-->

Nikel Aliansi Para Logam


“Na..na…na…!! hmm…hmm….hmm…!!”gumam Nikel (Ni) pelan sambil berjalan hilir pulang kampung didepan Besi (Fe) dan Krom (Cr). Mereka bertiga sedang menunggu insan untuk membantunya menciptakan adonan logam tahan asam atau yang disebut Nikrom.
“Nikel..! kamu dapat membisu tidak? Dari tadi jalan terus hilir pulang kampung kayak setrikaan, bentar lagi kita kan mau bantu insan buat….apa sih?Krom! insan tadi bilang apa ya, saya lupa lagi, kita-kita ini mau dipadukan kemudian namanya perpaduan kita itu apa lupa lagi?”teriak Besi
“Campuran logam tahan asam! itu yang disebut Nikrom” jawab Krom

“Iya, itu…Nikrom, kamu duduklah sebentar Nik, jangan hilir pulang kampung mulu”
“Besi, saya gugup…aku kan gres kini mau dipadukan dengan kamu dan si Krom, jikalau dengan Tembaga dalam menciptakan koin/Monel saya sering” sahut Nikel (Ni)
“Iya duduk dulu, sebentar lagi manusia-manusia itu datang, tumben kamu merasa gugup, biasanya juga jikalau denganku bantu insan menciptakan sendok makan biasa aja tuh” balas Besi
“Itukan sering Besi! Mendadak rewel sih kamu ini, tapi ngomong-ngomong kamu berapa % sih nyumbang tubuhmu buat Nikrom itu?”tanya Nikel sambil berhenti melangkah dan menatap kearah Besi
“Aku, Cuma 25%” sahut Besi balik menatap
“Kau Krom?berapa %?”Tanya Nikel lagi pada Krom
“15%lah ngapain banyak-banyak?”jawab Krom (Cr)
“Berarti saya yang paling banyak 60%”
“Gak papalah buat Monel juga kamu 60% kan daripada Tembaga yang 40%, amal…nik,amal!”teriak Besi
“Amal sih amal, tapi lama-lama saya dapat habis juga”
“Mang semenjak kapan sih, kamu suka jadi aliansi para logam?”Krom yang bertanya
“Ya semenjak insan berjulukan Axel Crostedt tahun1751 menemukanku, semenjak ketika itu saya banyak diburu, selain pelapis logam tahan karat tentunya, saya bersama Tembaga memulai karier cie…karier, jadi mata uang di Amerika serikat dan Switzerland” jawab Nikel
“Wah, yummy dong pernah  jadi mata uang negara Adi kuasa” komentar Krom
“Itu dulu, waktu jadi mata uang syiling ya, secara ia itu putih mengkilat ha..ha…” ejek Besi
“Gak bosan apa jadi aliansi para logam terus?” tanya Krom lagi
“Enggak sih, tapi selain jadi aliansi para logam sekali-kali saya juga suka jadi katalis reaksi adisi H2 dalam membantu insan menciptakan mentega atau margarin”
“Oya, yummy ya, tapi manusia-manusia itu pada kemana ya?kok belum tiba juga sih?”kata Krom sambil bangkit melirik kesana kemari
“Iya nih, padahal ditempatku rasanya suhunya sudah mencapai 3005K, saya dapat mendidih nih” kata Nikel
“Ah masa, ditempatku adem-adem aja tuh” sahut Besi masih duduk hirau tak acuh
“Ya sudah, bagaimana jikalau kita pulang dulu kerumah masing-masing entar kita kumpul lagi disini, oya Nik, saya tidak tahu rumahmu, bagaimana nanti menghubunginya?” Tanya Krom lagi
“Gampang Rumahku bersahabat Paladium sama Platina kok, jemput aja entar di kampung Sistem Periodik Unsur di gang 4 blok VIIIB nomor rumah 28” jawab Nikel
“Masih seblok sama aku, entar sama-sama aja lah jemputnya” sahut Besi lagi
“Boleh, oya saya lupa kata insan selain menciptakan Nikrom kita juga kedepannya ada rencana buat baja Stainless Steel “sahut Krom
“Buat apa baja kayak gitu?” Tanya Besi
“Katanya sih buat pembuatan rel kereta api, senapan dan thank”
“Oh, ya sudah, saya juga mau membantu insan menciptakan adonan logam electroplating dulu, nanti jangan lupa ya Krom jemput aku” kata Nikel
“Oke nik, selamat bertugas!”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship