-->

Elemen Kimia Terbaru Diberi Nama Copernicium

Elemen kimia terbaru 112 pada tabel periodik akan diberi nama copernicium. Pemberian nama tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi hebat astronomi Nicolaus Copernicus. "Kami ingin menghormati seorang ilmuwan terkemuka yang merubah pandangan kami di dunia," kata Hofmann Sigurd, ketua tim inovasi sentra penelitian ion berat Helmholtz Center di Kota Darmstadt, Jerman, baru-baru ini. 

Copernicus yang hidup pada kurun waktu 1473-1543, telah menandakan bahwa matahari merupakan orbit bumi. Penemuannya itu dinilai membuka jalan pada insan untuk melihat dunia.

Sekedar informasi, pada tahun 1996 ilmuwan menemukan elemen 112. Elemen kimia bernomor 112 atau uninbium akan dimasukkan dalam tabel periodik secara resmi oleh The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dalam waktu dekat. Uninbium merupakan bahasa Latin dari angka 112. 

Uninbium pertama kali diciptakan dengan cara menembakkan atom elemen seng (Zn) ke logam timbal (Pb) melalui akselerator partikel sepanjang 120 meter. Elemen ini mempunyai massa 277 kali lebih berat dari hidrogen sehingga menjadi elemen terberat yang ada dalam tabel periodik.(AND/LiveScience)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship