-->

Pengertian, Macam dan Manfaat Investasi

Pengertian, Macam dan Manfaat Investasi

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, investasi masih merupakan hal yang belum familiar. Tak hanya itu, bahkan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa menyimpan uang dalam bentuk produk investasi bukan hal yang aman. Jadi, tidak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan.

Padahal, jika dilihat lebih jauh, menyimpan uang dalam bentuk produk investasi tentu akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dalam tabungan. Namun, kesadaran akan investasi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih sangat minim. Oleh karenanya, edukasi tentang investasi perlu digalakkan lagi, terlebih jika melihat keuntungan yang bisa dimiliki.

Pengertian Investasi

Investasi adalah upaya penanaman modal untuk bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Modal yang digunakan untuk investasi tersebut bisa saja berupa uang ataupun sumber daya yang lainnya. Nah, dengan adanya investasi ini, orang yang melakukannya berharap bisa mendapatkan keuntungan dan juga manfaat di kemudian hari.

Satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa investasi bukan hanya berupa harta benda saja. Menempuh pendidikan seperti sekolah, kuliah hingga membaca buku hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk investasi. Artinya, Anda sudah menginvestasikan waktu dan pikiran Anda (sumber daya) dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan, gelar dan memiliki skill yang baik di masa depan.

Sementara itu, dalam pengertian finansialnya, investasi adalah pada saat seseorang menyimpan uang dalam bentuk aset keuangan seperti obligasi atau saham dengan adanya harapan bisa menerima lebih banyak uang tersebut di kemudian harinya.

Macam-Macam Investasi

Ternyata, investasi dibagi menjadi dua macam, yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Tentu saja, masing-masing dari investasi tersebut memiliki pengertiannya masing-masing. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi, bisa memilih salah satu dari kedua jenis investasi tersebut.

Tentu saja, kedua bentuk investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Agar lebih paham tentang investasi jangka pendek dan jangka panjang, langsung saja simak pembahasannya berikut ini;

a.      Investasi Jangka Pendek

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai investor jika menggunakan investasi jangka pendek adalah bisa mendapatkan keuntungan dalam kurung waktu yang lebih cepat, yakni sekitar satu hingga tiga tahun lamanya.

Hal tersebut tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat. Namun, bukan berarti investasi yang satu ini tidak memiliki kelemahan. Kelemahan yang bisa akan Anda dapatkan dari investasi ini ialah return dengan jumlah yang lebih kecil.

Nah, jenis investasi yang satu ini bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu yang pendek. Seperti, Anda berencana untuk mudik ke kampung halaman tahun depan. Tentunya, butuh biaya untuk membeli tiket, membeli oleh-oleh atau keinginan untuk mengajak keluarga di kampung untuk jalan-jalan.

Tak hanya itu, investasi jangka pendek ini juga bisa Anda gunakan sebagai dana untuk perencanaan liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman-teman.

Ada beberapa instrumen dari investasi jangka pendek yang bisa digunakan, seperti investasi P2P Lending yakni Modal Rakyat dan investasi reksa dana. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

b.      Investasi Jangka Panjang

Yang kedua yakni investasi jangka panjang. Sangat berbeda dengan jenis investasi sebelumnya, untuk bisa menikmati hasil investasinya Anda membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan, Anda bisa menikmati keuntungan tersebut dalam jangka waktu lima, tujuh hingga belasan tahun lamanya.

Meski demikian, investasi jenis ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan jumlah return yang lebih tinggi. Dengan begitu, keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dari investasi inipun akan jauh lebih besar.

Kebutuhan yang bisa Anda investasikan untuk jenis investasi yang satu ini ialah dana pensiun. Meskipun mempersiapkan dana pensiun terbilang masih cukup lama, namun dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini akan membantu Anda untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat dimasa datang.

Tak hanya itu, investasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk biaya pernikahan mengingat budget yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan tidaklah murah.

Salah satu instrumen dari investasi jangka panjang yang bisa dilakukan ialah dengan investasi saham. Namun, karena kurangnya informasi tentang bagaimana cara mengolah saham membuat tidak sedikit orang ketakutan untuk berinvestasi saham. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk melakukan investasi saham, Anda bisa memilih untuk melakukan investasi logam mulai yakni berupa emas batangan.

Manfaat Investasi


Setelah mengetahui pengertian dari investasi dan juga jenisnya, tentunya Anda bisa sedikit memahami apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan investasi. Lalu, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dengan berinvestasi? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1.      Memenuhi Kebutuhan yang Membutuhkan Biaya Besar

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan berinvestasi ialah bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan yang membutuhkan biaya besar. Pastinya Anda sudah paham jika investasi jangka pendek digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, sedangkan investasi jangka panjang digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Hal inilah yang membantu Anda untuk bisa mendapatkan biaya dalam jumlah besar tanpa harus berhutang. Dengan melakukan investasi, Anda bisa dengan mudah membeli rumah pribadi, mobil atau bahkan pergi umroh. Hal tersebut pastinya akan sulit dilakukan jika hanya mengandalkan tabungan atau bahkan gaji bulanan yang dimiliki.

2.      Melindungi Kondisi Finansial Anda dari Inflasi

Manfaat berikutnya ialah dapat membantu kondisi finansial Anda dari yang namanya inflasi. Adanya inflasi tentu akan sangat berpengaruh pada keuangan yang Anda miliki. Jika tidak dikelola dengan baik dan tidak melakukan investasi, keuangan Anda akan minus ketika menghadapi inflasi.

Jika dilihat, nilai inflasi Indonesia dapat mencapai 8,2% per tahun. Sementara itu, jika Anda hanya menabung di bank, bank hanya akan memberikan return sebesar 0,5 hingga 1,5% per tahunnya. Tentu, jumlah tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai inflasi yang terjadi setiap tahun.

Oleh karenanya, penting untuk melakukan investasi dalam bentuk pinjaman modal usaha. Misalnya Anda bisa melakukan pinjaman di Modal Rakyat. Dari investasi tersebut Anda bisa mendapatkan return sebesar 15% sampai 25% setiap tahun.

3.      Membantu Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset

Suku bunga yang ditawarkan dari investasi tersebut akan membantu Anda untuk menambah kekayaan. Apalagi, jika Anda menggunakan investasi jangka panjang, hal tersebut membantu Anda untuk bisa merasakan efek compounding.

Efek compounding atau bunga bergulung ini ialah kemampuan aset investasi yang bisa menghasilkan keuntungan dengan sistem berkelanjutan. Istilah tersebut juga biasa disebut dengan bunga-berbunga.

4.      Meraih Financial Freedom

Setiap orang pasti ingin meraih Financial Freedom. Nah, untuk bisa meraih tersebut maka salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah dengan berinvestasi. Bahkan, dengan berinvestasi Anda tidak perlu bekerja keras, hal ini yang membuat investasi disebut dengan passive income.

Investasi adalah salah satu cara penting yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa depan. Dewasa ini, tidak ada alasan lagi untuk melakukan investasi. Apalagi setelah melihat berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship