-->

14 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

14 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis


Faktor kegagalan usaha- Ketika akan memulai ber wirausaha, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan yakni kegagalan. Kegagalan dalam sebuah bisnis yakni salah satu hal yang paling ditakuti oleh semua pengusaha atau pelaku bisnis. Tidak ada pengusaha yang menginginkan sebuah kegagalan dalam menjalankan sebuah  bisnis.

14 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

Mengetahui penyebab kegagalan dalam bisnis yakni sebuah pengalaman tersendiri biar Anda sanggup menemukan cara untuk mengantisipasinya. Memang kegagalan dalam dunia bisnis adalah hal yang masuk akal dan bisa saja terjadi pada siapa saja, tapi Anda juga sanggup memanimalisir kegagalan tersebut dengan melaksanakan banyak sekali upaya pencegahan dan pemecahan masalah.

Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Suatu Usaha 


Penyebab kegagalan bisnis itu sanggup dari mana saja, baik  dari faktor internal maupun dari faktor eksternal.
Namun dari banyaknya faktor-faktor penyebab kegagalan tersebut, faktor internal lah yang paling banyak memberi donasi suatu kegagalan dalam bisnis.

Lalu Apa saja yang sanggup menjadi faktor penyebab kegagalan dalam suatu usaha/bisnis??

Berikut ini Faktor penyebab kegagalan dalam suatu bisnis/usaha yang Wajib Anda ketahui.

1. Perencanaan yang kurang matang

Dalam menjalankan bisnis, perencanaan yakni salah satu hal penting yang harus dilakukan pertama kali.
Untuk itu tentukan dulu visi, misi, dan tujuan bisnis yang akan Anda geluti. Termasuk juga menggali info lebih banyak wacana seluk beluk bisnis tersebut, bagaimana dan di mana membeli materi baku, siapa saja yang akan menjadi konsumen, serta di mana dan bagaimana memasarkannya.

Intinya, bila ingin bisnis tetap bertahan jangan memulai bisnis sebelum Anda melaksanakan perencanaan yang matang. Karena dengan melaksanakan perencanaan yang matang, Anda sanggup menentukan bagaimana bisnis Anda mencapai tujuannya. Selain itu, Perencanaan juga sanggup digunakan sebagai alat pengendalian kegiatan operasional perusahaan.

Dengan adanya suatu perencanaan, maka Anda juga akan sanggup menentukan dan menetapkan apa saja kegiatan yang harus dilakukan, serta melaksanakan seluruh kegiatan yang direncanakan secara teratur sesuai dengan tahapan yang ditentukan. Jika perencanaan bisnis tidak dipikirkan dengan matang, hal ini akan berdampak pribadi pada kegiatan operasional bisnis yang sanggup menjadikan suatu kegagalan bisnis.

2. Tak Memahami Usaha yang Dijalankan

Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya Anda mengenal beberapa hal seputar bisnis/usaha yang akan dilakukan. Dan tentu saja akan lebih baik lagi bila bisnis/usaha tersebut cocok dengan bidang ilmu dan minat/hobby Anda.

Membangun bisnis/usaha tidak hanya sekedar memproduksi barang atau jasa, tetapi kita juga harus mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat lua, berapa banyak quantiti dan frekuensi permintaan, serta hal terkait lainnya. Sebenarnya Anda tak harus seorang andal di bidang bisnis yang akan dilakukan, namun setidaknya Anda pernah berhubungan dengan orang lain dan punya pengalaman di bidang tersebut.

3.  Tidak Berani Mengambil Risiko

Tiap kegiatan niscaya memiliki sebuah risiko, salah satunya kegiatan bisnis. Banyak pengusaha yang gagal menjalankan bisnis lantaran tidak berani mengambil risiko, contohnya risiko dalam permasalahan keuangan, risiko dalam menghadapi persaingan,  dan lain sebagainya.

Jika Anda termasuk salah satu pengusaha yang tidak berani mengambil risiko, berarti mental Anda belum siap menjadi seorang pengusaha. Kenyataannya, kebanyakan orang berhasil yaitu lantaran mereka berani mengambil risiko.

4. Menjalankan Bisnis cuma sekedar coba-coba

Ketika akan membangun suatu kerajaan bisnis, seharusnya Anda sudah siap dengan kiprah berat yang akan menguras tenaga dan pikiran. Karena dalam perjalanan bisnis, niscaya Anda akan bertemu dengan rintangan berat yang harus dilalui.

Semua rintangan itu tidak sanggup dilalui bila Anda hanya sekedar coba-coba dalam memulai usaha. Maka dari itu, sebaiknya semenjak awal Anda harus punya niat untuk menjalankan bisnis/usaha tersebut dengan serius lantaran bisnis yang hanya sekedar coba-coba biasanya akan cepat gagal.

5. Tidak berpengalaman dalam hal pemasaran

Di jaman digital ibarat ketika ini masih ada bisnis yang terjebak dalam pemasaran secara tradisional. Memang, pemasaran dengan metode tradisional masih efektif untuk diterapkan dalam bisnis tertentu. Namun, dengan tidak memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran maka suatu bisnis akan kehilangan banyak konsumen.

Pemasaran yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, bila tidak berpengalaman dalam pemasaran, sanggup menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kegagalan dalam usaha.

Dengan Merekrut tenaga profesional dalam hal pemasaran yakni langkah yang sangat tepat, tidak hanya untuk bertahan tapi juga untuk maju dan berubah menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

6. Tidak Bisa Mengelola Administrasi dan Keuangan

Dalam menjalankan usaha, menciptakan sebuah kebijakan dalam menentukan keputusan strategis wajib berlandaskan catatan manajemen dan berbasis data. Anda tidak sanggup mengandalkan insting dan naluri saja. Hal yang sama juga berlaku dalam hal keuangan.

Ada banyak sekali kasus dimana para pengusaha menjalankan bisnis mereka tanpa punya data keuangan yang baik. Hal hal yang demikian menciptakan si pengusaha tidak sanggup  mengkorelasi antara keuntungan, penjualan, dan pengeluaran.

Tidak memiliki data yang akurat dalam hal manajemen dan keuangan akan menciptakan potensi penyalahgunaan di tingkat bawah sanggup terjadi tanpa diketahui oleh si pengusaha. Dan hal ini sanggup menjadi salah satu faktor kegagalan wirausaha.

7. Tak Berani Mencoba

Mencoba hal-hal gres tentu sanggup memperlihatkan suatu pandangan gres dalam menjalankan sebuah bisnis. Tetapi, banyak pengusaha yang sudah nyaman berada di areanya, sehingga tak berani mencoba hal baru. Walaupun orang yang berhasil ialah orang yang mencoba hal baru.

Jika Anda berani mencoba dan terus berupaya, tak ada kata tak mungkin dalam sebuah bisnis, tapi seandainya Anda tak mulai mencoba, telah niscaya Anda tak akan pernah sukses. Dengan berani mencoba, Anda sama dengan sudah membikin suatu kemajuan dalam sebuah bisnis. Jadi, mulai sekarang hilangkan rasa ketakutan Anda, dan membuang rasa kuatir akan sebuah kegagalan.

8. Kurangnya Pemahaman Dalam Pengadaan Bahan Baku dan Sarana

Cukup banyak pengusaha yang mengawali bisnis dengan melaksanakan kekeliruan ketika membeli materi baku, semisal membeli terlalu banyak materi baku. Membeli materi baku semestinya mengamati usul atau keperluan dari konsumen, sebaiknya tak berlebihan lantaran sanggup terbuang percuma.

Selain itu, pemahaman dalam pemeliharaan materi baku yang telah dibeli juga seharusnya menjadi perhatian penting supaya tak cepat rusak.

9. Tidak Dapat Mengelola Modal dan Mengelola Kredit

Seorang pengusaha sebaiknya mengetahui bahwa modal tak harus seputar uang. Jadi, hindari kredit ke bank secara berlebihan lantaran akan menjadi beban pengeluaran di masa depan. Kalau harus meminjam modal dari bank, sebaiknya sesuaikan dengan keperluan dan juga kesanggupan dalam membayar.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati bila memperlihatkan pending payment terhadap konsumen, lantaran tidak semua konsumen sanggup membayar sesuai kesepakatan. Pisahkan antara modal bisnis/usaha dan juga uang untuk keperluan pribadi Anda. Tak jarang hal ini sanggup memicu permasalahan keuangan dan menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kegagalan dalam usaha.

10. Mudah sekali Menyerah

Setelah Anda mencoba untuk mengawali hal-hal gres untuk memaksimalkan bisnis, jangan gampang mengalah ketika suatu kegagalan datang. Karena gampang mengalah akan menciptakan Anda semakin bersahabat dengan kegagalan.

Teruslah berusaha dan motivasi diri sendiri untuk mewujudkan sesuatu hal yang ingin dicapai oleh bisnis Anda, dan jangan pernah berhenti di tengah jalan.

Karena dengan berhenti di tengah jalan, Anda sama saja sudah menyia-nyiakan semua sesuatu yang telah Anda lakukan. Tanamkan dibenak Anda bahwa suatu kegagalan merupakan hal yang wajar, dan tiap-tiap orang yang berhasil niscaya pernah mengalami kegagalan.

11. Sumber Daya Manusia yang Kurang Berpengalaman

SDM yang punya pengalaman atau wawasan kewirausahaan yang baik akan menciptakan mereka bekerja lebih baik. Sebab, memposisikan dirinya tidak cuma sebagai karyawan namun juga orang yang kuat dalam keberhasilan bisnis yang dikelola.

Jangan pernah menjadikan karyawan Anda ibarat robot yang harus selalu menunggu perintah dari Anda. Apabila memungkinkan berikanlah aba-aba biar mereka bekerja layaknya seorang pemilik usaha, memperlihatkan tantangan untuk analisa perbaikan, dan memperlihatkan kejutan atau hadiah bagi karyawan yang berprestasi.

Dengan menempatkan karyawan pada posisi yang pas tentu saja akan menciptakan mereka menjadi lebih ideal dalam bekerja.

12. Tak fokus Pada Bisnis yang Dijalankan

Konsistensi dan ketekunan merupakan faktor yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Pebisnis yang sukses yakni mereka yang selalu fokus dalam menjalani bisnis mereka.

Dengan fokus pada bisnis yang dijalankan, maka Anda akan sanggup mengetahui apa saja potensi dan kekurangan pada bisnis/usaha yang dijalankan. Selanjutnya, Anda akan sanggup lebih paham apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan potensi bisnis/usaha dan memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis/usaha tersebut.

13. Tak Percaya Diri

Hal ini umumnya akan dialami ketika otak Anda dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif. Tak percaya diri biasanya akan mengakibatkan rasa takut ketika Anda harus mengambil sebuah keputusan atau mengalah ketika mengalami kegagalan.

Dengan memiliki rasa tidak percaya diri, Anda sama saja melewatkan suatu peluang yang tiba terhadap Anda.

Untuk mengurangi risiko kegagalan, cobalah untuk percaya bahwa Anda niscaya sanggup meraih kesuksesan dan percaya bahwa segala keputusan yang Anda pilih ialah keputusan terbaik yang pernah Anda ambil.

14. Terlalu Terburu-buru

Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan lantaran terburu-buru dalam menjalankan suatu bisnis, contohnya terburu-buru dalam berbagi bisnis.

Perlu diingat, bahwa semua sesuatu yang dikerjakan dengan terburu-buru umumnya akan membawa hasil yang kurang baik.

Jadi, sebelum menciptakan keputusan atau menjalankan sesuatu, cobalah untuk dipikirkan dengan baik dan buat aktivitas dengan matang. Dengan begitu, risiko kegagalan dalam bisnis Anda akan berkurang dan laba pun akan segera datang.

Penutup !!


Itulah tadi beberapa faktor penyebab kegagalan dalam suatu bisnis/usaha yang harus Anda ketahui.

Namun, hal yang terpenting bukanlah hanya mengetahui penyebab kegagalan bisnis/usaha tersebut tapi bagaimana Anda sanggup kembali bangun dari kegagalan tersebut.

Dengan Melakukan evaluasi, perbaikan, dan menata kembali bisnis yang dijalankan. Supaya sanggup bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis, Agar menjadi Seorang Pengusaha Sukses

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship