-->

Keuntungan dan Risiko Investasi Properti Untuk Pertimbangan Bisnis

Berbicara tentang investasi, bisa dikatakan jika investasi properti adalah salah satu ide yang dianggap paling tepat dan sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, ketika mendengar tentang ide investasi dalam bentuk properti, maka apa yang tergambar adalah sebuah aset dengan nilai yang besar dan semakin bertumbuh.

Selain itu, faktanya, banyak sekali investor besar yang menanamkan saham mereka di sektor investasi properti ini. Hal inilah yang kini membuat banyak sekali developer yang membangun hunian baru dengan konsep yang semakin unik dan menarik.

Nah, jika Anda termasuk salah satu yang tertarik di bidang investasi, bisa jadi ide investasi properti menjadi pilihan. Hanya saja, sebelum memutuskan untuk terjun di jalur investasi properti, Anda sebaiknya mengetahui keuntungan dan risiko investasi ini sebagai bagian dari persiapan.

Apa Itu Investasi Properti?

Keuntungan dan Risiko Investasi Properti Untuk Pertimbangan Bisnis

Sebelum membahas tentang keuntungan dan risiko investasi properti, tentu Anda harus memahami istilah investasi properti terlebih dahulu. Investasi sendiri merupakan aktivitas penanaman modal yang dilakukan pada objek tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Oleh karenanya, secara singkat, investasi properti dapat diartikan sebagai penanaman modal pada produk properti bisa berbentuk saham atau benda riil dan berharap mendapatkan keuntungan setelah selang waktu tertentu. Bisnis properti sendiri termasuk ide bisnis yang tidak pernah mati. Itulah kenapa ide investasi ini juga senantiasa diminati oleh para investor.

Ragam Keuntungan Investasi Properti

Sebagaimana disinggung di awal, investasi properti adalah salah satu ide investasi yang menawarkan keuntungan yang cukup signifikan sehingga banyak investor yang tergoda. Jika dirinci, investasi real asset ini menawarkan beragam keuntungan yang sangat menarik, yaitu:

1)      Hasil Investasi yang Cenderung Positif

Setiap investor tentu saja ingin mendapatkan hasil yang positif dari investasi yang mereka jalankan. Nah, ide investasi properti adalah salah satu ide investasi yang cenderung memberikan hasil positif kepada para investor.

Perlu diketahui, konsep kelangkaan bekerja pada ide investasi ini. Artinya, investasi properti akan sangat menguntungkan karena jumlahnya terbatas sementara peminat senantiasa bertumbuh. Hanya saja, Anda tentu perlu memilih properti yang tepat serta bersabar karena bisnis ini termasuk investasi jangka panjang.

2)      Potensi Pasif Income

Keuntungan lain dari ide investasi properti adalah adanya potensi pendapatan pasif. Artinya, properti yang Anda miliki akan memberikan keuntungan meskipun Anda tidak melakukan apapun.

Sebagai contoh, seseorang memiliki aset properti dan kemudian disewakan. Ia tetap bekerja dan menunggu masa pensiun. Saat terus bekerja hingga masa pensiun tadi, ia mendapatkan tambahan pemasukan dari hasil sewa properti yang dimiliki.

Nah, pendapatan pasif ini tentu saja cukup menguntungkan, terlebih ketika Anda memiliki beberapa properti sekaligus. Nantinya, jika properti yang dimiliki akan dijual, harganya pun sudah akan berlipat ganda.

3)      Dapat Dijadikan Jaminan atau Agunan

Cukup banyak para pemain investasi properti menjadikan properti yang mereka miliki sebagai agunan atau jaminan. Seringkali, investor menjaminkan surat properti untuk membeli properti lain. Strategi ini bisa saja menguntungkan ketika Anda bijak untuk mengelola keuangan.

Hanya saja, Anda juga perlu memahami risiko yang ada. Jangan sampai pinjaman tersebut menjadi batu sandungan yang mengakibatkan investasi Anda menjadi berantakan.

4)      Cenderung Aman Dari Ancaman Inflasi

Inflasi adalah salah satu musuh terbesar bagi para investor. Inflasi yang terjadi sering membuat iklim investasi menjadi tidak menentu dan keuntungan yang didambakan bisa saja raib.

Nah, keuntungan lain dari ide investasi properti adalah ide investasi ini cenderung aman dari inflasi. Nilai properti semakin lama akan terus naik meskipun mata uang mengalami inflasi. Hal inilah yang menjadikan properti sebagai solusi menguntungkan ketika ingin berinvestasi.

Beberapa keuntungan di atas adalah nilai plus dari investasi properti yang bisa Anda dapatkan. Tentu, gambaran keuntungan yang menarik memberi kesan bahwa ide investasi ini sangat menggiurkan, bukan?

Risiko Investasi Properti Untuk Diketahui

Risiko senantiasa ada dalam setiap ide investasi yang dilakukan. Nah, meskipun investasi properti menawarkan beragam keuntungan yang begitu menarik dan menggiurkan, namun ada beberapa risiko investasi yang harus diperhatikan. Risiko ini tentu bisa menjadi pertimbangan dan pengaturan strategi agar investasi Anda tetap lancar.

Adapun beberapa risiko yang bisa muncul dari investasi properti adalah sebagai berikut:

1)      Adanya Beban Perawatan

Salah satu risiko umum yang dihadapi seseorang yang terjun dalam investasi properti adalah adanya beban perawatan. Meskipun besaran beban perawatan tersebut berbeda-beda, namun pada intinya, Anda harus memastikan bahwa properti yang dimiliki senantiasa berada dalam kondisi baik.

Ya, hal ini penting karena properti yang baik-lah yang nantinya akan menarik konsumen dan memberikan keuntungan tambahan. Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan dana yang secara khusus digunakan untuk perawatan tersebut.

2)      Modal yang Tinggi

Memang, ide investasi properti termasuk salah satu ide investasi yang akan memberikan banyak keuntungan. Namun, di sisi yang lain ada pula modal yang tinggi yang diperlukan untuk memulai investasi ini. Oleh karenanya, Anda harus mempersiapkan modal yang cukup banyak sebelum terjun di dunia investasi properti.

Sebenarnya, konsep investasi properti cukup sederhana. Jika Anda memiliki modal yang cukup banyak, maka ada peluang untuk mendapatkan properti yang cukup banyak dan keuntungan yang besar di masa yang akan datang.

3)      Biaya Transaksi yang Cukup Tinggi

Selain modal yang tinggi untuk langkah awal investasi, ada biaya transaksi yang tinggi pula yang akan Anda temukan dalam ide investasi properti ini. Ya, ketika Anda melakukan transaksi dengan pembeli, maka ada beberapa biaya yang harus dibayarkan, terutama yang berkaitan dengan legalitas.

Beberapa biaya transaksi yang dimaksud diantaranya adalah pajak penghasilan, biaya balik nama, biaya pengurusan notaris, biaya pengukuran, dan lainnya. Meskipun ada kemungkinan beberapa biaya ditanggung penjual dan pembeli, namun tetap saja ada biaya transaksi yang harus dibayarkan.

4)      Bukan Transaksi yang Likuid

Risiko lain terkait ide investasi properti yang perlu diketahui adalah investasi ini bukan merupakan investasi yang likuid. Artinya, Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan investasi secara cepat. Perlu waktu untuk menemukan pembeli dan menaikkan harga.

Oleh karenanya, investasi properti termasuk salah satu ide investasi untuk jangka panjang. Tentu saja, ada kesabaran yang harus dipupuk dalam menjalankan ide investasi ini demi kelancaran investasi dan keuntungan maksimal yang bisa didapatkan.

Nah, beberapa hal di atas adalah seluk-beluk ide investasi properti yang perlu diketahui. Tentu, sebagaimana ide investasi lainnya, investasi properti memiliki keuntungan dan juga risiko yang perlu dipahami.

Coba pahami dengan baik keuntungan dan juga kerugian dari ide investasi serta pertimbangkan modal yang dimiliki. Jangan sampai, investasi properti yang sebenarnya begitu menggiurkan serta menguntungkan tersebut berubah menjadi bumerang bagi Anda dan menyebabkan Anda terjebak dalam masalah serta kerugian. Semoga bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship