-->

85 % Unbk Biologi 2019

  1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan ihwal keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
  2. Menyadari dan mengagumi contoh pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
  3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan mencintai lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan pemikiran agama yang dianutnya.
  4. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, beropini secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melaksanakan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  5. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja ketika melaksanakan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  6. Memahami ihwal ruang lingkup biologi (permasalahan pada banyak sekali obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja menurut pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Menganalisis data hasil obervasi ihwal banyak sekali tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
  8. Menerapkan pemahaman ihwal virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan tugas virus dalam aspek kesehatan masyarakat
  9. Menerapkan prinsip pembagian terstruktur mengenai untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria menurut ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  10. Menerapkan prinsip pembagian terstruktur mengenai untuk menggolongkan protista menurut ciri-ciri umum kelas dan kiprahnya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  11. Menerapkan prinsip pembagian terstruktur mengenai untuk menggolongkan jamur menurut ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
  12. Menerapkan prinsip pembagian terstruktur mengenai untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio menurut pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
  13. Menerapkan prinsip pembagian terstruktur mengenai untuk menggolongkan binatang ke dalam filum menurut pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
  14. Menganalisis informasi/data dari banyak sekali sumber ihwal ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.
  15. Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.
  16. Menyajikan data ihwal objek dan permasalahan biologi pada banyak sekali tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
  17. Menyajikan hasil identifikasi anjuran upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia menurut hasil analisis data ancaman kelestarian banyak sekali keanekaragaman binatang dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam banyak sekali bentuk media informasi.
  18. Menyajikan data ihwal ciri, replikasi, dan tugas virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.\
  19. Menyajikan data ihwal ciri-ciri dan tugas archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan menurut hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
  20. Merencanakan dan melaksanan pengamatan ihwal ciri-ciri dan tugas protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
  21. Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan tugas jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis.
  22. Menyajikan data ihwal morfologi dan tugas tumbuhan pada banyak sekali aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
  23. Menyajikan data ihwal perbandingan kompleksitas jaringan penyusun badan binatang dan kiprahnya pada banyak sekali aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
  24. Mendesain sketsa ihwal interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring masakan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan kesannya dalam banyak sekali bentuk media.
  25. Memecahkan problem lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.
  26. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan ihwal struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
  27. Menyadari dan mengagumi contoh pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
  28. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan mencintai lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan pemikiran agama yang dianutnya.
  29. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, beropini secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melaksanakan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  30. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja ketika melaksanakan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  31. Memahami ihwal komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  32. Menganalisis banyak sekali proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
  33. Menerapkan konsep ihwal keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan menurut hasil pengamatan.
  34. Menerapkan konsep ihwal keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan binatang dengan fungsi organ pada binatang berdsarkan hasil pengamatan
  35. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga sanggup menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  36. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga sanggup menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  37. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga sanggup menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  38. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga sanggup menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  39. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga sanggup menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem ekskresi insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  40. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga sanggup menjelaskan tugas saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
  41. Mengevaluasi pemahaman diri ihwal ancaman penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
  42. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi insan melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
  43. Menerapkan pemahaman ihwal prinsip reproduksi insan untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui jadwal keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup SDM melaui donasi ASI ekslusif
  44. Mengaplikasikan pemahaman ihwal prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup insan dengan kekebalan yang dimilikinya melalui jadwal immunisasi sehingga sanggup terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
  45. Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya ihwal struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  46. Membuat model proses dengan memakai banyak sekali macam media melalui analisis hasil studi literatur, pengamatan mikroskopis, percobaan, dan simulasi ihwal bioproses yang berlangsung di dalam sel.
  47. Menyajikan data ihwal struktur anatomi jaringan pada tumbuhan menurut hasil pengamatan untuk mengatakan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.
  48. Menyajikan data ihwal struktur anatomi jaringan pada binatang menurut hasil pengamatan untuk mengatakan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada binatang terhadap bioproses yang berlangsung pada hewan
  49. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menimbulkan gangguan sistem gerak insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  50. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menimbulkan gangguan sistem peredaran darah insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  51. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menimbulkan gangguan sistem pencernaan insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  52. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan/respirasi yang menimbulkan gangguan sistem respirasi insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  53. Merencanakan dan melaksanakan pengamatan efek pencemaran udara dan mengolah isu beberapa resiko negatif merokok pada bakir balig cukup akal untuk memilih keputusan.
  54. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menimbulkan gangguan sistem ekskresi insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  55. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang menimbulkan gangguan sistem koordinasi insan dan melaksanakan kampanye anti narkoba pada banyak sekali media.
  56. Melakukan kampanye antinarkoba melalui banyak sekali bentuk media komunikasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
  57. Menyajikan hasil analisis ihwal kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menimbulkan gangguan sistem reproduksi insan melalui membuatkan bentuk media presentasi.
  58. Memecahkan problem kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
  59. Merencanakan dan melaksanakan kampanye ihwal upaya penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui jadwal keluarga berencana (KB) dan donasi ASI ekslusif dalam bentuk poster dan spanduk
  60. Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.
  61. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan ihwal struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup.
  62. Menyadari dan mengagumi contoh pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
  63. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan mencintai lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan pemikiran agama yang dianutnya.\
  64. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, beropini secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melaksanakan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
  65. Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja ketika melaksanakan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
  66. Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup menurut hasil percobaan.
  67. Memahami tugas enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data ihwal proses metabolisme menurut hasil pemeriksaan dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup.
  68. Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
  69. Menganalisis proses pembelahan sel.
  70. Memahami pola-pola Hukum Mendel
  71. Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah silang
  72. Menganalisis hereditas pada manusia.
  73. Menganalisis insiden mutasi.
  74. Menganalisis ihwal teori evolusi dan seleksi alam dengan pandangan gres mengenai pembentukan spesies gres di bumi menurut studi literatur.
  75. Memahami ihwal prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk gres untuk meningkatkan kesejahteraan insan dalam banyak sekali aspek kehidupan.\
  76. Merencanakan dan melaksanakan percobaan ihwal faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan memakai tatacara penulisan ilmiah yang benar.
  77. Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan ihwal cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan banyak sekali media.
  78. Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta tugas DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
  79. Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.
  80. Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan insiden yang ditemukan sehari-hari
  81. Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah silang.
  82. Menyajikan data hereditas pada manusia
  83. Menyajikan data proses mutasi.
  84. Mengevaluasi pemahaman diri ihwal banyak sekali pandangan mengenai evolusi makhluk hidup dan membuat gagasan gres ihwal kemungkinan-kemungkinan teori evolusi menurut pemahaman yang dimilikinya.
  85. Merencanakan dan melaksanakan percobaan dalam penerapan prinsip-prinsip bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk dan mengevaluasi produk yang dihasilkan serta mekanisme yang dilaksanakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship