-->

Investasi Jangka Panjang Lebih Menguntungkan

Investasi Jangka Panjang Lebih Menguntungkan

Tidak sedikit orang yang kini lebih memilih untuk berinvestasi daripada menabung. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena selain bisa mendapatkan profit yang lebih tinggi, berinvestasi juga bisa menjaga kekayaan aset Anda di masa depan, bahkan juga bisa membuatnya menjadi lebih besar.

Ada dua jenis investasi yang bisa Anda pilih, yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Kedua investasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Investasi jangka pendek dipakai untuk kebutuhan dalam jangka yang pendek, namun return yang Anda dapatkan dari investasi ini lebih kecil. Berbeda dengan investasi jangan panjang yang memiliki return lebih besar, namun untuk bisa mendapatkannya profitnya Anda harus menunggu waktu lebih lama.

Investasi jangka panjang ternyata menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mempersiapkan masa pensiun. Lalu, apa itu investasi jangka panjang dan apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk investasi tersebut? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.


Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan penanaman aset yang dilakukan lebih dari satu tahun yang mana bertujuan untuk menguasai perusahaan lain. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari jenis investasi yang satu ini, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Contoh singkat dari investasi ini adalah ketika perusahaan X melakukan investasi secara besar-besaran kepada perusahaan Y. Dengan investasi tersebut, perusahaan X bisa mendapatkan pengaruh yang cukup signifikan atas perusahaan Y meskipun tidak mempunyai suara mayoritas saham. Hal inilah yang kemudian yang membuat harga pembelian disebut sebagai investasi jangka panjang.

Sementara itu, investasi jangka pendek hanya butuh waktu kurang dari satu tahun untuk bisa mencairkan dananya. Biasanya, investasi yang satu ini akan diual kepada orang ataupun perusahaan lain. Sedangkan, investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang lebih lama. Dalam beberapa kasus, ada juga investasi jangka panjang yang tidak dijual sama sekali.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jenis investasi yang satu ini, maka harus bersabar dalam kurun waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan profit yang lebih banyak.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tentu saja, jenis investasi yang satu ini memiliki beberapa tujuan. Bagi Anda yang ingin memilih menggunakan investasi jangka panjang, alangkah baiknya untuk memahami beberapa tujuan yang dimiliki oleh investasi tersebut.

1.      Membantu untuk mendapatkan pendapatan pasif (passive income) dalam setiap periode seperti dividen, bunga ataupun bunga sewa.

2.      Membantu untuk mengarahkan dana khusus, contohnya yaitu dana pendidikan anak ataupun dana pensiun.

3.      Membantu untuk meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi di masa depan.

Jenis Investasi Jangka Panjang

Investasi yang satu ini terdiri atas berbagai macam jenis. Berikut adalah beberapa jenis dari investasi jangka panjang yang dianggap sesuai dan bisa memberikan keuntungan lebih jika disimpan dalam waktu yang lama.

1.      Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu instrumen dari investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih. Jenis Reksa Dana yang paling tepat untuk dipilih adalah saham. Reksa dana saham merupakan reksa dana yang mengalokasikan dana dari investor ke pasar modal, atau dalam pengertian lain adalah saham.

Nah, investasi yang satu ini ternyata dianggap cukup cocok bagi Anda para pemula yang baru saja belajar saham. Hal tersebut karena, Anda akan diarahkan oleh manajer investasi untuk memilih saham terbaik.

2.      Obligasi

Instrumen atau jenis investasi yang satu ini ternyata banyak disukai oleh para investor dan juga pengusaha. Bagi Anda yang belum paham apa itu obligasi, obligasi merupakan surat hutang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman. Di dalam surat tersebut pun sudah tercantum nama sekaligus tanggal jatuh tempo.

Tak hanya itu, dalam surat tersebut juga dituliskan besarnya bunga yang harus dibayar oleh peminjam. Biasanya, jangka waktu dari instrumen investasi yang satu ini selama satu hingga sepuluh tahun lamanya.

3.      Property

Property menjadi salah satu investasi yang memiliki nilai sangat tinggi. Seperti yang telah diketahui, nilai jual tanah dari tahu ke tahun terus meningkat. Tentu saja, keuntungan yang bisa Anda dapat dari investasi jangka panjang yang satu ini cukuplah tinggi, apalagi jika tanah tersebut dilengkapi dengan bangunan di atasnya.

Mengapa harga murah dan tanah setiap tahunnya terus meningkat? Hal ini karena kebutuhan akan rumah dan tanah terus meningkat, tak heran jika property ini selalu meningkat harganya.

Nilai investasi yang bisa Anda dapatkan bahkan bisa mencapai 20% setiap tahunnya. Sangat menguntungkan bukan? Namun, bagi Anda yang ingin memilih investasi satu ini ternyata harus merogoh koceh yang cukup dalam untuk modalnya.

Apalagi, harga properti seperti tanah dan rumah saat ini bisa dibilang cukup mahal, terlebih jika Anda ingin membelinya di daerah perkotaan. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki modal cukup, Anda bisa memilih KPR (Kredit Pemilik Rumah) yang mana Anda bisa melakukan cicilan untuk bisa membayarkan.

4.      Saham

Berikutnya ada saham yang merupakan salah satu investasi jangka panjang terbaik yang bisa Anda coba. Dengan berbagai macam keunggulan yang ada pada investasi ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar. Apa sajakah keunggulannya?

a.      Diversifikasi investasi

b.      Bisa berinvestasi saham dalam kelas internasional

c.       Saham memiliki likuiditas yang tinggi

d.      Bisa mendapatkan dividen, laba dari perusahaan

e.      Melakukan investasi saham, sama saja dengan investasi ekonomi

f.    Nilai saham bisa naik, bahkan nilai tersebut bisa naik dalam jangka panjang secara signifikan

g.     Tidak perlu mengelola properti atau bisnis, karena saham merupakan “kertas” investasi.

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya, tentu saham menjadi investasi jangka panjang yang cocok untuk Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia saham, Anda harus mengetahui tips-tipsnya terlebih dahulu.

5.      Emas

Sudah menjadi rahasia umum jika emas menjadi instrumen investasi yang banyak dijadikan pilihan. Keuntungan yang bisa didapat pun bisa berlipat ganda. Pasalnya, harga emas selalu naik dari tahun ke tahun. Akan tetapi, jika harga emas mengalami penurunan, maka penurunan tersebut tidak terlalu signifikan.

Tak hanya itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh investasi jangka panjang satu ini ialah likuiditasnya yang cukup tinggi. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika ingin menukarnya dengan menggunakan uang tunai. Bisa dikatakan bahwa dengan berinvestasi emas memiliki resiko yang lebih minim serta tahan terhadap inflasi.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang satu ini, jangan lupa untuk mempelajari dasar-dasarnya. Karena, meskipun investasi emas sudah dipilih sejak dahulu, Anda juga wajib mempelajari cara berinvestasi dengan emas yang baik dan benar.

Melakukan investasi jangka panjang memang terbilang sangat menguntungkan. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan return yang tinggi dari jenis investasi tersebut, tentu Anda harus bersabar karena investasi jangka panjang membutuhkan waktu tiga hingga puluhan tahun lamanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship