-->

Apakah Semua Orang Perlu Menjadi Pengusaha / Entrepreneur ???

Apakah Semua Orang Perlu Menjadi Pengusaha / Entrepreneur ???

Apakah Semua Orang Perlu Menjadi Pengusaha / Entrepreneur ???

Mungkin banyak diantara kita bahkan dari banyak kalangan masyarakat yang bertanya, mengapa saya begitu antusias menyebarluaskan hal yang berkaitan dengan usaha atau topik terkait entrepreneurship. Hal ini menunjukkan seolah-olah saya ingin semua orang menjadi pengusaha atau entrepreneur. Lalu siapa yang akan menjadi karyawan jika semua menjadi entrepreneur? Begitu seloroh orang. 

Tentu saja tidak demikian. Setiap orang memiliki panggilan hidupnya masing-masing. Ada yang panggilan hidupnya menjadi pengusaha atau entrepreneur, ada yang menjadi profesional, ada pula yang menjadi pegawai, ada yang sebagai seniman dan sebagainya. Itu semua sangat bervariasi dan tidak pula bisa dipaksakan bagi setiap orang. 

Syarat pengusaha atau entrepreneur

Menjadi seorang pemilik (owner), pengusaha membutuhkan semangat dan kemauan yang besar, dan tidak semua orang mampu menjalani jalan hidup sebagai entrepreneur. Tetapi ada sebagian orang yang merasa bahwa mereka ingin lebih mandiri, lebih merdeka dalam menentukan nasib dan masa depan mereka. Inilah orang-orang yang saya yakin perlu diajak untuk menjadi entrepreneur. Dan kita perlu mempermudah jalan mereka menuju cita-cita itu. Jangan sampai kita biarkan mereka berjuang sendiri, tidak diperhatikan. Semangat yang tinggi dan kemauan yang sedemikian besar itu jangan sampai disia-siakan oleh bangsa ini.   

Untuk mereka yang tidak sanggup menjadi entrepreneur atau merasa bahwa berkecimpung dalam bisnis bukan apa yang menjadi jalan hidup mereka, silakan dijalani dengan sepenuh hati. Dan pada dasarnya, nilai-nilai entrepreneurship itu lebih luas cakupannya dari hanya bidang bisnis/ industri. Entrepreneurship sebenarnya sudah ada dalam sendi-sendi kehidupan seperti seni, pemerintahan, sosial, dan sebagainya. Jadi meskipun Anda merasa tidak mampu menjadi owner, jangan khawatir, amalkanlah nilai dan prinsip entrepreneur ship seperti keberanian mengambil risiko terukur dan pola pikir inovatif dalam setiap pekerjaan yang Anda jalani.

Sebuah esensi yang terlupakan

Hal lain yang terluput dari pembahasan perlu tidaknya semua orang menjadi entrepreneur adalah esensi dari lini kehidupannya. Yakni sebuah nilai besar yang kita yakini semua golongan dan agama membenarkan adalah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya. Jika anda menjadi pengusaha yang bisa memberi manfaat luas bagi sesama tentu akan menjadi sebuah kebaikan, begitu pul ketika anda menjadi karyawan, namun juga mampu menebar manfaat bagi yang lain, hal itu bukanlah suatu yang buruk. Disinilah inti jawaban dari pertanyaan diatas. Semoga kita semua mampu menggapainya di jalan hidup masing-masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship