-->

Manejemen Penerima Didik

Banyak sekali definisi manajmeen itu sendiri, beberapa tokoh yang mendefinisikan menejemen yaitu:
1.    Sahertian (1982), beropini bahwa administrasi merupakan terjemahan kata management yang berasal dari kata manage atau magiare yang mempunyai arti melatih kuda dalam melangkahkan kakinya. Manajemen mempunyai dua makan yaitu kegiatan pikir (Mind) dan kegiatan tindak laris (Action).
2.    Terry (1953), administrasi sebagai pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui perjuangan orang lain (Management is the accomplishing of the predertemined objective throug the effort of other people).
3.    Siagian (1978), administrasi sebagai kemampuan atau keterampilan untuk emmperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan.
4.    The Liang Gie (1978), administrasi sebagai segenap perbuatan yang menggerakkan sekelompok orang atau mengarahkan segala kemudahan dalam suatu perjuangan untuk mencapai tujuan.
          Sehingga sanggup disimpulkan, bahwa administrasi merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh dua orang atau lebih dengan peraturan yang ditentukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama (Imron, 2011: 4).
          Sedangkan untuk penerima didik, berdasarkan ketentuan umum Undang-Undang RI wacana Sistem Pendidikan Nasional yaitu anggota masyarakat yang berusaha mengeksplor dirinya melalui suatu proses pendidikan pada jalur, jenjang maupun jenis pendidikan tertentu. Sebutan untuk penerima didik juga berbeda-beda, seperti:
a.       Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 27 Tahun 1990, pada Taman Kanak-kanak disebut dengan anak didik.
b.      Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 28 dan No. 29 Tahun 1990, pendidikan dasar dan menengah disebut siswa.
c.       Pasal 1 Peraturan Pemerintahan RI No. 30 Tahun 1990, pada akademi tinggi disebut mahasiswa.

Oleh alasannya yaitu itu, pengertian administrasi penerima didik yaitu perjuangan pengaturan yang ditujukan secara khusus terhadap penerima didik yang berkaitan dengan kegiatan proses mencar ilmu dan beraktivitas dari pertama masuk sekolah hingga lulus (Imron, 2011 : 6).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship