-->

PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANISAN DARI TERUNG NAN SEHAT

Assalamualaikum. Kali ini postingan sesi proposal usaha makanan seperti halnya proposal di postingan sebelumnya. Proposal usaha makanan kali ini membahas usaha manisan namun uniknya adalah dari terung. Tentu makanan satu ini sudah tidak asing lagi karena suda biasa dan menjadi umum terutama bagi masyarakat Indonesia. Oke, langsung ke TKP

PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANISAN DARI TERUNG NAN SEHAT

PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANISAN DARI TERUNG NAN SEHAT

A. LATAR BELAKANG MASALAH 

Terung merupakan jenis sayuran yang banyak dibudidayakan untuk bahan makanan. Terung dengan nama bahasa latin Solanum melongena L sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Selain karena memiliki citarasa yang khas, terung juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, yaitu mengandung vitamin A, B1, B2, C, P, dan Fosfor. Selain itu Kegunaan lain dari terung adalah sebagai bahan obat tradisional, antara lain untuk obat gatal-gatal pada kulit, obat sakit gigi, wasir, tekanan darah tinggi, pelancar air seni, serta dapat dipercaya dapat memperlancar proses persalinan jika dikonsumsi sebelum masa persalinan. Hasil kajian dari pusat Penelitian Tanaman Industri dan Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), menunjukkan jenis terung diantaranya S.laciniatum, S.khasianum, dan S.grandiflorum memiliki senyawa alkaloid “solanin” atau disebut juga “solasodin” yang berkisar antara 2,0%  hingga 3,5%. Senyawa ini biasa digunakan sebagai bahan baku untuk obat steroid dalam kontrasepsi oral Keluarga Berencana (KB), sehingga terung jenis tersebut dinamakan “terung KB”. 
PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANISAN DARI TERUNG NAN SEHAT

Kandungan protease (tripsin) pada terung dipercaya dapat menolong malawan serangan zat penyebab kanker. Pada penelitian yang lebih spesifik, terung dikatakan bagus untuk mengurangi risiko penyakit kanker perut. 

Manisan adalah jenis makanan yang sangat populer. Pada umumnya manisan dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah-buahan, yaitu pepaya, nanas, mangga dan jenis buah-buahan yang lainnya. Namun karena terung ini mempunyai beberapa manfaat yang sangat penting, maka alangkah baiknya terung juga harus dikonsumsi oleh kita. Rasa terung yang memang dirasa oleh kebanyakan orang adalah gatal jika dimakan langsung atau dimasak, maka dengan pengolahan dibuat manisan maka rasa gatal dari terung tersebut akan hilang karena ditambahkan dengan beberapa macam bahan yang lain. Oleh karena itu, terung yang memiliki banyak manfaat sangat baik sekali untuk kita konsumsi dengan tanpa khawatir rasa gatal karena diolah secara baik juga dengan rasa yang berbeda yaitu manis. 

Kini usaha makanan manisan terung semakin banyak dilakukan oleh masyarakat, karena cara budidaya terung cukup mudah serta harga yang seimbang. Sehingga, untuk usaha pembuatan manisan dari terung sangat mudah dilakukan karena persediaan terung cukup memenuhi. 

B. PERUMUSAN MASALAH 

Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka timbul permasalahan sebagai berikut : 
  1. Bagaimana pengolahan agar terung (Solanum melongena L) tidak meninggalkan rasa gatal saat dimakan? 
  2. Bagaimana cara pembuatan manisan dengan berbahan dasar terung agar menjadi makanan yang memiliki rasa yang enak serta bergizi dengan kemasan yang baik agar dapat menarik bagi konsumen? 

C. TUJUAN PROGRAM 

Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah: 
  1. Menjadikan terung sebagai bahan dasar pembuatan manisan dan memberikan informasi tentang pembuatan manisan dari terung. 
  2. Meningkatkan nilai ekonomis terung. 
D. LUARAN YANG DIHARAPKAN 

Luaran yang diharapkan dari Program Kreativitas Mahasiswa ini adalah khususnya agar adanya kreatifitas yang bisa dilakukan oleh mahasiswa khususnya dalam mengembangkan wirausaha pembuatan manisan dengan bahan pokok terung, serta menaikkan nilai ekonomis terung. 

E. KEGUNAAN  
  1. Menumbuhkan minat peserta Program Kretativitas Mahasiswa Kewirausahaan agar mahasiswa mempunyai skill yang aplikatif dalam berwirausaha.  
  2. Memberikan informasi bahwa terung (Solanum melongena L)  dapat menjadi salah satu bahan dasar pembuatan manisan dengan kadungan gizi yang cukup tinggi. 
  3. Memberikan informasi panduan cara pembuatan manisan dari bahan dasar terung (Solanum melongena L). 

F. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA MANISAN TERUNG

Proposal usaha makanan manisan terung ini diharapkan dapat menghasilkan manisan terung yang bermanfaat dengan memiliki rasa yang enak, kandungan gizi yang kompleks serta pengemasan yang baik agar menarik para konsumen. Gambaran umum rencana usaha yang akan dilaksanakan dalam pembuatan manisan terung ini adalah melalui tahap-tahap sebagai berikut: 

1. Survey lapangan
Sebelum penyusunan proposal usaha makanan ini perlu dilakukan sruvei lapangan, yaitu dilakukan dalam dua bagian yaitu survey pasar dan survey harga alat dan bahan. Survey pasar dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya produk manisan dari terung yang dijual, sehingga jika ditemui tidak adanya yang menjual manisan terung atau minimal walaupun ada persaingan pasarnya tidak terlalu ketat. Kemudian survey harga alat dan bahan dilakukan ke beberapa pasar dan dibandingkan dari harga serta kualitasnya. Analisis kelayakan usaha bernilai potensial karena tidak ditemui produk ini di pasaran. Terung yang hanya melulu dibuat sayur dengan paduan rasa gurih diciptakan dengan rasa baru dengan adanya usaha manisan terung serta keberadaannya yang mudah diperoleh juga meminimalisir biaya produksi sehingga dapat dijual dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat bawah sekalipun. Dengan harga terjangkau diharapkan dapat menjaga kontinuitas produksi dan meningkatkan permintaan pasar tentu saja dengan kemasan yang menarik dan rasa produk. 

2. Pembelian alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan manisan terung. 

3. Pelaksanaan kegiatan yaitu proses pembuatan manisan terung, packing manisan serta pemasaran.  

4. Evaluasi pelaksanaan dilakukan setelah proses usaha dari penjualan manisan terung dilakukan. Evluasi ini meliputi daya beli dari konsumen, keuntungan atau kerugian. Dari evaluasi tersebut akan diperoleh kesimpulan apakah usaha penjualan manisan terung ini akan dilanjutkan atau tidak. 

G. METODE PELAKSANAAN USAHA MANISAN TERUNG

1. Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan 
Proposal usaha makanan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan dimana pelaksanaan pembelian alat-alat dimulai pada bulan kedua serta evaluasi dilaksanakan pada bulan keenam. Pada setiap bulannya, proses produksi dilakukan 4 hari (seminggu sekali) dan dilaksanakan di tempat kostan. Pemasarannya di wilayah sekitar kampus  Universitas Jenderal Soedirman, serta sasaran utama konsumennya adalah para mahasisiwa. 

2. Bahan  
Pembuatan terung (Solanum melongena L) dilaksanakan menggunakan resep sebagai berikut: 
  • 10 kg terung 
  • Essens secukupnya 
  • Gula pasir  5 kg 
  • Vanilli secukupnya 
  • Garam 
  • Air 
  • Kapur sirih 
  • Asam sitrun 
3. Alat 
Alat yang digunakan dalam pembuatan manisan ini adalah: 
  •  Pisau  
  •  Garpu 
  •  Wajan 
  •  Baskom 
  •  Plastik (untuk pengemasan manisan yang siap dijual) 

4. Cara Membuat Manisan dari Terung

  •  Terung dipotong-potong, bentuk disesuaikan dengan selera. 
  •  Tusuk-tusuk terung  menggunakan garpu. 
  •  Rendam terung dalam air kapur selama 2/3  jam. 
  •  Buang air rendaman kapur, lalu taburi dengan garam. 
  •  Siapkan wajan yang berisi air mendidih, lalu masukkan terungnya. 
  •  Air dalam wajan dibuang, lalu ditambahkan lagi dengan air mendidih yang baru. 
  •  Masukkan gula, garam, vanilli, dan sitrun, aduk sampai airnya menguap. 
  •  Dinginkan beberapa menit 
  •  Kemas manisan terung tersebut dalam plastik  Siap untuk dijual. 
Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Proposal Usaha Makanan Manisan Terung
Berikut rancangan biaya proposal usaha makanan manisan dari terung

Demikian sesi proposal usaha makanan yang kali ini membahas manisan terung. Jika sobat menginginkan file proposal dalam bentuk Pdf dapat mendownload secara gratis di link di bawah ini. Semoga bermanfaat



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship