-->

LAPOARAN PRAKTIKUM STATISTIK - PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA

 

LAPOARAN PRAKTIKUM STATISTIK

ACARA II

PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA

 

 

 


 

 

 

 

 

Disusun Oleh:

Nama                          :                                  

NIM                             :

Rombongan               :

Kelompok                  :

LABORATORIUM AGRONOMI DAN HORTIKULTURA

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PURWOKERTO

                                                                                                        

 

ACARA II : PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA

 

I. TUJUAN

 

1.    Melakukan pengolahan data dengan benar.

2.    Menyajikan data dalam bentuk berbagai sajian dengan benar.

3.    Menyusun data dalam bentuk table distribusi frekuensi.

 

                                         II. BAHAN DAN ALAT

 

1.    Data yang dicatat pada acara pertama yang diambil dengan teknik Simpel Random Sampling dan Sistematik Sampling.

2.    Kalkulator.

3.    Alat-alat tulis ( kertas, bolpoint, kertas grafik, pensil warna).

 

III. PROSEDUR KERJA

1.    Grafik Histogram, Grafik Poligon, dan Lingkaran ( Piechart ).

2.    Susunlah dalam table distribusi frekuensi dengan urutan kolom table : Nomor, Interval kelas (lka-lkb), batas kelas (bkb-bka), tanda kelas, frekuensi, frekuensi relative, frekuensi kumulatif, frekuensi dalam persen.

 

 

 

IV.          HASIL PENGAMATAN

 

Tabel frekuensi data sistematik sampling

Interval kelas

F

X

Fk

F%

f.R

5,65-7,75

1

0,17

1

1,67

0,0167

7,80-9,9

0

8,55

1

1,67

0,0167

S

3

11

4

6,67

0,0667

12,1-14,2

12

13,15

16

26,67

0,2667

14,2-16,35

21

15,3

37

6,67

0,6167

16,4-18,5

20

17,45

57

95

0,95

18,55-20,65

3

19,6

60

100

1

 

 

Gambar histogram dan poligon







V. ANALISIS DATA PELAPORAN

 


1.    Nilai tertinggi   : 20,4

2.    Nilai terendah  : 5,7

3.    Rentang          : 20,4 - 5,7 = 14,7

4.    Interval            : 7

5.    Lebar kelas     : R / I = 14.7 / 7 = 2,10

 

Kesulitan             : Kesulitan yang dihadapi dalam praktikum kali ini diantaranya saat menghitung frekuensi masing – masing interval membutuhkan tingakt ketelitian dan kecermatan yang cukup tinggi.

 


F.   PEMBAHASAN DAN KESIMPULAN

 

1.                                Pembahasan

            Statistik memiliki dua pengertian, dalam arti sempit statistik adalah data ringkasan berbentuk angka sedangkan dalam arti luas, statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa data. Dalam praktikum kali ini, kita melakukan uji pengolahan dan penyajian data. Data yang diperoleh dalam praktikum ini berasal dari data pada teknik sampling dan pengumpulan data.

(Nasution, 1975)

            Pengolahan data adalah mentabulasi data, menjumlahkan atau memilah – milah data menjadi data yang siap disajikan kemudian dianalisis sesuai dengan kebutuhan. Pengolahan data pada dasarnya merupkan suatu proses untuk memperoleh data atau angka ringkasan berdasarkan suatu kelompok data mentah atau sampel yang diambil dari suatu populasi sehingga data tersusun secara sistematik. Pengolahan data berguna atau bertujuan untuk memudahkan dalam bentuk penyajian data

(Anto, 1973)

            Penyajian data merupakan kumpulan dari pengolahan data yang akan dianalisis datanya. Pemyajian data bisa dalam bentik tabel atau gambar grafik. Tabel merupakan kumpulan angka – angka yan disusun sedemikian rupa menurut kategori – kategori, sehingga memudahkan untuk pembuatan analisa data. Sedangkan grafik merupakan gambar – gambar yang menunjukkan secara visual data berupa angka yang biasanya berasal dari tabel yang telah dibuat. Penyajian data bertujuan agar para pengguna mudah dalam membaca data.

( Anto, 1973)

            Praktikum kali ini, penyajian data disajikan dalam data berkelompok, yaitu dengan tabel distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi merupakan pengelompokkan data kedalam beberapa kategori yang menunujukkan banyak data dalam seetiap kategori dan setiap data tidak dapat dimasukkan ke dalam dua atau lebih kategori. Pembuatan tabel distribusi frekuensi dalam praktikum kali ini, dibuat dari data yang telah diperoleh dari teknik sampling yang telah dilakukan. Langkah – langkah dalam pembuatan tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut

1)    Penentuan Rentang

Rentang adalah jarak antara data terkecil dengan data terbesar. Rentang diperoleh dari rumus R = Xmaksimal – Xminimal. Xmaksimal adalah data terbesar atau tertinggi, sedangkan Xminimal adalah data terendah atau terkecil. Praktikum kali ini, diperoleh data penetuan renatang sebesar 7,7. Hasil ini diperoleh dar rumus seperti diatas; yaitu R = Xmaksimal – Xminimal

2)   Penentuan Banyaknya Kelas Interval

Banyaknya kelas interval hádala banyak kelompok data untuk menentukan berapa banyaknya kelompok data, digunakan humus K = 1 + 3,3 log n. Namur dalam praktikum kali ini, banyaknya kelas interval telah ditentukan sebanyak 7 kelas interval.Hal ini dikarenakan beberapa pertimbangan, yaitu keprktisan, efisiensi waktu yang digunakan, serta informasi yang diperoleh dari banyaknya data dan rentang.

3)   Penentuan Penjang Kelas Interval atau Lebar Kelas Interval

Panjang kelas interval hádala panjang interval dar tiap kelompok data. Panjang interval dapat ditentukan dengan pembagian antara rentang dengan banyakny kelas interval atau rentang dibagi banyaknya kelas interval. Praktikum kiali ini, lebar atau panjang kelas interval diperoleh hasil 1,1. Hasil ini diperoleh daari rentang yan dibagi dengan interval atau banyaknya interval, yaitu dari rentanf bernilai 7,7 dibagi 7 diperoleh hasil 1,1.

4)    Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi

Pembuatan tabel distribusi inilah merupakan akhir dar langkh – langkah membuat tabel distribusi frekuensi. Tabel distribusi frekuensi berisi kolom – kolom berupa; interval kelas, batas kelas, tanda kelas, frekuensi, frekuensi kumulatif, frekuensi relatif, dan frekuensi dalampersen. Frekuensi adalah jumlah data yan didapat dari masing – masing kelas interval, sedangkan frekuensi kumulatif adalah frekuensi yang disajiakan dalam bentuk kumulatif dengan frekuensi ke;as sebelumnyadan frekuensi relatif adalah frekuensi yang disajikan dalam bentuk persentasi.

( Sudjana, 2005)

            Setelah pembuatan tabel distribusi frekuensi, data dibuat dalam bentuk gambar atau grafik. Gambar atau grafik distribusi frekuensi memilki berbagai macam jenis atau bentuk, antara lain histogram, poligon, dan piktogram. Dengan demikian, pengolahan data dan penyajiian data dilakukan untuk memudahkan dalam perhitungan ataupun analisis data dari suatu populasi yang diampbil sampelnya. Penyajian data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan grafik poligon, sedangkan penyajian hasi analisis data dapat dibuktikan atau ditarik kesimpulan terhadap sanmpel data yang digunakan sehingga lebih mengetahui atau mendekati kebenarannya. Oenyajian data berupa tabel distribusi ini membutuhkan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

(Supranto, 1977)


2.    Kesimpulan

 

1)            Pengolahan data adalah mentabulasikan data, menjumlahkan data atau memilah – milah data menjadi data yang siap disajikan, kemudian dianalisis sesuai dengan kebutuhan, sedangkan penyajian data merupakan kumpulan dari pengolahan data yang akan dianalisis datanya

2)            Penyajian data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan grafik poligon.

3)            Pembuatan tabel distribusi frekuensi membutuhkan atau memerlukan beberapa langkah, yaitu penentuan rentang, penentuan banyaknya atau jumlah kela interval,penentuan panjang kelas interval serta membuat tabel distribusi frekuensi tersebut.

4)            Pengolahan dan penyajian data dilakukan untuk memmudahkan dalam perhitungan ataupun analisis data dari suatu populasi yanag diambil sampelnya.

 


DAFTRA PUSTAKA

 

Dajan, Anto. 1973. Pengantar Metode Statistik Deskriptif. LP3ES: Jakarta

Furqon. 2004. Statistik Terapan untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung

Nasution, A.H., dan Barizi. 1975. Metoda Statistika untuk Penarikan Kesimpulan. Gramedia: Jakarta

Sudjana.2005. Metoda statistika. Tarsito: Bandung

Supranto, J. 1977. Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga: Jakarta

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship