-->

Tips Mencari Peluang Perjuangan Di Kota Sendiri

Merantau sekarang menjadi budaya bagi kebanyakan anak muda di kota-kota kecil, dan simpulan lulus sekolah jenjang SMU, banyak anak muda yang menetapkan untuk meninggalkan kota kecil mereka dan mencari ladang penghasil uang gres di kota-kota besar. Meski budaya merantau ke luar kawasan sudah usang ada, namun untuk ketika ini jumlah orang yang merantau justru cukup banyak.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk di kota Jakarta yang juga didominasi oleh pendatang. Namun hal tersebut tentunya juga didominasi oleh kota-kota besar lainnya. Kebanyakan orang memang lebih objektif dalam melihat potensi di kawasan sendiri, dan jikalau di kawasan sendiri sulit untuk menemukan lapangan pekerjaan.
Maka jalan keluar terbaik ialah dengan mencari pekerjaan di tempat yang lebih potensial atau ke kota-kota besar mengikuti para tetangga yang lebih dulu berhasil. Meski demikian, perlu disadari bahwa Indonesia alamnya sangat kaya, dan sumber uang bisa didapat di mana saja dan tak harus ke luar kota atau merantau.
Bagi para pencari kerja atau calon wirausahawan yang ingin menggali potensi yang ada di kawasan sendiri, berikut ialah tips mencari peluang perjuangan di kota atau kawasan sendiri.
Kenali huruf diri
Apa yang dimaksud dengan mengenal diri sendiri atau huruf diri? Dalam hal ini yang kita singgung ialah dalam hal peluang perjuangan tentunya. Maksudnya ialah mengenali sejauh mana kemampuan kita dalam beberapa hal menyerupai ketrampilan, kebisaan atau kelebihan di bidang tertentu. Dan jikalau kita punya salah satu potensi di satu bidang, maka itulah yang kita jadikan senjata untuk berrwirausaha.
Lirik beberapa potensi di daerah
Mungkin kita tinggal di sebuah kota kecil yang peluang untuk berwirausaha atau lapangan pekerjaannya sangat sulit. Maka cobalah untuk melihat beberapa potensi perjuangan yang kelihatannya bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan pribadi. Sebuah ilustrasi pola “di kota kecil X, perjuangan yang berkembang dan paling menonjol ialah makanan atau kudapan khas kawasan menyerupai emping, keripik atau jenis lainnya.
Namun yang ada paling maju ialah perjuangan dalam skala besar dan sudah punya nama. Maka tak ada salahnya membuat produk yang sama dengan nama yang berbeda, namun memproduksinya dalam skala kecil atau sebagai perjuangan rumahan”.
Tetapkan tujuan mencari peluang perjuangan dan menentukan bisnis di kota sendiri
Bila memang menetapkan untuk sukses di sangkar sendiri, maka jangan pernah goyah tekad maupun semangat untuk jadi putra kawasan terbaik dalam hal wirausaha. Mungkin tujuan untuk sukses di kawasan sendiri ialah ingin membangun kawasan menjadi lebih baik, maka menetapkan tujuan dan mantapkan tekad.
Pilih yang sekiranya sesuai minat
Ada baiknya jikalau tidak memaksakan diri dengan peluang perjuangan yang sulit untuk kita kuasai. Maka pilihlah peluang perjuangan yang sekiranya senada dengan minat serta gaairah kita dalam berwirausaha. Misalnya minat kita ialah otomotif atau pebengkelan, maka bisa dimulai dengan perjuangan tambal ban di rumah dan berjualan materi bakar eceran yang bisa berlanjut menjadi perjuangan bengkel. Dan tentunya berlaku untuk minat-minat di bidang lainnya.

Sumber : peluangusaha.org

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship