-->

PROPOSAL WIRAUSAHA LAMPU AKRILIK

PROPOSAL WIRAUSAHA LAMPU AKRILIK






Seni “GEMERLIP”  Lampu Akrilk
Disusun oleh :



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PURWOKERTO



BAB I. PENDAHULUAN

A.    JUDUL
Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik
Usaha seni-variasi-modivikasi aksesori berbahan dasar kaca akrilik untuk kendaran roda dua atau roda empat
B.     ANALISIS SITUASI
Purwokerto merupakan salah satu  kota yang modern di daerah Banyumas dengan masyarakat asli yang telah bercampur baur dengan mahasiswa yang berasal dari luar ataupun dari Banyumas itu sendiri, sehingga Purwokerto merupakan sebuah kota yang ramai dengan berbagai usaha baik itu bidang produksi barang atau jasa.
Purwokerto dengan jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang semakin meningkat setiap tahunnya, membuat usaha yang berhubungan dengan otomotif memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Diantara berbagai usaha di bidang otomotif, penjualan berbagai aksesori kendaraan bermotor baik roda dua mapun roda empat memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Jika dilihat di pasaran, produsen aksesori kendaraan terus melakukan berbagai pengembangan dan variasi, sehinga tidak pernah sepi dari buruan konsumen. Apalagi jika produk yang dibuat memiki keunikan tersendiri dan juga manfaat untk kendaraan, hal tersebut akan semakin menarik minat pemilik kendaraan untuk membelinya.
Saat ini aksesori kendaraan bermotor yang terbuat dari akrilik/acrilyc/polymethyl methacrylate atau bahan baku seperti kaca yang bening namun tidak mudah pecah, merupakan salah satu produk kreasi baru di bidang otomotif yang banyak diminati oleh para pengendara roda dua maupun roda empat. Bahan akrilik yang biasa dipakai untuk membuat plakat dan piagam ini dikreasikan menjadi produk aksesori kendaraan yang dapat memperindah tampilan kendaraan.
Pembuatan aksesori kendaraan bermotor berbahan akrilik dikreasikan dengan perpaduan lampu LED (Light Emiting Dioda) aneka warna sebagai sumber penerangan dalam akrilik untuk memperindah produk kreasi akriliknya.
Kini hadir di Purwokerto Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik, yang bergerak dibidang kreasi seni akrilik yang selain bisa untuk membuat variasi plat nomor kendaraan bermotor, juga bisa membuat kreasi aksesori akrilik seperti variasi logo klub motor, variasi alas kaki pada motor matik, variasi pelindung lampu, variasi desain klub bola, varasi plakat atau piagam, dan bermacam-macam variasi desain logo atau kata-kata kreasi akrilik lainnya. Dengan potensi dan kondisi wilayah yang mendukung usaha, seperti dengan banyaknya komunitas kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua, belum adanya pelaku usaha di pasaran, membuat usaha ini sangat  menjanjikan. Maka dari segi prospek usaha, tidak bisa dipungkiri lagi, usaha produk akrlik ini sangat menjanjikan, sama seperti produk aksesori kendaraan bermotor lainnya.

C.    PERUMUSAN MASALAH
Masalah yang sangat mungkin dihadapi dalam pengelolaan usaha ini adalah tidak laku di pasaran. Karena jenis usaha ini tergolong baru, jadi masyarakat belum banyak yang mengenal dan belum banyak yang mengetahui produk-produk Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik yang memiliki keunikan tersendiri dan juga manfaat untuk kendaraan serta desain kata-kata dan logo-logo yang menarik ini. Kemungkinan terburuk ini dapat kami atasi dan selesaikan dengan mempromosikan kepada semua kalangan masyarakat terutama kepada komunitas-komunitas pengendara motor baik roda dua maupun roda empat. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui media maupun secara langsung, memanfaatkan teman-teman, relasi di UKM dan berbagai organisasi ekstra kampus. Kami pun akan memberikan  layanan custom, yaitu kami melayani sesuai pesanan dan keinginan, pelanggan bisa secara datang lansung ke tempat usaha kami ataupun menghendaki untuk kita yang datang ke tempat pelanggan.
Kami menyediakan bahan untuk Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik dengan jumlah yang bertahap di bulan pertama hingga kedua kami menargetkan untuk 3 pemesan per hari, dan selanjutnya bisa kami tambahkan jika memang memungkinkan, jadi tidak ada yang sia-sia terhadap bahan-bahannya.
Di sisi lain beberapa potensi kemudahan sumber bahan baku dan peralatan produksi usaha yang dapat banyak ditemukan di toko-toko daerah Purwokerto maupun dari daerah lainnya, permintaan pasar yang cukup tinggi, proses pembuatan bisa sesuai pesanan pelanggan, resiko usaha dan modal yang digunakan relatif rendah serta iklim usaha yang bersahabat telah mendorong tumbuh dan berkembangnya sejumlah pengusaha aksesori motor di Banyumas mulai dari skala lapak pinggir jalan sampai yang skala toko aksesori besar.
Berdasarkan hasil pengamatan kami, keberadaan  usaha aksesori kendaraan sampai tahun 2013 sekarang ini masih tetap eksis. Walaupun di sisi lain cukup banyak usaha-usaha sejenis maupun berbeda yang berkembang, namun hal tersebut tidak mengakibatkan pengusaha-pengusaha aksesori kendaraan gulung tikar. Hal ini, menurut kami disebabkan oleh beberapa faktor utama, diantaranya mahasiswa UNSOED yang setiap tahunnya cenderung bertambah, semakin banyaknya kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, banyaknya juga komunitas-komunitas motor atau mobil, harga produk yang terjangkau, dan tersedianya bahan baku. Dengan demikian, selama faktor-faktor tersebut mendukung jenis usaha ini akan tetap bisa eksis.

D.    TUJUAN
Beberapa tujuan dari pengembangan usaha ini antara lain :
1.      Tujuan konseptor dan pendirinya adalah sebagai peningkatan keterampilan, kepemimpinan, kemampuan mengelola suatu usaha, dan penambahan pendapatan untuk menuju kemandirian dalam hal keuangan.

2.      Pekerja atau karyawan yang nantinya akan bekerja sama mengelola usaha ini adalah sebagai sumber (menambah) penghasilan, pengalaman kerja, dan mendapat keterampilan serta training berwirausaha.
3.      Selain itu, Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik juga bertujuan untuk memberi peluang bisnis pada mahasiswa lainnya serta masyarakat dengan cara bermitra
4.      Meningkatkan kualitas, kapasitas dan variasi produksi serta ekspansi pasar
5.      Menciptakan produk Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik yang variatif, inovatif, dengan harga terjangkau
6.      Membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kampus UNSOED sebagai wujud pemberdayaan masyarakat
7.      Meningkatkan motivasi jiwa wirausaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

E.     LUARAN
Luaran dari produk Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik ini adalah berupa seni-variasi-modivikasi aksesori kendaraan bermotor berbahan akrilik yang bisa dibuat menjadi beberapa jenis produk seperti plat nomor kendaraan, logo klub motor, alas kaki pada motor matik, pelindung lampu kendaraan, desain klub bola, garuda, plakat, piagam dan macam-macam desain logo atau desain kata-kata menarik lainnya. Selain itu, luaran produk Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik yaitu berupa bentuk kerjasama (mitra) dengan masyarakat dan mahasiswa yang  memiliki  keinginan berwirausaha dengan menggunakan lesensi brand kami.

F.       KEGUNAAN
Usaha Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik ini memiliki kegunaan dari beberapa sisi:
1.   Ekonomi          :Dengan usaha ini, selain memberi manfaat keuangan bagi konseptor (pengelola), memberi manfaat yang sama bagi karyawan sebagai tambahan penghasilan, juga memberi manfaat penghasilan kepada mahasiswa lain dan masyarakat yang bekerjasama menjadi mitra kami
2.      Sosial               :Sebagai salah satu  usaha untuk mengurangi masalah pengangguran dengan mempekerjakan karyawan atau memperdayakan masyarakat sekitar yang memang membutuhkan pekerjaan
3.      Pendidikan      :Sebagai praktik lapangan berwirausaha bagi konseptor dan karyawan sekaligus bagi masyarakat umum dan mahasiswa yang akan bermitra dengan usaha kami
4.      IPTEK             :Meningkatkan kreativitas dan inovasi produk dengan sentuhan teknologi. Serta memanfaatkan dan mengembangkan marketing on line melalui media jejaring sosial kami seperti facebook, blackberry messenger, twitter, dan blog



BAB II. PROFIL USAHA

A. Identitas Usaha
Nama usaha                   :Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik
Jenis usaha                    :Seni-variasi-modivikasi aksesori berbahan dasar kaca akrilik untuk kendaran roda dua atau roda empat
Produk                          :Plat nomor kendaraan, logo klub motor, alas kaki pada motor matik, pelindung lampu kendaraan, desain klub bola, garuda, plakat, piagam, dan macam-macam desain logo atau desain kata-kata menarik lainnya
Tempat usaha              :Jalan Soeparno Grendeng / Jalan H.R.Bunyamin
Waktu berdiri              :Setelah dana pengajuan diterima
Kapasistas produksi    :3 pesanan/hari (meningkat)
Jumlah tenaga kerja     :2 (dua) orang
Promosi/pemasaran   :Iklan di media kampus (LPM), jejaring sosial (Blackberry Messenger,Facebook, Twitter, dan blog), Leaflet-Pamflet-Sepanduk dan mouth to mouth.
B.IDENTITAS PENGUSAHA
a)      Nama ketua                 :Agus Rodiansyah
Fakultas/angkatan       :Ekonomi/2012
Pengalaman usaha       :    - Jualan alat pertanian
                                                     - Kuli bangunan
                 - Staff fundrising LAZIS MFAZA
b)   Nama anggota             :Sofyan Hadi
Fakultas/angkatan       :Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/2010
Pengalaman usaha       :Jualan alat pertanian di pasar
c)      Nama anggota             :Sahal Anifan
Fakultas/angkatan       :Peternakan/2012
Pengalaman usaha       :-Jualan Krupuk Singkong Rasa Kentang
                                     -Jualan bakso
C.STRUKTUR ORGANISASI USAHA




D.  SUSUNAN PERSONALIA DAN TUGAS KERJA

Posisi
Deskripsi tugas
Kompetensi
Agus Rodiansyah sebagai pimpinan usaha merangkap dengan manajemen administrasi& keuangan
1.   Bertanggungjawab terhadap kegiatan usaha yang dilakukan
2.   Melakukan komunikasi secara internal mupun eksternal dengan pihak-pihak terkait
3.   Mencatat transaksi dan dokumentasi serta melakukan analisi keuangan.
4.   Mengelola keuangan usaha secara transparan dan accountable
5.   Membuat laporan keuangan bulanan
1)  Mampu mengkoordinasikan segala sumber daya yang ada.
2)  berpengalaman dalam bidang bisnis
3)   Mampu mengoperasikan komputer (min. microsoft word & excel), memahami ilmu analisis keuangan
Sahal Anifan
sebagai manajemen produksi
1.   Bertanggungjawab terhadap penyediaan bahan baku sampai kelancaran proses produksi.
2.   Menentukan standar mutu produksi
3.   Koordinasi karyawan dan perawatan asset
Memahami teknik dan prinsip pengolahan produk
Sofyan Hadi sebagai manajemen pemasaran
1.   Menentukan sistem dan segmentasi pasar, kemasan, produk, dan riset pasar serta mampu menangani segala keluhan pelanggan
2.   Membangun dan mengembangkan pasar
3.   Bertanggung jawab terhadap distribusi produk
Koseptor dan berfikir analisis, mengenal daerah Purwokerto,


BAB III. ANALISIS KELAYAKAN USAHA

A.    ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
1. Wilayah Pemasaran
Wilayah pemasaran produk kami adalah di daerah sekitar kelurahan  Grendeng, kampus UNSOED dan Kota Purwokerto atau kota sekitarnya.
Kelompok Sasaran Pemasaran
Kelompok sasaran pemasaran produk diantaranya :
·         Konsumen Tipe A, kelas mahasiswa dan pelajar.
·         Konsumen Tipe B, kelas pegawai. seperti dosen, PNS dan pegawai swasta.
·         Konsumen Tipe C, kelas komunitas-komunitas kendaraan baik roda dua atau roda empat.
2.    Pesaing
Pesaing dari produk ini adalah berbagai macam produk aksesori motor/mobil dari skala lapak pinggiran maupun dari toko aksesori motor/mobil yang berskala besar.
3.    Strategi Pemasaran  
Strategi pemasarannya selain melalui mouth to mouth kepada relasi, kami juga mempromosikan produk ini dengan menyesuaikan kemajuan tekhnologi informasi. Banyaknya pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum  yang memiliki akun jejaring sosial menjadi salah satu kesempatan untuk mempromosikannya lewat jejaring sosial, seperti facebook, blackberry messenger, twitter, blog dan email. Kami pun akan melakukan kerjasama dengan komunitas motor/mobil di setiap event dan juga bisa menitip jualkan produk kreasi akrilik ini pada toko-toko yang memasarkan berbagai aksesori kendaraan bermotor karena di sana konsumen akan datang untuk mencari aksesori yang diinginkan. Selain itu, kami akan memberikan pelayanan custom yang membuat produk sesuai pesanan pelanggan.
Untuk menjaga kepuasan konsumen kami memberi garansi 6 bulan khusus untk lampu LED dan garansi selamanya apabila plat akrilik hasil produksi kami mengembun jika terkena cuaca dingin. Kami juga memiliki logo dan warna banner yang eye catching sehingga dapat menarik pengunjung.Tempat yang strategis membuat konsumen tertarik untuk datang dan kembali lagi memesan produk kami.
          Target pasar jangka panjang adalah memberikan produk yang inovatif, variatif, dan terus melakukan terobosan baik dalam bentuk maupun variasi. Hal tersebut perlu dilakukan agar pelaku usaha tidak tertinggal oleh perkembangan pasar otomotif yang bergerak cepat.

B.  ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Dalam pendirian suatu usaha ini diperlukan pengkajian mengenai kapasitas produksi, jenis teknologi yang digunakan, peralatan dan mesin-mesin yang digunakan. Dalam produksi, untuk menjaga konsistensi kualitas dan kuantitas produk dilakukan dengan manual dan mesin.
1.        Sumber Bahan Baku
Sumber bahan baku kami dapatkan dari toko-toko disekitar wilayah Kota Purwokerto atau dari kota lainnya.
Bahan baku produksi Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik:
-            Plastik akrilik polos                                  -    Baut
-            Lampu LED                                             -    Lem power glue
-            Kabel                                                       
-            Papan PCB
-            Pilok
-            Lakban
-            Tombol on-off
2.        Alat Produksi
Alat produksi Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik:
-          Gegaji                                                        -  Kayu           
-          Pisau cutter                                               -  Tang
-          Obeng                                                       -   Solder
-          Hair dryer                                                  -   Kunci pas ukuran 8-12
-          Gerinda                                                     -   Gunting
-          Bor kecil                                                    -   Lem bakar
-          Meteran                                                     -   Resistor
3.        Proses Produksi


Langkah-langkah membuat plat kendaraan Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik:
·         Menyiapkan peralatan dan bahan baku
·         Mengukur panjang dan lebar plat nomor kendaraan
·         Membuat cetakan yang terbuat dari kayu
·         Memotong bahan akrilik menggunakan gergaji sesuai ukuran ang telah ditentukan
·         Menghaluskan bagian pinggir akrilik bekas pemotongan dengan menggunakan gerinda
·         Membentuk lengkungan pada akrilik. Caranya letakkan cetakan yang sudah dibuat diatas akrilik, kemudian panaskan akrilik dengan menggunakan hair dryer, setelah panas kemudian lengkungkan akrilik tersebut sesuai dengan cetakan yang telah dibuat
·         Merakit lampu LED sebagai alat penerang agar plat nomor bisa terlihat menyala ketika digunakan. Caranya susun lampu LED pada papan PCB terlebih dahulu dengan mengunakan solder, hubungkan kabel pada semua lampu LED agar menyala secara bersamaan, yang bagus dalam satu plat nomor akrilik dibutuhkan 20 lampu LED
·         Memotong kembali bahan akrilik yang akan dipasang di bagian dalam lengkungan akrlik yang sudah dibuat. Dan untuk bagian dalam ini biasanya menggunakan dua lapis akrilik agar terlihat lebih tebal dan kuat.
·         Menempelkan plat yang asli pada akrilik bagian dalam
·         Tempelkan lampu LED yang sudah dirakit pada bagian pojok atas plat dengan menggunakan lakban agar lampu LED tidak mudah bergeser
·         Menyambungkan kabel yang telah terhubung dengan lampu LED pada kendaraan, menyambungkan dengan sumber kelisrikan pada kendaraan

Langkah-langkah membuat logo klub motor, desain klub bola atau desain macam-macam logo gambar dan tulisan berlapis akrilik lainnya Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik:
·         Menyiapkan peralatan dan bahan baku
·         Mendesain logo/gamar/tulisan yang akan dibuat, mendesain dengan software computer Corel Draw
·         Setelah desain siap, lalu logo/gambar/tulisan tersebut diprint ke papan lembaran akrlik
·         Setelah diprint di atas akrilik, kemudian logo/gambar/tulisan tersebut dipotong menggunakan gergaji sesuai dengan bentuk desain yang telah dibuat tersebut
·         Merakit lampu LED pada akrilik
·         Setelah dirangkai, kemudian masukan rangkaian tersebut ke tengah akrilik setelah itu, sambungkan kabel dari PCB ke resistor
·         Menyambungkan dengan kabel ke stop kontak/tombol on-off yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu apabila diperlukan
4.         Kapasitas Produksi
Kapasitas dilihat dari produksi minimum perhari, yaitu 3 pesanan/ hari.
5.        Pengawasan Mutu
Untuk masa awal pengembangan usaha pengawasan mutu berdasarkan sifat sensoris, dan efek yang ditimbulkan setelah pemasangan produk. Pengawasan ini dilakukan secara berkala melalui evaluasi produk per bulan yaitu berdasarkan keluhan konsumen melalui layanan konsumen maupun sebelum keluarnya produk kepasaran diuji terlebih dahulu.

C.  ASPEK MANAJEMEN USAHA
1.        Jumlah Pengelola Usaha
Jumlah pengelola usaha ini berjumlah 3 orang. Sistem kerjanya hampir seperti organisasi. Tiga orang pengelola tersebut dibagi menjadi satu  orang yang merangkap sebagai manajer administrasi dan keuangan, satu  orang  sebagai  manajer produksi, dan satu orang sebagai manajer pemasaran.
2.        Sistem Pembagian dan Waktu Kerja
Pembagian kerja ditinjau dari kesibukan mahasiswa pagi sampai sore, jadi apabila salah satu dari mahasiswa yang berhalangan, maka waktu kerja terjadwal sesuai dengan kesepakatan bersama antara mahasiswa. Waktu kerja 4-5 jam/hari atau 120-150 jam/bulan.
3.        Sistem Gaji/Upah
Karena mengawali sistem usaha yang masih baru dengan keterbatasan financial, kami tidak mengacu pada UMR (Upah Minimum Regional) Purwokerto, Jawa Tengah sebesar Rp. 795.000,-. Akan tetapi kami mengacu pada pendapatan maksimal usaha dengan bilangan Rp. 350.000/orang, sudah termasuk uang makan 1 kali/hari. Sebagai tambahan untuk menunjang kesejahteraan karyawan, kami menghadirkan sistem bonus di setiap bulannya ketika penjualan mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, kami pun menjamin kesejahteraan karyawan melalui dana sosial sebesar Rp. 10.000,- yang dipotong langsung dari upah untuk asuransi kesehatan dan tunjangan.

D.  ASPEK KEUANGAN (FINANSIAL)

Pemasukan
Usulan modal yang diajukan                                      Rp.8.611.600,-
Modal sendiri dari mahasiswa                        Rp.1.000.000,-
Investasi Awal                                                                       Rp.9.611.600,-
Kebutuhan     
Pralatan:
Gergaji @75.600 x 2                                                          Rp.   151.200,-
Pisau cutter @8.900 x 2                                                     Rp.     17.800,-
Bor kecil @ 148.600 x 2                                                    Rp.   297.200,-
Gerinda @ 45.700 x 2                                                        Rp.     91.400,-
Hair dryer @ 125.900 x 2                                                  Rp.   251.800,-
Meteran @ 45.250 x 2                                                       Rp.     90.500,-
Solder @ 70.850 x 2                                                          Rp.   141.700,-
Kayu papan @ 51.350 x 10                                               Rp.   513.500,-
Resistor @ 2.900 x 100                                                      Rp.   290.000,-
Tang @ 29.300 x 2                                                             Rp.     58.600,-
Obeng @ 50.550 x 2                                                          Rp.   101.100,-
Kunci pas 8-12                                                                   Rp.     75.900,-
Gunting @ 20.900 x 2                                                       Rp.     41.800,-
Lem bakar @ 75.850 x 2                                                    Rp.   151.700,-           
Sewa tempat usaha 1 tahun                                                Rp.2.500.000,-
Total                                                                                  Rp.4.774.200,-
Bahan-bahan :
Akrilik polos @ 290.990 x 10                                            Rp.2.909.900-
Lampu LED @ 40.000/kotak x 10                                    Rp.   400.000-
Papan PCB @ 90.550 x 10                                                Rp.   905.500-
Kabel @ 9.500/meter x 10                                                 Rp.     95.000,-
Pilok @ 22.500 x 10                                                          Rp.   225.000,-
Lakban @ 5.500 x 10                                                         Rp.     55.000,-
Tombol on-off @ 12.500 x 10                                           Rp.   125.000,-
Lem power glu @ 4.500 x 10                                            Rp.     45.000,-
Baut @ 7.700/kotak x 10                                                   Rp.     77.000,-
Total                                                                                  Rp.4.837.400-

Total Investasi Awal (Rp.4.774.200+ Rp.4.837.400)   =     Rp.9.611.600,-


Perhitungan Usaha dan Asumsi Pendapatan

a.    Pendapatan kotor dalam satu bulan

Penjualan min. 3 pesanan/hari x @ Rp. 200.000,- x 30 hari Rp. 18.000.000,-

Total Pendapatan Kotor Satu Bulan                              Rp.18.000.000,-

b.  Biaya Bahan Baku Satu Bulan
3 pesanan  x @ Rp. 98.000,- x 30 hari                                    Rp.  8.820.000,-

c.  Biaya Operasional
Upah Karyawan Rp. 350.000,-/ bulan x 2orang                     Rp.   700.000,-
Sewa Tempat/Bulan                                                                Rp.   210.000,-

Total Biaya Satu Bulan                                                    Rp.9.730.000,-

Laba Bersih Per Bulan
(Pendapatan Kotor – Biaya Bahan Baku dan Biaya Oprasional)

(Rp.18.000.000 – Rp.9.730.000)                               =          Rp.8.270.000,-

Break Even Point atau Balik Modal
(Investasi Awal/Laba Bersih Per Bulan)                     =          4-5 Bulan




BAB IV. RENCANA PENGEMBALIAN MODAL DAN KEBERLANJUTAN USAHA


Usaha kami dalam pengembalian modal menggunakan sistem angsuran. Sesuai dengan keterangan laba pada bab sebelumnya, maka kami akan mengangsur pengembalian tiap bulannya sebesar Rp. 900.000,- dalam kurun waktu 10 bulan di mulai dari bulan  Juni (satu bulan setelah buka usaha). 

Usaha kami dalam keberlanjutannya akan prospektif untuk jangka waktu di masa depan. Kami memikirkan tentang kekuatan (potensi) dan peluang bagi bisnis kami. Potensi yang kami miliki yang dapat kami gunakan untuk membuat Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik memiliki keunggulan kompetetif dan keunggulan komperatif terhadap pesaing.
Kekutan dan potensi kami untuk keberlanjutan usaha diantaranya adalah sebagai berikut:
1)    Pengetahuan tentang desain-desain yang unik dan menarik, sehingga dapat menghasilkan pembuatan produk yang bervariasi
2)   Bahan baku dan peralatan produksi murah, tidak memerlukan mesin canggih sehingga harga produk murah dapat bersaing
3)    Para pesaing (pelaku bisnis) belum begitu banyak mengolah usaha dengan produk sejenis

Kami memiliki keyakinan bahwa produk ini akan dapat diterima oleh masyarakat. Peluang ini saya pelajari karena masyarakat dewasa ini sangat menghargai hasil kerajinan tangan yang berbeda mempunyai keunikan tersendiri serta masyarakat mulai bosan dengan produk yang biasa atau umum-umum saja.

Disamping itu kami juga akan membuka mitra bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin membuka peluang dalam usaha dengan menggunakan lisensi nama usaha kami. Untuk manajerial usahanya, kami akan memperluas jaringan dan tenaga kerja jika memungkinkan. Kami akan membentuk toko aksesori dan custom Seni “GEMERLIP” Lampu Akrilik di seluruh penjuru kota Purwokerto atau sampai keluar kota. Hal ini lambat laun akan menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar sehingga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


BAB V. JADWAL KEGIATAN

No
Kegiatan
Mei 2013
Juni 2013
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Penerimaan Modal








2
Pemesanan sewa tempat usaha








3
Belanja Kebutuhan








4
Publikasi








5
Pemesanan Spanduk dll








6
Pelatihan Karyawan








7
Belanja Bahan








8
Show Up












BAB VI. RANCANGAN BIAYA


Biaya untuk menunjang kegiatan produksi per bulan:

Jenis Biaya Umum Dagang
Total (Rp)
1. peralatan penunjang produksi
Rp. 200.000,-
2. bahan bakar motor
Rp. 450.000,-
3. listrik, air, dll
Rp. 350.000,-
4. pemeliharaan bangunan,mesin,peralatan
Rp. 250.000,-
 Total
Rp. 1.250.000,-


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship