-->

Keistimewaan Angka Ganjil

KEISTIMEWAAN ANGKA GANJIL

Angka ganjil yakni angka yang tidak habis dibagi dua. Angka ganjil termasuk angka yang menarik dan istimewa, terbukti dari beberapa hal penting yang terjadi pada angka ganjil. Beberapa pola hal yang terjadi pada angka ganjil dalam islam diantaranya adalah:
1. Sholat witir yang biasa dilakukan tiga rakaat
2. Tarawih yang berdasarkan para ulama dilakukan 20 rakaat, ternyata diakhiri dengan witir. Begitu juga mereka yang melaksanakan tarawih 8 rakaat, mereka-pun meng-ahirinya dengan witir.
3. Ketika Nabi hijrah ke Madinah, pada bulan puasa, dia berperang dengan kelompok orang-orang kafir Makkah. Jumlah pasukan Nabi Saw tidak banyak, hanya 113. Angka ini sangat menarik, sebab jumlahnya gajil.
4. Peperangan itu terjadi sempurna pada tanggal 17 hari jum’at bulan Ramadhan (tanggal gajil). Pertempuran itu dimenangkan oleh kaum muslimin dalam tempo tidak terlalu lama.
5. Malam Lailatul Qodar yang terjadi pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan di malam ganjil. Pada malam malam tersebut, biasanya penduduk Arab berbondong-bondong menuju Makkah guna menyambut detik-detik turunnya al-Qur’an (Lailatul Qodar). Bukan hanya di Arab, disebagian pelosok Negeri, masjid-masjid penuh dengan jama’ah tarawih, sedangkan tangal genap banyak yang absen, sebab di anggab bukan malam yang sakral.
6. Jumlah rakaat sholat lima waktu yang berjumlah 17 rakaat.
7. Asmaul husnah yang berjumlah 99
8. Aqiqoh lebih afdhal dilakukan pada hari ke-7 sehabis hari kelahiran bayi walapun jikalau dilakukan pada hari lainnya diperbolehkan
9. Allah SWT juga membuat langit dan bumi tujuh lapis.
10. Allah juga mengakibatkan hari ada tujuh dalam sepekan.
11. Neraka Jahannam ada tujuh pintu.

Keistimewaan angka ganjil terdapat pada Hadits Hasan diriwayatkan oleh Abu Daud dan Turmudzi “Sesungguhnya Allah itu witir (esa / ganjil) dan suka pada yang ganjil”. Dan perlu diingat bahwa dalam Islam tidak dikenal angka keberuntungan ataupun angka pembawa sial. Semua angka atau bilangan baik genap maupun ganjil itu baik. Karena itulah arti pentingnya Allah SWT bersumpah dengan yang genap dan yang ganjil (QS. Al Fajr (89) : 1-3). 
Artinya :
1. demi fajar,
2. dan malam yang sepuluh,
3. dan yang genap dan yang ganjil,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship