-->

TUGAS TERSTRUKTUR WAWASAN KEBANGSAAN

BAB I
Pendahuluan

A.Perumusan Masalah
            Wawasan kebangsaan merupakan loyalitas warga terhadap negara bangsanya. Wawasan kebangsaan sudah dipastikan harus dimiliki oleh setiap warga negara nya, karena dengan wawasan kebangsaan akan melahirkan paham kebangsaan atau nasionalisme yang menyatakan bahwa loyalitas terhadap masalah duniawi dari setiap warga bangsa ditunjukan kepada negara dan bangsa.
Berdasarkan rasa dan paham kebangsaan tersebut secara bersamaan akan menumbuhkan semangat kebangsaan, yaitu tekad sejati seluruh masyarakat itu untuk membela dan rela berkorban bagi kepentingan bangsa dan negara atau semangat patriotisme
Wawasan kebangsaan harus dijaga, dipelihara dan diperjuangkan terus menerus. Wawasan kebangsaan harus di manage dan kecenderungan-kecenderungan yang bersifat disintegrasi baik yang berasal dari dalam maupun dari luar harus dicegah. Dengan terpelihara dan terjaga nya wawasan kebangsaan dapat memperkuat rasa nasionalisme dari setiap warga negara, yang memang sudah harus dimiliki oleh setiap warga negara yang dapat dikatakan sebagai kodrat selaku anggota warga negara dan bangsa tersebut.
Dewasa ini, wawasan kebangsaan tinggi harus dimiliki,dipahami dan dimengerti oleh  tiap warga negara, Dikarenakan pengaruh globalisasi saat ini, semakin mendorong tumbuhnya wawasan kebangsaan yang kerdil yang terlarut dalam perubahan dunia.
Tumbuhnya wawasan kebangsaan yang kerdil maupun wawasan kebangsaan yang larut dalam perubahan dunia, dikatakan kedua-duanya melawan kodrat, karena kodrat sebagai warga negara dalam suatu bangsa harus memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi dan dapat memelihara, menjaga serta memperjuangkan untuk memanage wawasan kebangsaan yang dapat menumbuhkan rasa dan paham kebangsaan, semangat kebangsaan, semangat patriotisme serta nasionalisme yang berpengaruh terhadap perikehidupan bangsa dan negara.
Untuk itu diperlukan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan yang sesuai dengan ideologi bangsa dan negara, demi meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi serta demi menjaga identitas nasional bangsa sebagai pendukung cita-cita dan tujuan yang menjadi jati diri bangsa.
B.Analisis Masalah
            Dikatakan bahwa kebangsaan itu ialah hasrat yang sangat kuat untuk kebersamaan,dan kebersamaan merupakan ciri khas kebangsaan. Itu merupakan suatu pemahaman dari wawasan kebangsaan yang tinggi
Namun pemahaman mengenai wawasan kebangsaan saat ini mulai terpengaruhi oleh pengaruh globalisasi yang mengkerdilkan wawasan kebangsaan dan semakin larut dalam perubahan dunia. Yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap perikehidupan bangsa dan negara, pola pikir, serta nilai-nilai moral yang berkembang menjadi identitas nasional.
            Saat ini pengaruh-pengaruh yang bersifat disintegrasi baik dari luar maupun dalam sudah sangat mudah masuk. Perlu disadari bahwa globalisasi merupakan bentuk baru dari penjajahan. Suatu hal yang saat ini perlu kita pahami bahwa perang modern bukan ancaman eksternal tetapi link-up dengan ancaman internal yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, baik yang diperbudak atau memang untuk kepentingan sendiri diluar koridor kepentingan nasional.
Seperti halnya di Indonesia saat ini korupsi sudah marak terjadi di pemerintahan sampai di lembaga-lembaga pemerintahan tertentu yang mayoritas didasari oleh kepentingan-kepentingan individu serta perpecahan-perpecahan yang saat ini juga sedang marak terjadi di berbagai kalangan, bahkan kalangan muda seperti tawuran yang terjadi antar SMA di Jakarta beberapa waktu lalu hingga menewaskan seorang pelajar yang terlibat tawuran. Hal-hal tersebut membuktikan ketidak sesuaian kodrat kita selaku warga negara yang seharusnya memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi serta menjaga,memelihara dan memperjuangkan wawasan kebangsaan ternyata tidak terlihat dalam kenyataannya.
               Dengan begitu dikatakan wawasan kebangsaan yang kerdil maupun wawasan kebangsaan yang larut dalam perubahan dunia, memang melawan kodrat. Seperti apa yang dijelaskan diatas yaitu kita sebagai warga negara harus menjaga, memelihara serta memperjuangkan wawasan kebangsaannya secara terus menerus. Yang memperkokoh dasar-dasar rasa nasionalisme dan patriotisme bagi tiap-tiap warga negara. Serta menjadi landasan dan acuan moral yang baik untuk berbangsa dan bernegara.


BAB II
Pembahasan (Pemecahan Masalah)

          Sebelumnya perlu disadari bahwa  kodrat sebagai seorang manusia ataupun sebagai warga negara ialah memiliki,menjaga,memelihara serta memperjuangkan wawasan kebangsaan bangsa dan negara nya, serta menjadikannya acuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme seorang warga negara yang kemudian mempengaruhi nilai-nilai kejuangan serta nilai-nilai moral yang sesuai dengan ideologi bangsa.
            Dengan pemahaman mengenai kodrat tersebut kita juga perlu memahami pemahaman mengenai wawasan kebangsaan tersebut. Yang dapat dijadikan pertahanan terhadap pengaruh-pengaruh yang dapat mengkerdilkan wawasan kebangsaan dan dapat melarutkannya kedalam perubahan dunia.
            Begitu pentingnya pemahaman mengenai wawasan kebangsaan yang dapat memberi pertahanan serta terus menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme setiap warga negara dalam suatu bangsa. Derasnya pengaruh globalisasi harus diseimbangkan dengan pertumbuhan wawasan kebangsaan nya karena bukan mustahil bahwa pengaruh globalisasi tersebut akan memporak porandakan adat budaya yang menjadi jati diri suatu bangsa dan secara langsung atau tidak langsung akan melemahkan paham nasionalisme.
            Untuk memahami wawasan kebangsa Indonesia perlu memahami terlebih dahulu secara mendalam falsafah Pancasila yang mengandung nilai-nilai dasar yang akhirnya menjadi pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku yang bermuara pada terbentuknya karakter bangsa.
Serta untuk memahami wawasan kebangsaan itu tidak bergantung pada perbedaan sosial, perbedaan jabatan, perbedaan status, perbedaan suku, mayoritas ataupun minoritas, namun memiliki wawasan kebangsaan harus dipahami oleh seluruh warga negara, karena merupakan kodrat yang sudah seharusnya dimiliki dan menjadi bagian jati diri setiap warga negara.
Oleh karena itu, takkan ada wawasan kebangsaan yang kerdil serta wawasan kebangsaan yang larut dalam perubahan dunia apabila pemahaman mengenai wawasan kebangsaan yang telah sesuai dengan falsafah nilai-nilai dasar sebagai pedoman dalam mengenal serta memahami wawasan kebangsaan nya telah betul-betul dipahami dan pada akhirnya direalisasikan untuk perwujudan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara, serta menerima dan merealisasikan kodrat-kodrat sebagai warga negara terhadap wawasan kebangsaan.



BAB III
Penutup (Kesimpulan)

          Kodrat seorang warga negara dalam suatu bangsa ialah harus dapat memiliki, menjaga, memelihara bahkan memahami wawasan kebangsaan nya. Tanpa membedakan status, ras, suku, mayoritas ataupun minoritas nya, wawasan kebangsaan yang tinggi harus tetap dimiliki oleh setiap warga negara, sebagai sebuah awal menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.
            Maka dari itu dalam memahami wawasan kebangsaan tersebut harus didasari dari pemahaman dasar-dasar filsafah hidup yang dianut oleh bangsa tersebut, yang kemudian menjadi pedoman untuk bersikap serta bertingkah laku dan pada akhirnya tercipta karakter bangsa dan identitas nasional.
            Kebanyakan dari pemahaman wawasan kebangsaan saat ini terkadang terpengaruhi oleh pengaruh globalisasi yang menjadi bentuk baru penjajahan, dan terkadang pengaruhnya tidak berdampak secara langsung atau bergerak secara diam-diam. Ataupun adanya kepentingan diri sendiri yang tidak sesuai dengan kepentingan nasional. Sehingga menjadikan realisasi dari wawasan kebangsaan tersebut tidak berjalan seperti seharusnya.
            Untuk itu realisasi dari kodrat yang seharusnya menghentikan perkembangan dan pertumbuhan wawasan kebangsaan yang kerdil serta menghentikan terlarutnya wawasan kebangsaan oleh perubahan dunia. Harus berdasar pada pemahaman falsafah hidup yang dianut serta menjaga,memelihara dan tetap memperjuangkan wawasan kebangsaan yang sesuai dengan ideologi bangsa. Karena merupakan tonggak untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriostisme dalam berbangsa dan bernegara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship