11 Indikator Mahkluk Hidup Punah


Secara alamiah, semua spesies mempunyai potensi yang berbeda-beda untuk menjadi punah. Kerentanan suatu jenis terhadap kepunahan umumnya ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Spesies yang mempunyai sebaran geografis sempit, umumnya rentan terhadap kerusakan habitat oleh acara manusia.
  2. Spesies yang terdiri dari satu atau sedikit populasi akan sangat rentan terhadap kerusakan habitat dibandingkan dengan spesies yang terdiri dari banyak populasi
  3. Spesies yang mempunyai ukuran populasi yang kecil akan gampang punah jawaban efek variasi demografi dan lingkungan serta hilangnya keanekaragaman genetik jikalau dibandingkan dengan spesies yang berukuran populasinya yang besar.
  4. Spesies yang ukuran populasinya cenderung menurun akan gampang punah bilamana penyebab penurunan tidak sanggup diketahui dan diperbaiki.
  5. Spesies yang mempunyai densitas rendah per satuan luas, terutama pada daerah yang terfrsgmentasi akan gampang mengalami kepunahan.
  6. Spesies yang memerlukan jelajah yang luas akan sangat rentan terhadap kepunahan bilamana wilayah jelajahnya dirusak atau mengalami fragmentasi.
  7. Hewan yang mempunyai ukuran badan yang besar akan mempunyai wilayah jelajah yang luas serta masakan yang lebih banyak secara individu, serta rentan untuk diburu maupun dirusak wilayah jelajahnya maupun habitat untuk mencari makan dan minumnya.
  8. Spesies yang tidak mempunyai kemampuan menyebar yang baik di alam akan sangat rentan terhadap perubahan dan perusakan habitat, sebab spesies tersebut tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.
  9. Spesies yang bermigrasi musiman akan sangat rentan terhadap kepunahan sebab ketidakmampuan bertahan di habitatnya.
  10. Spesies yang mempunyai keanekaragaman genetik yang rendah akan lebih banyak kemungkinan punah sebab penyakit, atau perubahan lingkungan.
  11. Spesies yang mempunyai relung tertentu akan rentan terhadap kepunahan apabila relung tempat hidupnya rusak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship