-->

Percobaan Kimia Anorganik


Dari percobaan yang telah dilakukan, diperoleh hasil pengamatan sebagai berikut:
Pada dikala proses pencampuran antara air (H2O)  dan harpic yang mengandung larutan HCl 95%, larutan menjelma biru. Warna biru ini dihasilkan dari harpic yang berwarna biru pekat menjadi warna biru yang tingkat warnanya menurun alasannya yaitu proses pengenceran dengan air (H2O) tersebut. Kemudian sehabis larutan ditambah dengan sunlight yang mengandung natrium dodesil benzena sulfinat (Na-LAS) 18,70% yang merupakan natrium alkil benzena sulfonat. Kemudian adonan tersebut dikocok, dari larutan tersebut timbul busa. Hal ini dikarenakan sifat yang dimiliki oleh senyawa yang terkandung dalam sunlight (Na-LAS), sehingga pada dikala dikocok timbul busa. Larutan lalu dicampur dengan potongan-potongan kecil dari cangkang telur. Dari dalam larutan timbul gelembung-gelembung yang menyebabkan busa hingga tumpah dari botol. Gelembung tersebut berasal dari senyawa yang terkandung dalam cangkang telur yaitu kalsium karbonat (CaCO3) yang bereaksi dengan air (H2O) dan terurai kembali menghasilkan senyawa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) serta perubahan temperature menjadi panas. Adapun reaksinya:
CaCO3 (s)  +  H2O (l)  →  CaO (s)  +  H2CO3  (aq)
H2CO3  (aq)  →  CO2 (g)  +  H2O (l) 
CaO (s)  + H2O (l)   →  Ca(OH)2 (s)  +  Panas
Larutan disimpan selama 2 hari. Pada hari pertama, seluruh cangkang telur berada dibawah dan terdapat endapan yang berwarna biru diatas dan dibawah permukaan, serta terdapat larutan yang berwarna biru kehijauan diantara endapan tersebut. Endapan biru tersebut berasal dari reaksi antara cangkang telur (CaCO3) dan harpic (HCl), sesuai dengan reaksi:
CaCO3 (s)  +  HCl (aq)  →  CaCl (s)  +   HCO3 (aq)  
 Pada hari kedua, semua endapan biru yang berada diatas permukaan jatuh ke dasar permukaan (diatas cangkang telur), sehingga menyebabkan larutan yang berwarna biru kehijauan berada diatas permukaan.
Dari data pengamatan diatas, sanggup disimpulkan bahwa pada percobaan tersebut terjadi reaksi kimia. Hal ini ditandai dengan adanya pelepasan gas CO2, perubahan temperature menjadi panas, pembentukan endapan yang berwarna biru dan perubahan warna dari warna biru pekat menjadi biru kehijauan. Adapun reaksi keseluruhan dari percobaan diatas yaitu:
Na abs (C17H35COONa) (aq) + CaCO3 (s) + HCl (aq) + H2O (l) → H2CO3  (aq) + CaCl (s)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship