-->

Wajib Baca! Ini 9 Bisnis Rumahan di Era New Normal Dengan Modal Sedikit

Pandemi membuat kita harus jeli dalam mengatur keuangan. Di samping  potensi pemasukan yang tidak stabil, beberapa pengeluaran terduga seringkali menguras budget dan mengurangi jumlah tabungan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan guna mengantisipasi hal tersebut ialah dengan mencari penghasilan tambahan. Ya, meskipun pandemi telah menerapkan pembatasan sosial dan fisik, Anda masih tetap memiliki peluang untuk berpenghasilan lebih.

Bisnis rumahan adalah rekomendasinya. Mengapa demikian? Anda dapat menjalankan usaha dari rumah tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli. Sehingga kontak langsung dapat diminimalisir.

Namun, meskipun memanfaatkan layanan jual beli secara online, bisnis yang dimulai dari rumah tetap harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan. Selengkapnya, berikut 9 rekomendasi bisnis rumahan di era new normal dengan modal sedikit;

Wajib Baca! Ini 9 Bisnis Rumahan di Era New Normal Dengan Modal Sedikit

  1. Fashion

Siapa sangka jika usaha di bidang pakaian merupakan opsi bisnis yang menjanjikan. Update pakaian menjadi hal yang paling dinanti oleh shopaholic. Mulai dari pakaian keseharian, pesta, hingga untuk hang out. Ditambah lagi dengan hadirnya beragam model pakaian yang semakin trendy. Anda bahkan dapat memilih desain pakaian seperti apa yang nantinya akan Anda jual kepada konsumen.

Strategi yang dapat diterapkan untuk membuat toko Anda laris ialah mempromosikan melalui sosial media. Instagram sejauh ini merupakan platform terfavorit untuk memposting produk-produk fashion.

Jangan lupa untuk mencantumkan detail ukuran baju, bahan, hingga nama produk. Informasi tersebut akan memudahkan Anda sekaligus pelanggan saat mereka akan melakukan check out.

Bisnis rumahan fashion dengan modal sedikit biasanya ditempuh dengan menjadi reseller atau dropshipper. Secara biaya, dropshipper akan menghemat ongkos pengiriman barang. Beberapa produsen baju terkemuka bahkan menawarkan kerjasama bagi dropshipper tanpa modal yang banyak. Pastikan Anda sudah mengetahui benar toko yang anda ajak bermitra.

Perhatikanlah bagaimana industri dan trend sedang berjalan. Orang cenderung membeli barang yang kekinian dibanding baju yang sudah tidak up to date. Meskipun dari segi bahan, kualitas yang anda tawarkan jauh lebih bagus.

  1. Kosmetik dan Produk Kecantikan

Nampaknya, permintaan akan kosmetik dan beragam produk kecantikan menempati posisi teratas. Bahkan penjualan bisnis di bidang ini cenderung meningkat setiap tahunnya.

Terbukti dengan munculnya merek-merek baru yang berlomba-lomba untuk menawarkan produk terbaik mereka. Begitu pula dengan make up yang ditawarkan untuk remaja. Klaim produk organik dan non alkohol serta aman bagi segala jenis kulit pun mulai bermunculan.

Jika anda tertarik menjadikan kosmetik sebagai peluang bisnis rumahan, Anda dapat melakukan survei lebih dulu. Carilah produsen yang sudah memiliki legalitas dari BPOM dan MUI.

Kemudian periksa kembali bagaimana komposisi dan uji yang sudah tertera pada rangkaian produknya. Jika Anda sudah mengantongi bukti bahwa produk yang anda jual aman, Anda dapat menjadi reseller dari produk ini.

Sebagai referensi, Anda bisa mengambil brand terkenal. Aneka produk yang ditawarkan umumnya tidak sebatas pada make up wanita saja. Tetapi juga skin care yang ditujukan untuk pria dan anak-anak. Pahami juga perbedaan produk ori dengan produk KW. Tidak jarang banyak oknum yang memalsukan produk kadaluarsa demi mengeruk keuntungan berlebih.

  1. Makanan

Bicara soal makanan, siapa yang tak segan mencicipi kuliner terbaru?. Hadirnya food vlogger, media sosial, hingga program televisi yang dibuat secara khusus untuk mengulas hidangan viral sangat berpengaruh bagi dunia bisnis.

Masyarakat cenderung penasaran dan berusaha untuk memperoleh makanan tersebut. Dengan modal postingan yang menggugah, angka penjualan produk bahkan dapat membludak.

Nah, bisnis rumahan ini dapat Anda lakukan melalui sosial media. Umumnya, penjual akan membuat satu akun khusus untuk menampilkan deskripsi lengkap produk mereka. Pada bagian highlight, kumpulan berupa review juga bisa disematkan. Guna memperinci, anda dapat menambahkan menu, harga, rekomendasi, hingga testimoni yang berasal dari pelanggan.

Akun-akun yang digunakan untuk usaha rumahan biasanya dilengkapi dengan alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Beberapa juga menyertakan website. Namun, skala penjualan melalui website dapat dikatakan sebagai bisnis besar. Jika Anda tertarik, penguasaan terhadap website wajib anda pahami.

  1. Freelance

Menjadi tenaga kerja lepas tidak ada salahnya. Di jaman modern seperti sekarang, tawaran pekerjaan freelance dapat Anda pilih. Selain tidak terikat dengan jam kerja, kontrak antara Anda dan pelanggan terbatas pada jenis pekerjaan saja. Sehingga, deadline yang Anda kerjakan akan berakhir apabila permintaan jasa/barang sudah Anda tunaikan.

Rekomendasi pekerjaan lepas yang dapat Anda pilih antara lain ialah content writer, photographer, designer, dan lowongan jasa lainnya. Jika relasi anda belum memadai, mendaftarkan diri pada akun penyedia jasa freelancer adalah alternatif yang wajib Anda pilih. Sementara untuk mengunggah portofolio, Anda dapat mencantumkan nama web, blog, atau akun sosial media Anda.

Pastikan untuk mengisi karya terbaik pada portofolio yang akan Anda tampilkan. Kesan pertama pelanggan sangat menentukan ketertarikan calon customer Anda. Bisnis rumahan ini akan berjalan baik apabila anda mengimbangi dengan pelayanan yang baik.

Sejumlah freelancer bersedia menyediakan garansi dan revisi atas ketidakpuasan konsumen. Tawaran tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Usahakan agar pelanggan Anda berkenan memberikan penilaian atas jasa yang Anda tawarkan. Rating yang bagus akan membantu menaikkan kredibilitas nda. Semakin baik rating yang diberikan, kesempatan untuk memperoleh pelanggan akan lebih mudah anda dapatkan.

Jika Anda memberlakukan penawaran harga, pastikan Anda mempunyai patokan atau persyaratan. Sehingga, saat pelanggan lain merekomendasikan teman mereka untuk datang kepada Anda, tidak ada pemberlakuan harga yang berbeda.

  1. Sepatu

Jika fashion pakaian mencapai ketenarannya, begitu pula dengan fashion pelengkap seperti sepatu. Dengan hadirnya model dan jenis yang stylish, sepatu menjadi salah satu ite paling diburu.

Tidak harus sepatu dengan banderol harga tertinggi, produsen sepatu lokal memproduksi model kekinian dengan harga terjangkau. Bahkan, banyak dari mereka sudah membuktikan jika harga terjangkau diimbangi dengan kualitas terbaik.

Tugas Anda ialah mencari barang dagangan sesuai dengan permintaan pelanggan. Survei kebutuhan akan memudahkan anda dalam mencari pelanggan. Produk sepatu lokal umumnya bersifat unisex, sehingga dapat dipakai oleh cewek maupun cowok. Sama seperti fashion, sepatu punya jenis bahan dan sol tertentu. Mulai sepatu untuk bekerja formal, hangout, hingga kegiatan outdoor dapat aAda jual.

Bisnis rumahan sepatu memang membutuhkan modal lebih dibanding jenis usaha lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa bergabung menjadi reseller resmi atau dropshipper. Kumpulkan informasi dari beberapa brand sepatu yang anda ketahui.

Jika sudah bergabung menjadi reseller resmi, nama akan akan tercantum pada akun official mereka. Sehingga kepercayaan konsumen bahwa produk yang Anda jual ori tidak menimbulkan kecurigaan. Patokan harga sepatu dengan kisaran Rp. 200.000-Rp 300.000 adalah harga paling masuk akal untuk dijangkau semua kalangan.

Itulah 5 rekomendasi bisnis rumahan dengan modal sedikit. Pastikan Anda memahami kebutuhan pasar dan memahami kemauan konsumen. Tanpa melakukan survei kebutuhan terlebih dahulu, usaha yang Anda bangun dapat mengalami gulung tikar tidak terprediksi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship