-->

PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA

Semenjak satu bulan yang lalu, saya kepikiran untuk mengaktifkan blog saya ini kembali karena beberapa hal yang salah satunya ada dua orang teman saya yang mengajak untuk menulis di blog. Dulu awal-awal saya ngeblog memang hanya iseng atau mungkin waktu itu ada tugas sekolah. Hingga pada akhirnya sempet saya lanjutin di sela-sela kuliah sampai fakum kembali tahun 2015. Baru kemaren Desember 2018 saya berniat mengaktifkan blog ini (dari blogspot saya ubah ke TLD saat ini). Blog akan kembali saya posting dengan berbagi konten yang menjadi unggulan blog ini yakni seputar Kuliah dan Bisnis.

Postingan kali ini adalah lanjutan terkaitan proposal usaha makanan. Ada beberapa postingan sebelumnya, mungkin nanti akan saya buatkan tag / label biar pembaca mudah dalam mencari artikel yang terkait dengan bab proposal usaha makanan. Label bisa dicari di sisi sebelah kanan tentang proposal usaha makanan. Lets check it out.

PROPOSAL USAHA MAKANAN / MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA

PROPOSAL USAHA MAKANAN – MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dewasa ini industri makanan kecil semakin berkembang. Perkembangan industri makanan kecil ini disebabkan karena permintaan pasar yang terus meningkat. Permintaan pasar ini mengharuskan industri makanan kecil untuk terus berkreasi dan berinovasi agar mampu memenuhi permintaan pasar yag tak terbatas akan makanan kecil. Kreasi dan inovasi baru makanan kecil terus berkembang dari segi jenis, rasa, bahan dasar, olahah, dan kemasan yang unik-unik.

Salah satu makanan ringan yang terus bervariasi dari segi jenis dan rasa adalah makanan ringan yang berbahan baku singkong. Singkong merupakan jenis ubi yang mudah diolah menjadi makanan ringan dengan rasa yang enak dan disukai masyarakat. Selain itu, singkong memiliki kandungan gizi yang cukup banyak diantaranya yaitu kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, besi, lemak, dan vitamin B1. Salah satu makanan ringan berbahan dasar singkong yang banyak digemari masyarakat yaitu manggleng. Manggleng dapat dinikmati sebagai teman bersantai, menonton televisi, berkumpul bersama keluarga dan teman, atau untuk acara hajatan. Namun rasa manggleng yang ditawarkan pasar sekarang ini hanya pedas manis. Oleh karena itu, penulis berniat untuk membuat industri rumah tangga makanan kecil manggleng dengan rasa baru antara lain rasa keju, pizza, barbeque (BBQ), jagung manis, dan tiramisu (coklat susu) namun tetap ada rasa original yaitu pedas manis. Dengan variasi rasa ini, diharapkan dapat menarik lebih banyak masyarakat untuk mengonsumsi manggleng beraneka rasa. 

B. PERUMUSAN MASALAH 

Atas dasar permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam program ini adalah diperlukannya dana, tenaga, proses produksi dan cara penjualannya untuk merealisasikan rencana produksi makanan MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA dan sekaligus untuk menjadikannya usaha yang menguntungkan.

C. TUJUAN

Tujuan dari perintisan manggleng singkong aneka rasa adalah agar dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk melihat peluang bisnis dan memanfaatkannya yang kemudian dapat menjadi lahan untuk membuka peluang kerja dan mendapatkan keuntungan serta ikut menghidupkan perekonomian. Satu keberhasilan seorang mahasiswa dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk meniru langkah serupa. Selain itu dapat menjadikan manggleng singkong aneka rasa sebagai salah satu jajanan pasar yang murah, enak dan mudah didapat.

D. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Hasil akhir yang akan dicapai adalah pengembangan usaha manggleng singkong aneka rasa oleh penulis sehingga dapat dijadikan sebagai penghasilan dan membuka peluang kerja baru. Program ini dapat dijadikan pengasahan jiwa kewirausahaan sejak dini sehingga penulis mampu mandiri.

E. KEGUNAAN

Program ini diharapkan dapat memberikan kegunaan  sebagai berikut:
  1. Pengembangan inovasi varian rasa manggleng.
  2. Meningkatkan kemandirian mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang kreatif dan inovatif.
  3. Menciptakan  lapangan pekerjaan baru.
  4. Menjadikan sumber penghasilan bagi mahasiswa.

F. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Gagasan menciptakan usaha ini disebabkan oleh tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan kecil, oleh karena itu penulis berencana membuat produksi makanan kecil berbahan baku singkong. Singkong merupakan bahan baku yang mudah didapat karena bukan termasuk tanaman musiman yang hanya dapat berbuah pada musim tertentu. Selain itu, proses produksi dalam mengolah singkong ini termasuk mudah dan dapat dilakukan oleh produksi rumah tangga kecil. Pemasaran produk ini tidak sulit karena banyaknya masyarakat yang suka, wilayah pemasaran produk ini di daerah Purwokerto dengan sasaran masyarakat Purwokerto dan sekitarnya serta mahasiswa. Dengan harga singkong yang murah, dapat diperoleh keuntungan yang cukup untuk nantinya dapat mengembalikan modal serta menjamin keberlanjutan usaha ini.

Berdasarkan SWOT Analysis, beberapa hal yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut :

Strength
  1. Bahan baku singkong murah dan mudah didapat.
  2. Kebanyakan masyarakat menyukai olahan berbahan baku singkong.
  3. Kebutuhan terhadap produk manggleng masih cukup besar, pangsa pasarnya masih cukup luas dan beragam.
Weakness
  1. Usaha baru yang harus mencari pelanggan dari awal.
  2. Banyak yang mengangap singkong sebagai makanan “ndeso”.
Opportunity
  1. Permintaan pasar yang semakin meningkat dalam hal makanan yang enak, murah, dan mudah didapat.
  2. Jarangnya pasar yang menyediakan manggleng aneka rasa.
  3. Peluang usaha dengan modal sedikit dan bisa memperoleh hasil yang besar.
Threat
  1. Harga barang dasar yang semakin meningkat.
  2. Munculnya  pesaing-pesaing baru.

G. METODE PELAKSANAAN 

Adapun metode pelaksanaan program memproduksi makanan ringan MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA melalui beberapa tahap sebagi berikut :

1. Persiapan
  • Membeli alat- alat yang dibutuhkan seperti wajan, pengukus, kompor, gas, alat pemotong, pisau, serok, soled, tampah, ember, timbangan, baskom plastik, dan pengepres.
  • Membeli bahan-bahan dasar pembuatan manggleng.
2. Pelaksanaan
      
a. Membuat manggleng singkong aneka rasa.
       Tahapan membuat manggleng dari singkong
  • Siapkan singkong yang memiliki kondisi fisik bagus (pada kondisi lain membuat singkong bisa dari sisa singkong rebus yang tidak dimakan)
PROPOSAL USAHA MAKANAN – MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA
  • Singkong direbus hingga tekstur masak agak kenyal
  • Iris singkong tipis-tipis dengan mengikuti serat singkong. (hal ini berpengaruh terhadap kecepatan pengeringan)
  • Keringkan irisan singkong di nampan atau wadah lainnya
  • Balik irisan singkong setiap 3 jam sekali hingga keringnya merata
  • Manggleng singkong aneka rasa siap di goreng
  • Penggorengan dilakukan dengan suhu yang panan
  • Sebelum menggoreng tambahkan bumbu garam dan bawang
  • Bumbu dilarutkan dalam air
  • Bubuhkan satu sendok larutan tiap menggoreng
  • Atau bisa juga dengan memberi bumbu terpisah yang biasa dijual di pasaran seperti bumbu balado, BBQ, jagung bakar dan lain sebagainya.
b. Mempromosikan manggleng singkong aneka rasa di lingkungan kampus dan lingkungan sekitar rumah.
c. Menitipkan manggleng singkong aneka rasa di warung-warung dan menjualnya di kampus.

3. Evaluasi
a. Menghitung jumlah manggleng singkong aneka rasa yang terjual secara keseluruhan
b. Menghitung seluruh keuangan dari mulai pemasukkan dan pengeluaran
c. Menghitung jumlah keuntungan yang didapat
d. Menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan seperti metode pemasaran,biaya produksi,media dan lain-lain
PROPOSAL USAHA MAKANAN – MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA

I. RANCANGAN BIAYA USAHA MANGGLENG SINGKONG

Rancangan biaya ini hanya sebatas pada kegiatan usaha produksi makanan yang akan dilakukan. Seluruh biaya yang ada dalam analisis ini adalah hanya sebuah estimasi pembiayaann. Harga-harga yang tercantum di dalamnya merupakan hasil survei dari perkiraan serta pengalaman dalam memproduksi makanan ringan tersebut.

Tabel 1. Rancangan biaya “MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA”
PROPOSAL USAHA MAKANAN – MANGGLENG SINGKONG ANEKA RASA

Demikian sesi postingan proposal usaha makanan yang membahas manggleng singkong. Semoga dapat menjadi inspirasi dan manfaat bagi pembaca. Sampai jumpa di sesi postingan proposal usaha makanan lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship