-->

UJI KELAYAKAN BISNIS / USAHA MAJALAH GAME


TUGAS TERSTRUKTUR
KELAYAKAN BISNIS
USAHA MAJALAH GAME








Oleh :





KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2015




PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Lokasi perusahaan akan didirikan di daerah yang strategis, yakni di sekitar daerah elit dan mudah dicapai. Lokasi ini dipilih agar pengusaha yang akan memasang iklan hiburan tidak kesulitan mengunjungi perusahaan.
Pengantar dalam membaca hasil pengumpulan data, penulis memandang perlu memberikan gambaran dari produk yang akan diproduksi. Namun media cetak berbentuk majalah hiburan ini adalah GAMER. Media ini akan terdiri dari 5 atau 6 kolom yang masing – masing memiliki lebar 25 cm dan panjang sekitar 30 cm. Ukuran ini membuat majalah tampil seperti buku yang biasa dipakai oleh mahasiswa. Kertas akan menggunakan kertas HVS berwarna biru sebagai ciri khas majalah GAMER.
Cover depan akan menampilkan gambar teknologi terbaru yang dikeluarkan pada tanggal tersebut maupun Games terbaru yang baru di rilis oleh Development Game. Target pasaran majalah ini adalah para mahasiswa, anak sekolahan serta pada profesional muda di bidang teknologi.
Penilaian Aspek Pasar dan Pemasaran
Untuk dapat melakukan penilaian terhadap aspek pasar dan penasaran ini dibutuhkan data, baik data primer berupa penyebaran kuesioner kepada pasar sasaran, maupun data sekunder yang dapat dipakai untuk mengetahui pangsa pasar, peramalan usaha dan sebagainya. Data yang didapat selanjutnya dianalisis, seperti berikut :
Analisis S.W.O.T
Analisis SWOT adalah analisis mengenai kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (threat) yang dihadapi oleh proyek itu.
Analisis kekuatan
1.      dunia teknologi semakin banyak diminati oleh masyarakat, baik seseorang yang penggemar Games dan pentingnya informasi teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia.
2.      Mempunyai target strategi yang jelas
3.      Merupakan proyek yang bebas dari limbah industri
Analisis Kelemahan
1.      Merupakan perusahaan baru yang akan didirikan
2.      Nama majalah belum ada dan pasti tidak dikenal
Analisis Kesempatan
1.      Memiliki target pasar yang jelas dan masih banyak
2.      Maraknya kebutuhan informasi akan teknologi
3.      Harga majalah yang terjangkau
Analisis Ancaman
1.      Ada media lain yang menawarkan cara lain dalam mempromosikan informasi tentang teknologi
2.      Anggapan masyarakat bahwa sudah ada internet yang memberikan informasi secara menyeluruh
Harga
Tarif iklan
1 mm kolom = Rp 2500
1 kolom = 59 milimeter = Rp. 147500
Harga iklan satu warna untuk ukuran :
59 x 104,5 mm = Rp 270000
59 x 212 mm = Rp 530000
122 x 75 mm = Rp 380000
122 x 104,5 mm = Rp 530000
122 x 160 mm = Rp 800000
122 x 212 mm = Rp 1060000
122 x 320 mm = Rp 1060000
250 x 104,5 mm = Rp 1050000
250 x 160 mm = Rp 1600000
250 x 320 mm = Rp 3200000
Penambahan warna dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 250000 per warna
Pembayaran dilakukan di muka/sebelum penerbitan atau 50 % pada saat penandatanganan kontrak
Harga langganan
Harga majalah GAMER adalah Rp. 6500, jika berlangganan lewat pos dikenakan tambahan untuk ongkos kirim
Promosi
Cara promosi yang akan dilakukan adalah bekerjasama dengan televisi swasta dan radio swasta dan bisa saja melakukan barter yang menguntungkan. Disamping itu, dapat juga mealukan kerja sama dengan pengecer – pengecer penjual majalah sebagai agen promosi.

Penilaian aspek sosial dan yuridis
Perusahan majalah GAMER sebagai tempat menerima pesanan iklan dari pengusaha elektronik, penjual konsol – konsol Games terbaru, penjual terbaru yang baru dirilis, penjual smartphone dan melakukan desain iklan, sedangkan pencetakan akan bekerjasama dengan mitra perusahaan.
Penilaian Aspek teknis dna teknologi
Perusahaan GAMER melakukan kerja sama dengan Perusahaan mitra oleh karena perusahaan GAMER baru terjun ke dunia cetak mencetak sehingga tidak mau mengambil resik dengan membeli mesin cetakan sendiri. Akan tetapi, untuk jangka panjang, jika dianggap lebih efisien dna lebih efektif dengan memiliki Mei sendiri, akan dipilih memiliki percetakan sendiri.
Penilain Aspek Manajemen
Untuk menjamin keberhasilan bisnis, manajemen selama pembangunan bisnis dna pengoperasian bisnis tabloid harus diperhatikan dengan baik. Jadi, Perusahaan harus mampu mengendalikan manajemen selama pembangunan bisnis dan selama pengoperasian bisnis.
Aspek Manajemen pengembangan bisnis
Manajemen selama melakukan pembangunan proyek bisnis ini harus dapat menyusun rencana penyelesaian proyek dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan sumber daya agar sarana fisik proyek dapat disiapkan tepat pada waktunya agar dapat beroperasi secara komersial. Sarana fisik yang perlu disiapkan meliputi saran fisik proyek itu sendiri, sarana penunjang seperti bangunan, mesin, tenaga kerja, dan sarana penunjang lainnya.
Manajemen operasional bisnis
Perusahaan GAMER bergerak dalam bidang penyajian informasi, berarti manajemen harus memiliki tega SDM yang selain memadai kuantitas dan kualitasnya juga mempunyai kreativitas yang tinggi dalam penerbitan majalah teknologi.
Struktur organisasi operasional bisnis majalah harus dirancang agar dapat menjalankan kegiatan dengan baik. Rancangan struktur organisasi disesuaikan dengan jumlah pekerjaan yang akan habis dibagi ke seluruh karyawan, baik karyawan dengan jabatan direksi, divisi, sampai kepada staf yang ada. Struktur organisasinya adalah sebagai berikut :
Penilaian aspek keuangan
Analisis kelayakan air aspek keuangan ini akan memberikan pemahaman mengenai laporan keuangan dan berbagai kriteria penilaian kelayakan investasi. Perusahaan dapat melakukan analisis terhadap beberapa hal pokok sebagai berikut.
1.      Kebutuhan dana
Dana untuk aktiva tetap
Untuk kebutuhan mendirikan perusahaan, dibutuhkan dana untuk aktiva tetapnya sebesar Rp 1.259.500.000.

Jenis Aktiva Tetap

Jumlah
Tanah
Luas tanah 472 m2
Harga Rp 1.000.000/m

472.000.000
Bangunan Total

747.500.000
Bangunan
Luas/lantai 400 m2 (2lantai)
Harga Rp 850000/m2
680.000.000

Perencanaan bangunan
27.000.000

Mekanik dan elektrik
40.500.000

Inventaris

20.000.000
Aktiva tetap lainnya

20.000.000
Total

1.259.500.000

Dana sumber modal kerja
Pemenuhan dana sebagai modal kerja pertama untuk biaya pra operasional sebesar Rp. 100.000.000 yang akan dipakai saat pendirian atau sebelum operasi. Dananya akan diambil dari modal sendiri yang telah dialokasikan pada aktiva tetap. Selain itu pemenuhan dan untuk modal kerja tambahan akan modal sendiri sebesar Rp 300.000.000.
Jenis Modal Kerja
Jumlah
Biaya Pra – Oprasinal
100.000.000
Modal sendiri
300.000.000
Total
400.000.000

Pendapatan
Perusahaan akan menerima pendapatan dari dua sisi. Pertama dari pemasangan iklan, kedua dari pembeli majalah . kenaikan rencana penjualan iklan dapat ditentukan asal tidak melampaui tarif minimum yang diatur peda dalam setiap tahunnya. Dengan berdasarkan pada rencana produksi, dapat diketahuui berapa pendapatan yang diterima perusahaan dari hasil penjualan.
RENCANA PENJUALAN MAJALAH
Tahun
Volume Penjualan
Harga per Eksemplar
Jumlah
2015
4.000.000
6500
26.000.000.000
2016
4.200.000
6500
27.300.000.000
2017
4.400.000
6500
28.600.000.000
2018
4.600.000
6500
29.900.000.000
2019
4.800.000
6500
31.200.000.000
2020
5.000.000
6500
32.500.000.000

RENCANA PENJUALAN IKLAN
Tahun
Volume Penjualan
Harga per Eksemplar
Jumlah
2015
4.000.000
3500

2016
4.200.000
3500

2017
4.400.000
3500

2018
4.600.000
3500

2019
4.800.000
3500

2020
5.000.000
3500

2015
4.000.000
3500

*Estimasi pemasangan iklan pada majalah GAMER.
Biaya – biaya
Proses produksi dan operasional perusahaan akan timbul biaya – biaya sehingga perusahaan harus pula memikirkan pengeluarannya. Biaya – biaya tersebut antara lain biaya tenaga kerja, biaya penyusutan, dan amortasi serta biaya yang berhubungan dengan kegiatan lain.
a.       Biaya tenaga kerja
Tenaga kerja yang menjalankan operasional perusahaan terbagi atas dua bagian, yaitu tenaga kerja langsung dna tenaga kerja tidak langsung. Rincian biaya tenaga kerja di perusahaan GAMER sebagai tenaga kerja tidak langsung seperti tertera berikut ini.
Jabatan
Jumlah Pegawai
Gaji
Jumlah
Direktur Utama
1
24.000.000
24000000
Wakil Direktur Utama
1
18.000.000
18000000
Direktur
3
12.000.000
36000000
Kepala divisi
6
7200000
7200000
Penjualan
5
3600000
3600000
Desain Grafis
3
3600000

Percetakan
2
3300000

keamanan
3
2.160.000

Office Buy
2
1.560.000

Keuangan
1
1.260.000

Sekretaris divisi
1
3600000

Asis. Sekret. Bid. Umum
1
3300000

Rekruitmen
2
3300000

Jumlah




Biaya penyusutan dan amortasi
Aktiva tetap yang dimiliki perusahaan setiap tahunnya mengalami peyusutan. Nilai buku bangunan adalah sebesar Rp 747.500.000 dengan umur ekonomis 20 tahun, sedangkan nilai buku inventaris dan aktiva lainnya sebesar Rp 20.000.000 denagn umur ekonomis 5 tahun. Metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus, tanpa nilai sisa sebagaimana tertera berikut.
Metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus, tanpa nilai sisa sebagaimana tertera berikut ini.
Jenis Ekonomis
umur
2015
2016
2017
2018
2019
2020
Tanah
0
0
0
0
0
0
0
Bangunan
20
37.375
37.375
37.375
37.375
37.375
37.375
Inventaris
5
4.000
4.000
4.000
4.000
4.000
4.000
Aktiva tetap lainnya
5
4.000
4.000
4.000
4.000
4.000
4.000

Biaya pra – operasional sebesar Rp. 100.000.000 diamortasikan setiap tahunnya. Masa amortasi adalah 5 tahun. Jadi, aniaya amortasi pada setiap tahunnya, yang mulai pada tahun 2015 sampai tahun 2020 sebesar Rp. 20.000.000
Anlisis Break Even Point Sales Volume
Analisis ini dapat digunakan untuk mengetahui volume penjualan yang harus dicapai pada titik impasnya. Di bawah ini dihitung titik impas untuk tiap tahun, mulai tahun 2015 sampai tahun 2020 dan selanjutnya direkapitulasi dalam sebuah tabel.
a.       Analisis BEP tahun 2015
-          Harga jual dari majalah dan iklan                   Rp 10.000
-          Biaya variabel :
Biaya bahan baku/eksemplar                           Rp 5000
Biaya Penjualan ( 0,5% x harga jual)              Rp 50
Biaya administrasi (1% x harga jual)              Rp 100
                                                                                    Rp 5150
-          Biaya Tetap :
Tenaga Kerja                                                   Rp 192.300.000
Penyusutan                                                      Rp 45.357.000
Amortasi                                                         Rp 20.000.000
                                                                                    Rp 257.657.000
Misalkan p = jumlah penjualan dalam eksemplar
Penjualan = biaya total
(10000 x P ) = (5000 x p) + ( 5150 x p) + 257.657.000


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship