-->

Lloyd Noel Ferguson, Perintis Pendidikan Kimia Kaum Kulit Hitam


Lloyd Noel Ferguson dilahirkan pada tanggal 9 Februari 1918 di Oakland, Kalifornia. Seperti halnya depresi luar biasa yang terjadi dikala itu, keluarganya kehilangan segalanya dan harus memulai dari nol. Namun, ia bisa untuk membeli peralatan kimia ketika ia berusaha 12 tahun dan memulai percobaan dalam gudang yang dibangun di halaman belakang. Ketika ia di SMU, ia berbagi sejumlah produk yang berguna, menyerupai anti nyamuk, penghilang noda, pemoles perak, yang ia jual. Guru kimianya di SMU mengenali kemampuannya dan memberinya semangat untuk melanjutkan kuliah dan mengejar kimia sebagai karir.
Setelah Fergusan lulus dari SMU, ia bekerja sebagai kuli pengangkut barang di Perusahaan Jalur kereta api Pasifik Selatan untuk menabung uang sehingga ia bisa kuliah di Universitas Kalifornia, Berkeley. Ia menerima gelar B.S  dalam bidang kimia pada tahun 1940 dan gelar Ph.D. pada tahun 1943. Ia ialah orang Afrika Amerika pertama yang meraih gelar doktor kimia di sana. Masih di Berkeley, ia bekerja dengan tim Melvin Calvin untuk berbagi tipe senyawa  hemoglobin  yang bisa mengikat dan melepaskan  oksigen dengan cepat dan reversibel. Perusahaan Monsanto melanjutkan pengembangan dan pembuatan material ini dalam skala besar di kelautan sebagai sumber oksigen.
Lloyd Ferguson menikahi Charlotte Welch sesaat sebelum ia meninggalkan Kalifornia untuk mendapatkan jabatan di kampus Agrikultural dan Tekhnik Departemen Kimia Karolina Utara. Kira-kira dua tahun kemudian, ia mendapatkan jabatan di Universitas Howard di Washington DC, dan menetap di sana sampai tahun 1965. Ketika di Howard, ia mempublikasikan dua buku teks kimia, yang lalu menerima beasiswa Guggenheim, menjadi ketua Departemen Kimia dan memulai penelitian mengenai pengecapan rasa. Selama masa kepemimpinannya, ia melengkapi kegiatan doktor pertama di bidang kimia sebagai orang hitam.
Ferguson selanjutnya bergabung dengan Universitas Departemen Kimia Kalifornia di Los Angeles dan juga menjadi ketua Departemen selama tiga tahum. Di sini ia bekerja untuk kegiatan merekrut mahasiswa minoritas prakuliah semoga tertarik pada bidang sains. Sebagai tambahan, ia ialah pendiri Organisasi Ahli Kimia dan Insinyur Teknik Kimia Berkulit Hitam Nasional, dan ia mengetuai ACS divisi pendidikan kimia pada tahun 1980.
Lloyd Noel Ferguson pensiun dari Universitas Kalifornia di Los Angeles pada tahun 1986.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship