-->

Bisnis Affiliate: Pengertian, Keuntungan, Hingga Tipsnya

Sekarang ini bisnis online sedang pesat-pesatnya berkembang, bahkan orang-orang juga ikut terpengaruh untuk menjadi bagian dari bisnis online tersebut. Mulai dari anak remaja sampai dengan orang tua mencoba peruntungan mereka di dunia bisnis online.

Salah satu bisnis online yang menarik banyak orang untuk mencobanya adalah bisnis afiliasi. Dengan adanya situs afiliasi, para pebisnis akan semakin mudah dalam memasarkan produk yang mereka jual.

Sudah ada beberapa situs affiliasi di Indonesia yang cukup bisa diperhitungkan. Dengan situs inilah sejumlah pebisnis bisa melakukan promosi dan penjualan produk atau jasa dengan efisien dan efektif sehingga hasil yang didapat pun menjadi maksimal.

Pengertian Bisnis Affiliate

Bisnis Affiliate: Pengertian, Keuntungan, Hingga Tipsnya

Bisnis affiliate adalah sistem bisnis yang menggunakan internet sebagai media untuk menjalankannya dan melibatkan pihak ketiga. Jadi bisnis ini akan membayar jasa dari orang yang telah berhasil menjual produk maupun jasa dari sebuah perusahaan.

Posisi Anda ketika berbisnis affiliate ini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk atau jasa yang akan dijual. Jadi disini Anda membantu penjual/merchant untuk memasarkan produk mereka. Ketika Anda berhasil, Anda akan mendapat komisi dari penjualan tersebut.

Jika Anda ingin menjadi affiliate marketer, sebaiknya Anda mendaftar pada perusahaan tersebut. Kemudian Anda bisa promosikan link afiliasi tersebut di blog, medsos, website, atau forum online lainnya.

Anda akan mendapat komisi ketika ada orang yang klik link tersebut dan berakhir melakukan pembelian. Komisi yang Anda dapat tergantung dari produk yang berhasil Anda jual atau yang dibeli oleh orang yang klik link afiliasi Anda.

Model bisnis afiliasi ini bisa menjadi penghasilan pasif Anda, selain itu bisnis ini bisa dijalankan oleh semua orang bahkan pemula sekalipun.

Keuntungan Bisnis Affiliate

Ketika ingin berbisnis afiliasi tentu Anda bertanya-tanya apa saja keuntungan bisnis ini? Bisnis afiliasi memiliki banyak keuntungan terlebih lagi untuk para pemula bisnis. Berikut adalah keuntungan bisnis affiliate:

1.      Bisa Menjual Banyak Produk

Jika Anda menjadi seorang bisnis affiliate, maka ini seperti Anda memiliki toko grosir atau menjadi pemilik toko. Karena dengan bisnis affiliate ini Anda bisa menjual berbagai macam produk.

Supaya keuntungan yang Anda dapatkan maksimal, sebaiknya jual produk yang sesuai dengan minat. Sehingga promosi yang nantinya Anda lakukan menjadi lebih mudah.

2.      Tidak Perlu Modal Banyak

Keuntungan bisnis afiliasi selanjutnya adalah tidak dibutuhkan modal yang banyak, namun bukan berarti bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal sama sekali.

Anda masih memerlukan beberapa perangkat seperti Smartphone, Laptop/PC, dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis ini supaya lancar. Sedangkan untuk daftar menjadi bagian afiliasi tidak dikenakan biaya.

3.      Tidak Perlu Karyawan

Bisnis affiliate masih terbuka lebar untuk Anda yang ingin menjalankannya, selain itu jangkauan bisnis ini juga sangat luas. Ini karena Anda menggunakan Internet sebagai media pemasarannya, jadi Anda bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri.

4.      Keuntungan Jangka Panjang

Dengan memulai bisnis affiliate, Anda akan mendapatkan keuntungan berulang kali dalam jangka waktu yang panjang. Kenapa? Karena Anda memasang iklan di media sosial dan website, maka konsumen akan klik link afiliasi Anda kapanpun dan dimanapun.

Bukan cuma itu saja, orang lain juga bisa klik link yang dibagikan oleh calon konsumen, tertarik bergabung dan akhirnya membeli, setelah itu link tersebut kembali disebarkan. Jadi Anda akan mendapat keuntungan terus menerus.

5.      Komisi yang Cukup Besar

Ketika Anda mulai menjalankan bisnis afiliasi, Anda juga bisa mendapat komisi yang cukup besar. Biasanya pembayaran komis ini cukup praktis, sistem kerjanya juga fleksibel dan memberikan kemudahan untuk siapapun yang memakai situs tersebut.

Jadi, Anda bisa menjadikan bisnis afiliasi sebagai usaha sampingan untuk menambah  penghasilan utama Anda.

Tips Mengembangkan Bisnis Affiliate

Sistem pada bisnis afiliasi adalah menjual produk dan jasa tanpa syarat. Jadi Anda wajib mendaftar namun tidak wajib membeli produk. Bisnis ini berbeda dengan sistem reseller yang mana Anda harus membeli produknya terlebih dahulu.

Supaya  bisa sukses di dunia afiliasi, Anda harus mempunyai strategi yang berbeda dengan orang lain. Nah berikut ini adalah beberapa tips mengembangkan bisnis afiliasi:

  1. Pelajari produk atau jasa yang akan Anda promosikan. Jadi sebelum mulai promosi, pelajari tentang produk atau jasa tersebut supaya jika ditanya seputar produk/jasa Anda bisa menjawab.
  2. Memilih produk yang populer di pasar. Dengan begitu kemungkinan produk Anda terjual akan lebih besar.
  3. Membuat blog dan website. Buatlah website yang serius dengan membeli hosting serta dan domain. Alangkah baiknya tidak menggunakan domain dan hosting gratis untuk bisnis affiliate.
  4. Coba produk terlebih dahulu. Sekarang sudah banyak pembeli yang cerdas untuk menilai sebuah produk. Jadi sebaiknya Anda coba dulu produk yang akan dipromosikan, paling tidak Anda memiliki testimoni dari diri Anda sendiri dan sudah merasakan manfaatnya.
  5. Jika Anda melakukan promosi lewat website, sebaiknya imbangi website tersebut dengan konten yang bermanfaat. Jadi isi website bukan cuma produk yang diiklankan, konten yang bermanfaat bisa memberikan edukasi untuk para konsumen.
  6. Atur keuangan dengan bijak. Tips ini merupakan syarat wajib untuk menjadi affiliate marketer yang sukses. Pengelolaan keuangan yang baik akan meningkatkan diri Anda untuk menjadi reseller yang memiliki stok barang. Jadi Anda bisa merespon konsumen dengan cepat tanpa menunggu supplier.

Tips Memilih Situs Afiliasi

Sekarang ini banyak situs afiliasi di Indonesia, namun tidak semua situs tersebut memberikan untung yang banyak untuk Anda. Jadi Anda tidak boleh asal memilih situs afiliasi supaya tidak rugi. Nah berikut adalah tips memilih situs afiliasi yang baik:

1.      Pastikan 3 Komponen Ini

Sebelum memilih situs afiliasi pastikan terlebih dahulu kualitas dari situs tersebut, pengalaman mereka, dan profesionalitas dari pengelolaan situs afiliasi tersebut.

2.      Pastikan Pelayanan Bagus

Kemudian, sebelum menjalin kerjasama dengan situs afiliasi, pastikan situs tersebut memiliki pelayanan yang baik dan fast respon. Pilihlah situs yang mementingkan rekan mereka, yaitu Anda.

3.      Syarat dan Aturan Mudah

Cek terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs afiliasi tersebut. Pastikan bahwa situs affiliate tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang mudah dan tidak menyulitkan Anda sebagai afiliator.

4.      Memiliki Citra yang Baik

Terakhir, pastikan situs afiliasi tersebut memiliki citra yang baik, jadi cek terlebih dahulu track record dari perusahaan afiliasi tersebut. Anda bisa minta rekomendasi pada saudara, teman, atau kenalan Anda yang sudah menjalankan bisnis ini.

Kesimpulan Potensi Bisnis Affiliate

Bisnis affiliate merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan  dan mudah dilakukan sekarang ini. Anda hanya memerlukan Laptop PC dan Smartphone serta koneksi internet untuk memasarkan produk. Jadi bisnis afiliasi masih membuka peluang yang besar untuk Anda mendapat keuntungan tambahan selain dari penghasilan utama. Silahkan pahami informasi dan tips yang sudah saya berikan di atas supaya Anda berhasil di bisnis affiliate ini. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship