-->

Observasi

1.      Pengamatan (Observasi)
Pengamatan atau observasi (observation) yakni suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistemastis.
Ada tiga macam observasi, yaitu :
1.    Observasi pastisipan, yaitu observasi yang dilakukan oleh pengamat, tetapi pada ketika itu pengamat memasuki dan mengikuti aktivitas kelompok yang sedang diamati. Observasi partisipan dilaksanakan sepenuhnya jikalau pengamat betul-betul mengikuti aktivitas kelompok, bukan hanya pura-pura. Dengan demikian ia sanggup menghayati dan mencicipi ibarat apa yang dirasakan orang-orang dalam kelompok yang diamati.
Contoh :
Untuk mengamati kehidupan mahasiswa penyewa kamar, pengamat menjadi mahasiswa dan penyewa kamar. 
2.    Observasi sistematik, yaitu observasi dimana faktor-faktor yang diamati sudah didaftar secara sistematis, dan sudah diatur berdasarkan kategorinya. Berbeda dengan observasi partisipan, maka dalam observasi sistematik ini pengamat berada di luar kelompok. Dengan demikian maka pengamat tidak dibingungkan oleh situasi yang melingkungi dirinya.
3.    Observasi eksperimental
Observasi eksperimental terjadi jikalau pengamat tidak berpartisipasi dalam kelompok. Dalam hal ini ia sanggup mengendalikan unsur-unsur penting dalam situasi sedemikian rupa sehingga situasi itu sanggup diatur sesuai dengan tujuan evaluasi. [1]


DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1986. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Bina Aksara




[1]  Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Yogyakarta: Bina Aksara,  1986) hlm. 24

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship