-->

Cristiano Ronaldo


Kota kelahiran: 
Madeira, Portugal
Tanggal lahir: 
05/02/1985
Posisi: 
Penyerang
Berat badan: 
84.50 kg
Tinggi badan: 
186.50 cm
Kewarganegaraan: 
Portuguese



Cristiano Ronaldo lahir dan dibesarkan di lingkungan kelas pekerja di pulau Madeira milik Portugis. Dia secara resmi mulai bermain sepakbola pada tahun 2003 untuk Clube Futebol Andorinha de Santo Antonio. Pada usia sepuluh tahun, timnya terlihat lebih menonjol mulai mengekspresikan minat secara fenomenal. Ronaldo bergabung dengan Nacional da Ilha da Madeira, di mana ia meroketkan karirnya dan satu tahun lalu ia terbang Lisbon, di mana hasilnya ia bergabung untuk Sporting pada tahun 2001. Ia masih satu-satunya pemain dalam sejarah klub yang dipromosikan oleh empat tim perguruan tinggi hingga memulai debutnya dengan First Team dalam satu musim. Ronaldo mencetak dua gol di pertandingan pertamanya melawan Deportivo Moreirense dan lalu memenangkan Superliga pada tahun yang sama sebagai andalan First Season. Dan lalu menciptakan debutnya kembali di Eropa dalam kualifikasi Liga Champions melawan Inter.
Titik balik dalam karirnya yakni penampilan gemilangnya selama pertandingan persahabatan melawan Manchester United pada tahun 2001. Ferguson lalu mengakui bahwa para pemainnya tidak dapat berhenti berbicara wacana Ronaldo. Bahkan saat kembali ke Inggris, pemain dari orang-orang menyerupai Roy Keane dan Van Nistelrooy meminta secara tegas kepada untuk menandatangani Cristiano. Pengumuman resmi dibentuk satu ahad lalu sehabis ManU membayar sebesar £ 12.240.000 untuk seorang Roaldo, sebuah rekor biaya transfer yang luar biasa untuk seorang remaja.
Cristiano Ronaldo menyempurnakan keahliannya dalam tahun-tahun berikutnya dan juga berhasil menonjol untuk kecerdasannya dalam permainan dan fisik yang besar lengan berkuasa dan serta menarik. Dia berusaha untuk memenangkan Ballon d'Or, Sepatu Emas, penghargaan FIFA World Player, penghargaan FIFPro, the UEFA Club Forward of the Year distinction, dan menjadi top-scorer di Liga Champions.
Madridista hasilnya maju dan menciptakan debut internasional Cristiano menanjak pada 20 Agustus 2003 melawan Kazakhstan dan semenjak itu menjadi kapten Portugal, yang ia pimpin ke panggung Piala Dunia 2010.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship