-->

Catatan Harian Natrium


Cinta…. apa yang sedang terjadi….
Seminggu tanpa berita….
Seminggu tanpa cerita….
Seminggu juga tanpa bicara…..
Dan cinta…. sedang apakah dirimu…..
Mengapa tak ada kabar…….
Mengapa tak jua datang……

Suara lagu cuilan sesal maia terdengar lembut diantara gerimis hujan terakhir yang mengembun pada beling jendela. Mataku masih memandang lurus kearahnya,  kearah jendela yang ada di seberang sana tepatnya di gang no 4 blok VIIA dengan nomor rumahnya 35.

Dia ialah bromin adiknya khlor, dulu saya pernah menjadi kekasihnya (NaBr), namun diam-diam ini tidak pernah saya ceritakan pada khlor hingga sekarang, dan semenjak saya menikah dengan khlor, beliau maksudku bromin tidak pernah sedikitpun  menyapaku, entah alasannya sakit hati padaku atau alasannya beliau sangat menghormati kakaknya khlor. 

Hanya bila dilaboratorium sajalah beliau menyapaku, itu juga harus dengan proteksi insan lab.  Sebenarnya saya kasihan padanya alasannya dalam keluarga halogen keluarga suamiku, beliau satu-stunya unsur yang berbeda dengan yang lainnya, disebut berbeda alasannya khlor dan flour tubuhnya itukan berbentuk gas, sedang yodium dan astatin berbentuk padatan sedang beliau sendiri tubuhnya berbentuk cairan, coklat kemerahan lagi, apalagi katanya  kalau pekat maka akan semakin merah.

“Hai…lagi ngapain sih?”tiba-tiba khlor masuk kamar
“Gak, lagi merhatiin adikmu, kasihan ya, tampaknya beliau kesepian khlor..”
“Dia itu memang suka begitu, ya maklum saja beliau kan tubuhnya cair beda dari aku, abang juga adik-adikku, makanya kadang suka begitu, menyerupai ada sesuatu yang hilang dari hidupnya, tapi biasanya ia pergi dengan perak (AgBr) untuk membantu film fotografi manusia.”

Apa mungkin bromin menyerupai itu alasannya kecewa saya menikah dengan kakaknya, tapi itukan dulu, ah…tidak mungkin bukankah beliau juga pernah jadi kekasih magnesium (MgBr2) atau dengan kalium (KBr). Kataku dalam hati
“Kau tahu ketika beliau pertama kali  tahun 1826 ditemukan ilmuwan Antone dan Jerome balard, semenjak itu banyak insan memburunya“
“Oya…aku kurang begitu hapal ihwal hal itu, terus beliau diburu untuk apa?”
“Biasanya beliau dijadikan Etilbromida kemudian oleh insan dipaksa bercampur dengan Bensin yang bertimbal pada kendaraan.

Tujuannya semoga beliau dapat memaksa Timbal semoga tidak menempel pada silinder piston. Dia paling benci pekerjaan itu alasannya katanya bila sudah jadi gas buangan beliau bersama Timbal dapat membahayakan lingkungan manusia, beliau lebih senang jadi obat penenang, desinfektan, fumigant, pembuatan senyawa organik dan membantu insan memadamkan api”

“Oh..ternyata ceritanya menyerupai itu…?”
“Ya begitulah, tapi ngomong-ngomong kau lihat beliau dari apanya sampai-sampai kau dulu mau jadi kekasihnya,padahal dibanding beliau lebih ganteng kakaknya kan?”kata khlor tiba-tiba sambil tersenyum
“Ye…siapa lagi yang pernah menduakan sama adikmu”kataku mengelak
“Jangan mungkir tuan putri…dikiranya Bromin tak pernah dongeng gitu?”
“Enggak, gak pernah…”
“Ha..ha…mukamu eksklusif merah, benar kan gak pa-pa kok, asalkan jangan sekali-kali lagi beliau mau menarik hati abang iparnya lagi, ya kan..”

Aku mengangguk pelan “Dasar sialan bromin gak dapat jaga rahasia” umpatku dalam hati.

Januari 2010 ketika pesta kembang api tiba
Hmm… kau tahu ketika pergantian tahun gres ialah ketika dimana saya dan saudara-saudaraku merasa sangat bahagia. Kenapa? Karena pada ketika pergantian tahun saya dan saudara-saudaraku waktunya menjadi biro pemberi warna pada  pertunjukkan pesta kembang api. Ini merupakan pertunjukkan akbar kami setiap tahun alasannya seluruh insan akan melihat kami dengan perasaan bahagia, seolah-olah pertunjukan kami dapat melebur masalalu mereka yang pahit dan memberi impian yang gres dimasa depan bagi mereka.

Biasanya yang ikut dalam pesta kembang api itu aku, kakakku Litium, Stronsium, Barium, Magnesium dan adikku Kalium. Pada ketika kembang api, Stronsium dan Litium mempertunjukkan warna merah. saya mempertunjukkan warna kuningku. Kalsium oranye, Barium hijau, Tembaga biru sedang yang ungu biasanya adonan antara garam Stronsium dan garam Tembaga. Karena Stronsium menunjukkan warna merah dan Tembaga menunjukkan warna biru maka adonan kedua garam ini akan menghasilkan warna ungu. dan yang mempertunjukkan putih/silver yaitu Magnesium tapi bila tidak ada Magnesium biasanya ada Titanium atau Aluminium yang menggantikan.

Seperti yang pernah kuceritakan sebelumnya, saya dan saudara-saudaraku tahu warna masing-masing yaitu ketika kami melaksanakan uji nyala. Sejak uji nyala tersebut kamipun dipercaya oleh insan untuk menjadi biro pemberi warna pada pesta kembang api setiap pergantian tahun. Tugas ini sudah menjadi kegiatan tahunan bagi kami dan ini serupa pertunjukkan orchestra yang sangat besar. Pada malam pertunjukkan, elektron dari kami akan mengalami eksitasi atau elektron kami akan melompat dari tingkat energi standar ketingkat energi yang lebih tinggi. Saat elektron kami kembali ketingkat energi semula disana kami membebaskan energi cahaya dengan warna-warna kami. Serukan…..!  Sehingga pada malam pertunjukkan kami berprinsip semua orang tidak boleh bersedih untuk hidupnya dan harus punya impian untuk melangkah ketahun berikutnya dengan semangat yang baru, dan jiwa yang baru. HAPPY NEW YEAR...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship