-->

Ini Dia 5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Rumah Tanpa Ribet

Bisnis online merupakan salah satu pekerjaan dengan omset menjanjikan. Bermodal kepiawaian mencari pelanggan melalui gadget, anda sudah dapat memasarkan produk tanpa harus bertatap muka.

Selain efektif dan efisien, sistem jual beli online hampir tidak pernah menyita waktu yang cukup berarti. Terutama bagi konsumen yang sibuk. Tak ayal jika tawaran belajar online menjadi opsi terbaik yang dapat mereka pilih. Terlebih, beragam e-commerce sudah menjajakan produk lengkap dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier.

Jualan online juga menjadi profesi yang digeluti selama beberapa tahun terakhir. Modal koneksi dan relasi, keuntungan yang didapat oleh pelaku e commerce tidak main-main. Dengan adanya sistem reseller dan dropshipper dari berbagai kota di Indonesia, produk yang mereka jual dapat melebihi capaian penjualan. Bahkan hanya dengan kontrol dari rumah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk bergabung, berikut 5 tips bisnis online dari rumah yang bisa dicoba;

5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Rumah Tanpa Ribet

  1. Masalah yang Dihadapi Pasar

Ketika Anda berencana membangunsebuah usaha, pastikanlah bahwa jasa atau barang yang Anda jual dapat menyelesaikan permasalahan konsumen. Jika produk yang Anda tawarkan adalah produk yang dicari pasar, maka besar kemungkinan peminat produk anda bertambah.

Sejumlah perusahaan rintisan juga mengalami kebangkrutan karena ketidakpekaan mereka terhadap permintaan. Sebab, capaian paling baik bagi seorang wirausahawan ialah dapat merampungkan problem konsumen.

Dengan begitu, konsumen akan mengajak kenalan mereka, dengan tujuan dapat memperoleh solusi yang sama dan memuaskan. Lakukanlah observasi lapangan sederhana, dimana Anda dapat menemukan masalah2 yang kiranya tidak menemukan jalan keluar.

Pertanyaannya, kemana Anda harus mencari masalah untuk memulai bisnis online? Forum seperti Facebook, WhatsApp, hingga media lain yang bisa Anda akses melalui gadget adalah penyedia survey gratis dan murah.

Di sisi lain, Anda dapat menerapkan cara untuk mewawancara orang sekitar. Keperluan dan kemauan merekalah yang dapat anda jadikan bahan penjualan produk. Pikirkan sekali lagi, bahwa masalah yang harus Anda kulik ialah masalah dengan jaminan bisnis online menguntungkan.

  1. Riset Pasar

Berbisnis sama artinya dengan menjaga kelangsungan hidup. Anda tidak boleh melakukannya dengan cuma-cuma. Setelah mengantongi info, kini saatnya Anda melakukan riset pasar. Penelitian ini sangat berguna untuk mengantongi data yang valid.

Dari sumber data, anda dapat memperhitungkan apakah peluang bisnis online yang anda pilih dapat bertahan atau tidak. Anda harus memahami tren pencarian konsumen di mesin pencarian Google. Kiranya meliputi keyword yang digunakan, lokasi asal, volume pencarian, dan kebutuhan lain.

Untuk mengakses kata kunci di mesin pencarian, Anda bisa mengaplikasikan beragam tools seperti Trends, Ubersuggest, Semrush, hingga Ahrefs. Bermodalkan kata kunci yang paling dicari, setidaknya Anda sudah bisa menyusun strategi dan sasaran bisnis online.

Info mengenai permintaan dan suplai juga sebetulnya bisa Anda kantongi dengan bergabung bersama grup wirausaha. Melalui seminar maupun komunitas, relasi yang bertujuan untuk mensupport satu sama lain dalam menjalankan bisnis ini dapat menjadi tempat Anda belajar. Termasuk tentang update riset pasar setiap bulannya.

Informasi terbaru seputar pasar yang akurat juga dapat Anda baca melalui jurnal dan media massa. Lembaga peneliti di Indonesia secara berkala mengadakan penelitian dan mempublikasikan hasil yang mereka peroleh melalui pers, website, hingga situs resmi keilmuan lainnya yang berbasis online. Dari sinilah, Anda dapat mengenal lebih dalam bagaimana fluktuasi supply dan demand suatu produk.

  1. Bangun Website atau Jejaring Media Sosial

Bagi pelaku bisnis online yang enggan menjadi dropshipper atau reseller, website adalah pilihan terbaik yang wajib dicoba. Mengapa demikian? Dengan membeli produk dan menjadikannya stok, membantu meningkatkan kapabilitas Anda di mata konsumen. Padahal produk tersebut juga sama saja Anda ambil dari produsen pertama.

Bedanya, stok produk tersebut dapat anda pajang di website. Cara menjalankan bisnis rumahan ini relatif lebih aman, selama relasi dan koneksi yang anda punya sangat stabil. Adanya cadangan produk dapat meminimalisir kehabisan stok. Dimana secara tidak langsung, Anda juga kehilangan pelanggan.

Mulailah untuk membangun website. Logisnya, website akan berperan menyerupai etalase pada toko offline. Dimana Anda dapat memasang barang dagangan lengkap dengan deskripsinya.

Bahkan, tampilan website yang lebih interface memungkinkan pelanggan untuk memberikan penilaian, memilih cara transaksi, hingga mengirimkan chatting kepada penjual. Fitur tersebut sudah tersemat secara otomatis pada opsi menu yang anda kehendaki.

Bisnis online juga dapat memberikan keuntungan dengan nilai fantastis apabila teknik promosi Anda tepat. Nah, gunakanlah media sosial sebagai media promosinya. Instagram, Facebook, hingga Twitter merupakan aplikasi dengan pengguna dan peminat terbanyak di Indonesia.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba branding produk melalui ketiga aplikasi tersebut. Anda dapat menaruh video review, harga dan jenis produk yang Anda jual, dan hingga kolom “Question and Answer.

Jika bisnis yang anda kelola sudah besar, Anda dapat mencantumkan cara bergabung menjadi reseller. Sehingga, bisnis online yang Anda kembangkan bukan saja menjadi pemasukan bagi finansial pribadi, namun membuka lowongan kerja bagi orang lain.

  1. Marketplace

Satu dari segudang keunggulan yang disediakan marketplace ialah Anda dapat memilih semua kebutuhan hanya melalui aplikasi. Singkatnya, dengan mengakses ponsel saja, Anda sudah disuguhi barang dan kebutuhan layaknya Anda berada di mall dan supermarket.

Hal ini tentu berbeda sensasinya saat pengunjung mengakses akun jualan milik anda pribadi. Marketplace memungkinkan pelanggan yang merupakan target maupun diluar itu untuk menyambangi toko Anda. Hanya dengan mengetikkan kata kunci barang yang mereka butuhkan.

Di indonesia sendiri, bisnis online dapat diwadahi oleh sejumlah marketplace terkemuka. Beberapa diantaranya bahkan bekerja sama dengan mitra investasi dan saham. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan lain sebagainya.

Ketika Anda sudah memantapkan diri untuk mendaftar, pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan sebagai penjual. Hal ini sangat berguna apabila Anda memperoleh masalah nantinya. Baik dengan sistem jual beli pada akun maupun masalah dengan konsumen.

  1. Buatlah Rekening Baru Khusus Bisnis

Inilah kunci utama mengatur finansial Anda. Bedakan antara rekening untuk kebutuhan pribadi dan tabungan pemasukan usaha yang Anda gencarkan. Adanya pemisahan berguna agar anda dapat mencatat dengan jelas pengeluaran Anda.

Jika Anda mencampurkan rekening pribadi dengan jualan, bisnis online Anda dapat berkembang lebih susah. Potensi pengambilan uang di luar kebutuhan pembelian barang mungkin saja terjadi. Kalau sudah begini, Anda tidak bisa mengukur seberapa jauh kemajuan usaha yang telah Anda jajaki.

Memulai bisnis rumahan dengan menyediakan rekening kosong efektif untuk mencegah carut marut keuangan tiap kali Anda melakukan perhitungan setiap bulannya. Meski antara laba dan modal Anda jadikan satu pada rekening khusus usaha, saldo ini tidak akan menyulitkan ketika pengelolaan uang Anda imbangi dengan buku catatan jual beli yang jelas.

Bagaimana? Sudah paham kan cara memulai bisnis online dengan mudah. 5 tips di atas dapat Anda praktekkan dari rumah, dengan modal sedikit. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan usaha dan kerja keras. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship