Peluang Usaha Laundry

Untung dan Rugi Membuka Usaha Laundry di Tengah Pandemi

Pandemi yang belum juga berakhir membuat banyak orang harus melakukan penyesuaian. Selain dalam hal kesehatan dengan penerapan protokol kesehatan, tentu penyesuaian dalam hal ekonomi juga menjadi hal yang penting. Tidak dipungkiri jika kondisi serba kepepet karena pandemi memaksa sebagian masyarakat harus berpikir ulang memenuhi kebutuhan mereka.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat adalah dengan membuka bisnis baru. Ada cukup banyak bisnis atau usaha baru yang muncul selama beberapa waktu pandemi ini, salah satunya adalah usaha laundry.

Tidak dimungkiri memang bahwa laundry kini menjadi bisnis yang kian menjamur. Adanya pergeseran kebiasaan mencuci masyarakat memang menjadi salah satu sebab kenapa bisnis ini banyak dijadikan ide untuk mendapatkan keuntungan, termasuk untuk Anda.

Namun, bagaimana dengan untung dan rugi membuka bisnis laundry di tengah pandemi saat ini?

Keuntungan Membuka Usaha Laundry

Sebenarnya, ada beberapa keuntungan membuka bisnis laundry yang bisa dijadikan alasan kenapa ide bisnis ini menarik untuk dijalankan, meskipun di tengah pandemi. Jika dirangkum, beberapa keuntungan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Modal yang Cenderung Kecil

Laundry bisa dikatakan sebagai ide bisnis yang sebenarnya tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Jika Anda membuka usaha ini di rumah sendiri yang bebas dari beban sewa tempat, maka modal yang diperlukan bisa jadi hanya sekitar 10 jutaan.

Asumsi rincian modal untuk usaha laundry rumahan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • 2 unit mesin cuci ukuran kecil dengan pengering     : Rp 6.000.000
  • Rak untuk baju yang sudah selesai packing                : Rp 1.500.000
  • Setrika dan meja setrika                                                  : Rp 1.000.000
  • Jemuran, ember, gantungan, hanger, dan lainnya    : Rp 1.000.000
  •   Sabun dan pewangi laundry                                         : Rp 500.000
BACA JUGA  Mengulik Lebih Dalam Peluang Bisnis Rias Pengantin

Tentu saja, rincian modal tersebut tidak mutlak. Bisa jadi Anda membutuhkan modal yang lebih banyak atau bisa jadi kurang sesuai dengan konsep laundry yang diinginkan.

Cocok Untuk Usaha Rumahan

Seiring dengan pandemi yang membatasi ruang gerak, usaha laundry bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan tanpa harus keluar rumah. Terlebih, jika Anda memiliki rumah dengan halaman yang cukup luas di mana bisa dijadikan ruang jemur.

Mudah Dalam Pengelolaan

Jika dilihat, bisnis laundry adalah ide usaha yang cenderung praktis. Apa yang perlu dilakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah hal yang sangat sederhana dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya. Oleh karenanya, bisnis laundry tidak membutuhkan pengelolaan yang detail dan rumit. Anda yang awam dalam dunia bisnis pun bisa menjalankannya dengan lancar.

Termasuk Bisnis yang Sudah Dikenal Masyarakat

Laundry termasuk bisnis yang sudah cenderung dikenal masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya usaha laundry yang dibuka. Nah, fakta ini nantinya akan memudahkan proses promosi Anda saat membuka ide bisnis ini.

Beberapa poin di atas adalah keuntungan dari usaha laundry yang bisa dijadikan alasan kenapa bisnis ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan di tengah pandemi. Hanya saja, nantinya Anda tetap memerlukan strategi pemasaran yang tepat.

Kerugian Membuka Usaha Laundry di Tengah Pandemi

Sebagai pertimbangan membuka bisnis, selain keuntungan dari bisnis laundry, ada baiknya jika Anda juga mengetahui kerugian atau tantangan membuka bisnis ini, terutama saat pandemi berlangsung.

Beberapa kerugian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Banyaknya Pesaing

Tidak dimungkiri bahwa usaha laundry termasuk usaha rumahan yang diminati. Oleh karenanya, banyak masyarakat yang berlomba membuka usaha ini di kediaman mereka. Hal ini tentu berdampak pada banyaknya pesaing dari usaha yang Anda jalankan. Oleh karenanya, untuk memenangkan persaingan, Anda harus memiliki keunikan tersendiri.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Terjangkau

Hambatan Cuaca

Bisnis laundry memang sedikit banyak terpengaruh oleh cuaca. Hal ini dikarenakan kebanyakan pengusaha laundry masih mengandalkan panas matahari untuk membantu mengeringkan cucian mereka. Nah, masalah akan muncul jika cuaca hujan dan tidak kunjung reda.

Mungkin, pengeringan bisa diakali dengan mengangin-anginkan baju yang dicuci. Namun, bagaimana untuk cucian dengan bahan tebal seperti selimut atau bed cover? Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menyiapkan mesin pengering yang lebih bagus.

Masyarakat yang Khawatir

Salah satu anjuran pemerintah untuk menekan penularan virus selama pandemi adalah menyuruh masyarakat berada di rumah dan tidak melakukan aktivitas berlebihan di luar rumah. Meskipun anjuran tersebut baik, namun disadari atau tidak, anjuran tersebut adalah tantangan untuk bisnis laundry yang dijalankan.

Bisa jadi, masyarakat yang khawatir adanya penularan akan enggan menggunakan jasa bisnis Anda. Untuk poin ini, ada baiknya Anda memastikan keamanan usaha Anda dari penularan virus.

Beberapa poin di atas bisa dijadikan pertimbangan lain sebelum memutuskan untuk memulai bisnis laundry. Tentu, Anda harus mengetahui bahwa pada dasarnya, setiap usaha pasti memiliki tantangan dan kendala masing-masing.

Strategi Tepat Usaha Laundry di Tengah Pandemi

Ada beberapa strategi yang cukup tepat untuk dijalankan guna mendapatkan keuntungan maksimal setelah membuka bisnis laundry, terutama untuk memastikan bahwa pandemi tidak terlalu berdampak. Beberapa strategi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Memberlakukan Protokol Kesehatan Selama Menjalankan Usaha

Penerapan protokol kesehatan selama menjalankan bisnis bisa menjadi salah satu strategi yang tepat. Dengan penerapan protokol kesehatan tersebut maka akan terbentuk image bahwa usaha laundry Anda aman dari kemungkinan penularan virus.

Lantas, apa saja protokol kesehatan yang perlu diberlakukan?

BACA JUGA  Peluang Bisnis Konveksi Rumahan, Apakah Masih Relevan Saat Ini?

Usahakan untuk senantiasa mengenakan masker selama melayani pelanggan. Selain itu, Anda bisa saja membuat tulisan jika Anda hanya menerima cucian dari pelanggan yang sehat di mana tidak melakukan isolasi mandiri atau perawatan lainnya.

Menerapkan Sistem Pembayaran Digital

Selain penerapan protokol kesehatan, Anda juga bisa menerapkan sistem pembayaran digital. Poin ini juga termasuk salah satu upaya yang cukup tepat dilakukan guna membatasi dan mengurangi kontak langsung dengan konsumen.

Saat ini, ada cukup banyak ide pembayaran digital yang sudah tersedia. Anda bisa menyediakan scan QR atau menggunakan transfer melalui mobile banking.

Melakukan Promosi yang Tepat

Promosi tetap saja menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan guna mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis yang dilakukan. Nah, karena membuka bisnis laundry di tengah pandemi, maka Anda harus melakukan promosi yang tepat.

Perlu diketahui, keterampilan Anda mengolah kata menjadi poin paling penting yang harus dilakukan. Oleh karenanya, cobalah membuat kata-kata yang mencerminkan bahwa bisnis laundry Anda aman dan terjaga kebersihannya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan servis tambahan pada pelanggan. Salah satu ide yang sesuai dengan situasi adalah dengan menambahkan tissue alkohol untuk perlindungan tambahan.

Nah, beberapa hal di atas adalah pertimbangan yang cukup krusial sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha laundry di tengah pandemi yang terjadi. Tentu, setiap langkah ada tantangan yang harus dihadapi. Namun, dengan perencanaan yang baik, bukan tidak mungkin usaha Anda akan semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *