-->

Soal Kuis Pembelajaran Kimia Inklusif

1.      Tahun berapa pemerintah meratifikasi CRPD? Dituangkan dalam UU atau peraturan apa?
tahun 2011 yang dituangkan dalam UU Nomor 19 Tahun 2011 perihal Pengesahan Convention on The Rights of Persons with Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas).
2.      Undang-Undang apa yang pertama kali menyebutkan perihal hak difabel?
UU No. 20/2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional menjamin hak pendidikan anak – anak berkebutuhan khusus.
3.      Sebutkan kawasan lain, selain Yogyakarta yang telah menerbitkan peraturan mengenai pendidikan inklusif!
NAD, Jakarta, Surabaya, Padang (Sumatera Barat), Malang, Wonogiri, Semarang
4.      Kapan kebijakan mengenai pendidikan inklusif mulai diberlakukan? Dibuktikan dengan regulasi apa?
pendidikan inklusif diberlakukan mulai bulan juli tahun 1994 dibuktikan dengan deklarasi The Salamanca Statement on Inclusive Education yang mengakui hak asasi dari semua belum dewasa untuk pendidikan yang inklusif, artinya Education for All, pendidikan untuk semua harus diberlakukan.
5.      Siapakah yang termasuk anak berkebutuhan khusus?
anak yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sesuai dengan kriteria anak normal dan membutuhkan penanganan/perlakuan yang khusus. misalnya yaitu tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, tuna laras, autis, hiperaktif.
6.      Term "khusus" dalam istilah ABK bermakna apa?
kata khusus dalam anak berkebutuhan khusus (ABK) bermakna untuk menyebutkan belum dewasa yang membutuhkan pelayanan atau perlakuan khusus baik dalam hal belajar, kehidupan sosial/sehari-hari maupun psikologinya, alasannya untuk membedakan antara anak yang berkebutuhan khusus dengan anak cacat. dimana anak cacat ialah anak yang mengalami/memiliki kelainan fisik, sedangkan ABK ialah anak yang mengalami/memiliki gangguan dalam hal komunikasi.
7.      Apa beda pendidikan inklusif dan pendidikan luar biasa?

pendidikan inklusif lebih menekankan pada sistem yang ada di sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak. sedangkan pendidikan luar biasa lebih menekankan pada ABK yang menyesuaikan dengan sistem yang telah ada di sekolah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship