojok.com hingga haluan.com.

Untuk medium.com, fungsinya hampir mirip dengan blog yang Anda miliki sendiri. Jadi, tulisan seperti apapun akan dapat dimunculkan pada platform medium yang Anda miliki. Hal tersebut merupakan cara paling mudah untuk mulai menulis.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin menjadi seorang penulis online;

Teruslah Menulis

Apapun yang terjadi teruslah menulis apabila itu memang Anda senangi. Sebab seseorang yang terjun ke dalam dunia penulis, sudah pasti memiliki hobi untuk membaca dan menulis. apabila Anda tertarik untuk menulis artikel maka kemungkinan Anda juga hobi menulis.

Meskipun pada platform yang Anda pakai tulisan Anda hanya dibaca oleh sedikit orang, Anda tak boleh putus asa dan terus berkarya. Hal seperti inilah yang membuat banyak penulis berhenti di tengah jalan karena tulisannya tidak dibaca oleh banyak orang.

Padahal, dahulu penulis kondang macam Nietzsche saja, bukunya baru booming kala beliau sudah meninggal. Dan hingga saat ini The Birth Of Tragedy menjadi salah satu buku paling dahsyat yang bisa manusia baca.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Konveksi Rumahan, Apakah Masih Relevan Saat Ini?

Artinya Anda tak boleh berputus asa dengan keadaan seperti apapun. Anda tak boleh lantas berhenti berkarya hanya karena karya Anda tak dihargai. Dihargai ataupun tidak, setiap karya itu akan menjadi saksi untuk Anda nanti.

Pilih Genre dan Jenis yang Cocok

Sebelum menulis tentu Anda perlu memilih genre dan jenis yang cocok untuk Anda. Banyak orang gagal memilih genre-nya hingga tulisannya terkesan kurang jangkap. Meskipun hal tersebut dapat dilatih seiring berjalannya waktu, akan lebih baik jika Anda sudah menemukan alur tulisan Anda.

Seseorang yang suka menulis tentang misteri atau horor, akan kesulitan dalam menulis berita kecuali berita tersebut soal manusia yang menangkap kolor ijo. Pemilihan genre sangatlah penting bagi tulisan Anda sendiri.

Seperti apa tema yang Anda suka, seperti apa gaya bahasa yang Anda pakai seperti apa plot tulisan yang Anda ingin gunakan, semuanya harus dipertimbangkan sejak awal supaya tulisan Anda memiliki karakter tersendiri.

Menjadi seorang penulis online tentu memiliki banyak tantangan, selain tantangan yang datang dari dunia sekitar, Anda juga akan mendapatkan tantangan dari para klien yang meminta bantuan Anda dalam mengisi websitenya.

Tantangan semacam itu adalah hal yang membuat si penulis itu tumbuh dan merasa hidup. Tanpa sebuah tantangan dan harapan hidup akan hampa. Apalagi bagi seorang penulis yang hanya melihat dunia melalui kata-kata di layar laptopnya.

Ketika Anda telah memilih untuk menjadi seorang penulis, maka teruslah menulis meskipun tulisan Anda belum banyak dibaca oleh orang lain. Suatu saat tulisan tersebut akan menjadi sesuatu yang berarti untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *