-->

Ini Dia 6 Peluang Bisnis Masa Pandemi yang Bisa Dijalankan Dari Rumah

Keuangan merupakan sesuatu yang riskan. Tanpa adanya income stabil, dan perencanaan matang, keuangan dapat menjadi kendala berarti. Terlebih jika kebutuhan Anda tidak terbatas pada keperluan pribadi, namun sudah mencakup keluarga.

Oleh karena itu, mempunyai pekerjaan yang tetap adalah salah satu kuncinya. Dengan adanya pekerjaan, Anda dapat memastikan pemasukan yang nantinya dapat menopang kebutuhan selama beberapa bulan bahkan tahun ke depan.

Memasuki adaptasi kebiasaan baru, banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat Anda pilih. Salah satunya ialah berbisnis. Ya, jika dulu memasuki masa pandemi sederet pekerjaan terpaksa dirumahkan. Maka di era new normal semua aktivitas sudah dapat berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pandemi corona membawa peluang bisnis lantaran telah menciptakan pola konsumsi baru. Dimana permintaan konsumen akan makanan bergizi, pemesanan barang via online, dan segala  jasa yang bisa dijalankan secara jarak jauh. Itulah mengapa Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini.

Selengkapnya, berikut 6 peluang bisnis masa pandemi paling update untuk menambah penghasilan anda.

6 Peluang Bisnis Masa Pandemi Yang Bisa Dijalankan

1.  Makanan Beku dan Camilan

Penelitian dari Mckinsey & Company menyebutkan bahwa 58% masyarakat Indonesia memilih untuk makan di rumah selama pandemi. Adanya kekhawatiran tertular secara tidak langsung membuat mereka harus menyetok makanan beku.

Sebagai cadangan, camilan dan frozen food adalah menu wajib. Makanan menjadi teman setia saat menjalani work from home maupun melepas penat dengan bermain game dan menonton film.

Peluang bisnis kuliner beku adalah usaha yang sukses bertahan di tengah pandemi. Apabila mampu menilik situasi pasar, Anda bahkan dapat mendaftarkan dagangan ke beberapa situs marketplace tanah air.

Dibandingkan dengan layanan take away, jualan secara online lebih menjanjikan. Jangkauan dan target pembeli pun semakin luas. Jangan lupa untuk memberikan nomor whatsapp atau link pemesanan kepada calon pelanggan. Pastikan pula bahwa Anda mempunyai sosial media. Pemanfaatan sosial media dapat menjadikan peluang bisnis frozen food berkembang dengan pesat.


2. Minuman Literan

Satu diantara sekian jajanan favorit yang sedang naik daun ialah minuman. Mulai dari kopi, soda, susu, hingga olahan dari buah-buahan sukses membius pecinta kuliner selama beberapa tahun belakangan.

Strategi penjualan dengan mengemas jenis minuman di atas ke dalam wadah literan dapat Anda praktikkan. Mengingat, banyak sekali orang yang enggan meracik namun tetap ingin menikmati minuman kesukaan mereka dari rumah.

Dengan adanya minuman pack literan, kontak langsung antara penjual dan pembeli pun dapat diminimalisir. Sehingga, terlihat saling menguntungkan. Peluang bisnis ini tetap dapat berjalan dengan baik apabila Anda mampu memaksimalkan teknologi. Gunakan instagram agar Anda dapat memajang foto produk. Jangan lupa juga untuk menggencarkan promosi.


3. Fashion

Meskipun jarang bepergian, siapa sangka jika fashion menempati posisi bisnis dengan penjualan stabil. Bahkan, permintaan di pasar cenderung meningkat. Wajar saja, karena pakaian adalah kebutuhan. Beberapa bahkan tetap ingin tampil fashionable meskipun melangsungkan pekerjaan dari rumah. Tampil modis dan trendi tentu menjadi impian semua orang bukan?

Jika Anda tertarik untuk menjalankan peluang bisnis tersebut, amatilah kebutuhan baju selama pandemi. Fokuslah untuk menjual produk yang dipakai dalam keseharian. Sebut saja sandal rumah, kaos, celana, hoodie, dan jaket.

Produk ini lebih banyak peminatnya lantaran selama adaptasi baru pun, kegiatan masih dijalankan dari rumah secara signifikan. Jika Anda sudah mencapai angka penjualan tertentu, tidak ada salahnya Anda menerapkan promo dan potongan harga.

Adanya diskon dapat menarik minat pembeli untuk menyambangi toko Anda. Memasang produk pada situs e-commerce maupun website pun dapat membuat Anda bekerja sama dengan jasa pengiriman barang.

Nah, voucher inilah yang akan membantu Anda memperoleh keuntungan berlipat. Pastikan Anda juga melayani calon pembeli dengan ramah. Umumnya, terdapat rating pelayanan saat Anda menjual produk fashion di marketplace.


4. Produk Kecantikan

Adanya covid nyatanya tidak mengurangi esensi produk kecantikan bagi masyarakat Indonesia. Selain menjaga kesehatan, orang-orang tetap ingin terlihat memiliki kulit sehat dengan memakai produk rangkaian.

Sebut saja face mist, glow booster, facial oil, dan moisturizer. Penerapan produk rangkaian ini umumnya dipilih lantaran selisih harga yang lumayan murah apabila Anda menjualnya dengan harga satuan.

Peluang bisnis produk kecantikan juga harus Anda aplikasikan dengan teknik cerdik. Yaitu melengkapi barang dagangan dengan hand sanitizer, masker, atau desinfektan yang gratis.

Mengapa demikian? Awareness yang Anda tonjolkan mampu membuat pelanggan percaya bahwa Anda memperhatikan kecantikan sekaligus kesehatan costumer. Nilai-nilai seperti inilah yang patut anda munculkan. Di sisi lain, banderol yang Anda tunjukkan terlihat lebih murah .

Beberapa produk yang paling diinginkan juga harus dibekali dengan komposisi, keamanan, dan tanggal kadaluarsa yang jelas. Ditambah lagi dengan influencer dan make up vlogger yang terus mengunggah review mereka tentang cara merawat diri.

Anda dapat menjual seragam produk yang direkomendasikan oleh make up vlogger. Apabila modal yang Anda miliki belum cukup, pilihan menjadi reseller atau dropshipper dapat Anda coba. Keuntungan yang Anda peroleh dari peluang bisnis dropshipper tidak kalah fantastis.


5. Produk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Pandemi secara tidak langsung mengajarkan orang untuk hidup sehat. Kiat yang bisa dilakukan ialah dengan mengonsumsi vitamin dan menggunakan produk kesehatan. Masyarakat juga disarankan untuk rajin mengonsumsi jamu dan olahraga. Peluang bisnis ini dapat Anda manfaatkan guna memperoleh penghasilan tambahan.

Home delivery service adalah pilihan tepat untuk layanan jual beli online. Trik yang diterapkan dapat berupa promosi lewat sosial media instagram maupun mengadakan giveaway.

Peluang bisnis jamu bisa menjual rempah-rempah kering, maupun dalam bentuk bubuk. Beberapa bahkan menginginkan rimpang yang masih utuh namun sudah diproses secara higienis. Produsen rimpang ini umumnya berasal dari pedesaan. Bahkan di pasar tradisional, Anda sudah bisa menjumpai empon-empon dengan harga yang sangat terjangkau.

Di proses secara mandiri atau tidak tergantung dengan waktu dan kapabilitas Anda. Jika pengetahuan Anda mengenai jamu belum mumpuni, akan lebih baik jika Anda menjualkan produk orang lain yang sudah terdaftar halal dan aman konsumsi oleh BPOM.


6. Jasa Pembuatan  Website

Penjualan secara offline semasa pandemi menurun secara drastis. Adanya pembatasan jarak dan social distancing membuat masyarakat enggan mendatangi pusat perbelanjaan. Kondisi ini memang disarankan mengingat risiko penularan covid yang cukup tinggi di beberapa kota di Indonesia.

Latar belakang tersebutlah yang membuat banyak toko offline untuk membuka website. Sebab, penjualan secara online memang lebih menguntungkan. Pembeli cenderung memanfaatkan website lantaran mendukung tampilan yang lebih mudah diakses.

Website juga menyediakan beragam menu seperti jenis produk, harga, cara pembelian, dan review. Opsi inilah yang membuat beberapa toko lebih terbantu untuk menawarkan produk yang mereka jual secara online.


Bagaimana? Yakin akan membiarkan potensi wirausaha Anda terlewat begitu saja? 6 peluang bisnis tersebut cukup menggiurkan, bahkan dapat Anda jalankan tanpa harus mengerahkan waktu dan tenaga berlebih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship