-->

7 Tips Investasi Emas Agar Berhasil untuk Pemula

Untuk Anda yang saat ini sedang mencoba untuk berinvestasi, maka investasi emas merupakan pilihan yang tepat. Investasi emas menjadi jenis investasi yang dapat dijangkau oleh banyak kalangan, meskipun keuntungan yang didapatkan tidak sebanyak jenis investasi lainnya. Bahkan orang yang memiliki penghasilan rendah juga bisa melakukan investasi emas.

Dengan melakukan investasi emas maka Anda tidak akan terkena dampak inflasi, risiko minim, tidak mudah rusak, dan juga modal yang kecil. Adapun jenis emas yang bisa diinvestasikan sangat beragam, mulai dari perhiasan, emas koin, hingga emas batangan.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang tips investasi emas agar berhasil khusus untuk para pemula. Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Tips Investasi Emas Agar Berhasil untuk Pemula

7 Tips Investasi Emas Agar Berhasil untuk Pemula

  1. Cek Harga Emas

Agar investasi emas berhasil maka Anda harus cek harga emas terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan harga emas kadang mengalami kenaikan kadang mengalami penurunan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk membeli emas. Pastikan untuk cek terlebih dahulu harga emas yang ada di pasaran.

Cara cek harga emas juga sangat mudah, karena Anda tidak perlu datang ke toko emas. Namun, cukup mengunjungi situs financial yang menampilkan harga emas secara update.

Pantau harga emas setiap harinya. Jika harga emas sedang turun, maka Anda dapat segera membelinya sebagai bentuk investasi emas. Ketika harga emas sedang naik, maka Anda bisa menjualnya agar mendapatkan keuntungan hasil investasi emas.

  1. Tentukan Besaran Gram Emas yang Dibeli

Selain mengetahui harga emas, Anda juga harus menentukan besaran gram emas yang akan dibeli ketika melakukan investasi emas. Misalnya ketika di awal pembelian Anda bisa membeli yang 5 gram atau 10 gram. Jika memiliki uang lebih Anda juga bisa meningkatkan jumlah besaran gram emas yang dibeli menjadi 15 gram atau 20 gram.

Kuncinya adalah selalu konsisten ketika waktunya membeli emas. Anda dapat menentukan periode waktu pembelian emas, misalnya saja membeli emas setiap bulan, 2 bulan sekali, atau 3 bulan sekali. Sesuaikan pembelian emas dengan kondisi keuangan Anda.

  1. Tentukan Tujuan Utama Investasi Emas

Tujuan utama investasi emas merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Agar kegiatan investasi emas bisa berhasil, maka Anda harus menentukan tujuan utamanya terlebih dahulu. Sebelum memulai investasi emas Anda bisa memikirkan tujuan apa yang ingin didapatkan. Dengan adanya tujuan utama tersebut, maka Anda akan melakukan investasi emas secara rutin.

  1. Pilihlah Tempat Penyimpanan Emas yang Terpercaya

Ketika sudah memulai investasi emas maka Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang aman dan terpercaya. Untuk Anda yang melakukan investasi emas jenis perhiasan atau batangan logam mulia maka membutuhkan brankas atau lemari khusus di rumah. Namun, menyimpan emas di rumah akan membuat Anda merasa tidak tenang ketika pergi meninggalkan rumah.

Agar menyimpan emas menjadi lebih aman, lebih baik menggunakan fasilitas SDB atau Safe Deposit Box yang dimiliki oleh bank besar. Cara yang satu ini lebih aman dilakukan, namun Anda harus membayar uang sewa setiap tahunnya sesuai dengan ukuran kotak yang digunakan.

  1. Sisihkan Pendapatan untuk Membeli Emas

Agar bisa investasi emas Anda tidak harus memiliki uang yang banyak. Meskipun hanya memiliki uang untuk membeli 1 gram emas itu sudah cukup. Jika Anda belum memiliki modal untuk membeli 1 gram emas, maka bisa menggunakan jasa perusahaan yang memiliki program cicilan emas online.

Dengan adanya program cicilan emas online ini, maka para calon investor bisa membeli emas mulai dari 0,0001 gram. Jika uang sudah terkumpul, maka Anda bisa membeli emas batangan yang resmi dari ANTAM dan sudah tersertifikasi LBMA.

  1. Tentukan Tempat untuk Membeli Emas

Sebaiknya Anda tidak membeli emas di sembarang tempat agar terhindar dari kasus penipuan. Mengingat saat ini banyak sekali kasus penipuan pembelian emas yang terjadi. Sebaiknya Anda jangan mudah tergiur jika ada penjual emas yang menawarkan harga lebih murah dan proses cepat.

Belilah emas di tempat yang resmi dan sudah terpercaya, seperti ANTAM, PT Pegadaian, Bank Syariah, dan PT Pos Indonesia.

  1. Periksa Kondisi Emas

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan yaitu dengan memeriksa kondisi emas. Anda harus memastikan keaslian emas ketika masih berada di tempat jual beli emas. Jangan sampai Anda membeli emas palsu, karena akan membuat Anda rugi. Selain itu, perhatikan juga kondisi emas dalam kondisi mulus ataukah tidak.

Keuntungan Investasi Emas

Berbagai kalangan usia lebih memilih emas sebagai jenis investasi yang menguntungkan. Penasaran apa saja keuntungannya? Silahkan simak penjabarannya berikut ini:

  1. Dapat Dijadikan Dana Darurat

Emas bisa disetarakan dengan dana tunai, karena mudah dicairkan. Oleh karena itu, bisa digunakan secara maksimal sebagai dana darurat serta untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak. Sehingga, dapat disimpulkan jika investasi emas bisa memberikan kemudahan serta menyejahterakan para pelakunya.

  1. Tidak Ada Bunga

Keuntungan investasi emas yang berikutnya yaitu tidak ada bunga. Jika Anda menyimpan emas di Pegadaian, maka tidak akan dikenakan bunga. Hal ini dikarenakan Pegadaian menggunakan prinsip syar’i, yakni keuntungan yang didapatkan oleh nasabah ialah dari harga emas yang diinvestasikan.

Di Pegadaian tidak ada potongan bunga, yang ada hanya potongan biaya administrasi sekali saja atau biaya menitipkan barang. Meskipun menggunakan platform digital dalam transaksi emas di Pegadaian, namun 100 persen terjamin fisiknya. Sehingga, bukan hanya emas virtual yang tidak ada fisiknya.

  1. Lebih Aman

Investasi emas lebih aman daripada jenis investasi lainnya, karena terhindar dari suku bunga tinggi dan inflasi. Harga emas tidak mengalami naik turun yang ekstrim seperti pada mata uang kripto atau saham. Oleh karena itu, untuk orang yang ingin memiliki aset aman, maka investasi emas merupakan pilihan yang tepat.

Namun, tidak berarti semua aset diinvestasikan untuk emas. Hanya saja paling tidak 10 persen dari aset yang dimiliki bisa diinvestasikan dalam bentuk emas.

  1. Menghasilkan Keuntungan

Berbeda dengan mata uang kripto atau saham, investasi emas cenderung lebih menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga emas cenderung lebih stabil dari tahun ke tahun. Dengan investasi emas tidak akan menghasilkan return cash flow, namun capital gain.

  1. Bisa Dijadikan Alat Tukar ketika Krisis

Krisis keuangan bisa terjadi di negara manapun. Oleh karena itu, untuk menghindari krisis, Anda bisa menggunakan tabungan emas sebagai alat tukar ketika mata uang sedang tidak terkendali. Emas yang tidak mengalami inflasi menjadikannya sebagai alat tukar yang lebih terkendali untuk digunakan.

Bagaimana? Tertarik untuk investasi emas yang menguntungkan ini? Mari segera sisihkan pendapatan Anda untuk menabung emas agar bisa mulai berinvestasi. Dengan memperhatikan tips yang sudah dijabarkan di atas, maka proses investasi yang Anda lakukan akan menguntungkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship