-->

Rudolf Julius Emanuel Clausius

Rudolf Julius Emanuel Clausius (1822-1888) ialah andal fisika matematik Jerman, penemu Hukum Termodinamika II, penemu entropi, penemu teori elektorolisis, doktor, guru besar, dan pengarang. Ia lahir di Koslin, Prusia, kini di Koszalin, Polandia, pada tanggal 2 Januari 1922 dan meninggal di Bonn tanggal 24 Agustus 1888, kini di Jerman pada umur 66 tahun. Ia kuliah di Unervisitas Berlin dan menerima doktor dari Halle pada tahun 1848 saat berumur 26 tahun. Dua tahun kemudian (1850) ia diangkat menjadi guru besar fisika di sekolah mesin dan artileri di Berlin, pada tahun 1867 ia jadi guru bedar fisika di Unirvesitas Wurzburg hingga tahun 1869. Kemudian ia mengajar di Universitas Bonn.
Clausius ialah andal fisika teori atau fisika murni. Ia tidak mengadakan experimen. Ia menerapkan matematika untuk menciptakan teori yang sanggup menjelaskan. Hasil pengamatan dan exprimen orang lain. Pada tahun 1850 ia menciptakan karya tulis yang mengungkapkan penemuannya, ialah aturan termodinamika II dan entropi termodinamika ialah cabang fisika yang mempelajari energi dan semua bentuk perubahanya terutama menganai kekerabatan panas dan kerja. Hukum termodinamika II berbunyi “Panas tidak sanggup dengan sendirinya berpindah dari tubuh yang lebih cuek ke tubuh yang lebih panas”. Di alam semesta terjadi decara terus – menerus perpindahan panas atau energi dari tubuh angkasa yang panas ke tubuh angkasa yang dingin. Maka berabad-abad kemudian semua panas atau energi akan terbagi merata keseluruh penggalan alam semesta. Keadaan seimbang ini disebut entropi. Ini berati dunia kiamat, sebab semua gerak dan kehidupan berhenti.
Clasius juga mengemukakan teori elektrolisis atau elektrolisa, ialah penguraian zat cair denga ajaran listrik searah. Para ilmuan sebelumnya beropini bahwa dalam entrolisis, air terurai menjadi hidrogen dan oksigen sebab gaya listrik. Tapi Clasius beropini bahwa atom-atom molekul selalu bertukar. Gaya listrik hanya megarahkan pertukaran itu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship