-->

Sekilas Pesantren Mahasiswa dan Masjid Fatimatuzzahra


Sekilas Pesantren Mahasiswa dan Masjid Fatimatuzzahra

Assalamu'alaikum Wr Wb

            Sahabatku yang berbahagia, kesempatan kali ini saya akan memposting sedikit profil mengenai sebuah pesantren yang saya ikuti di Purwokerto Utara. Selain saya kuliah di salah satu perguruan tinggi di Purwokerto saja juga mendaftar di sebuah pesantren, tepatnya Pesantren Mahasiswa Masjid Fatimatuzzahra. Berikut sekilas mengenai pesantren kami:

PESANTREN MAHASISWA MASJID FATIMATUZZAHRA


Latar Belakang
            Masa depan umat Islam sangatlah ditentukan oleh adanya sumberdaya manusia yang berkualitas dari sisi pemahaman terhadap ilmu-ilmu Syar'iah sekaligus mengusai ilmu-ilmu Kauniyah.  Melalui kedua ilmu tersebut akan terbina manusia yang beriman dan taqwa sekaligus mengusai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
            Masjid Fatimatuzzahra sebagai salah satu sarana dalam menegakkan syariat islam di muka bumi khusunya di daerah Purwokerto ini memiliki fungsi pendidikan (salah satu fungsi masjid ) untuk melahirkan insan yang mempunyai kepribadian beriman dan taqwa kepada Allah SWT sekaligus mengusai Ilmu Pengetahuan dan Tekhologi.  Selanjutnya dalam rangka mewujudkan fungsi ini, maka didirikanlah Pesantren Mahasiswa Masjid Fatimatuzzahra. Pesantren Mahasiswa Masjid Fatimatuzzahra kemudian disebut Pesma Fatimatuzzahra.
            Sejarah Pendirian  Pesma Fatimatuzzhra didirikan pada bulan Agustus tahun 1997 di Masjid Fatimatuzzahra, Purwokerto dan memiliki kedudukan sebagai unit pemakmuran masjid.

Visi
Terwujudnya insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual dan Moral menuju generasi Ulil Albab yang berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan umat dengan berlandaskan pengabdian kepada Allah SWT

Misi
Menyelenggarakan proses pendidikan islam yang berorientasi pada mutu, berdaya saing tinggi dan berbasis pada sikap Spiritual, Intelektul, dan Moral guna mewujudkan kader umat yang menjadi Rahmatan Lil Alamin. (QS. 9:122)

Tujuan
Tercapainya manusia yang berilmu dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat yang plural berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunah

Motto
Keseimbangan Spiritual, Intelektual dan Moral


Pendidikan
           Sistem pendidikan yang dikembangkan di Pesma Fatimatuzzahra adalah sistem yang memadukan antara nilai-nilai klasik dalam sisi pemikiran dan sistem modern dalam sisi metodologis.  Proses pendidikan di Pesma Fatimatuzzahra adalah selama dua tahun atau empat semester.

Tujuan pendidikan
            Membina, mendidik, dan menyiapkan sumberdaya umat yang memiliki kemampuan syar'iah dan kauniyah, berkepribadian islami, dan punya semangat berdakwah dan berjuang untuk islam dan kaum muslimin.

Ruang lingkup pendidikan
- Peningkatan sistem dan materi ta'lim, tarbiyah dan dakwah
- Pengadaan pelatihan
- Pengembangan / aktualisasi pribadi santri
- Pengabdian kepada masyarakat.


Kegiatan Kajian Intensif Pesma antara lain;

a.  Kajian rutin         :
1.      Kajian Ba’da Magrib    : Kajian aqidah, Hadist, Kepribadian Muslim, Ulumul Qur’an, Tazkiyatunnafs, Fiqih.
2.      Kajian Ba’da Isya        : Kajian Akhlak, Manajemen Kepemimpinan, Fiqih, Halaqoh, Khotbah. Publik Speaking, Training Moderator.
3.      Kajian Ba’da Shubuh   : Tahsinul Quran, Tartili,  Tahfidzul Qur’an Minimal Juz 30.
b.  Kajian pilihan     : Tafsir Al-Qur'an ( Ahad Pagi)
c.  Kajian semester : kajian ulil albab seperti tsaqofah islamiyah, aqidah, bahasa arab,   kontemporer.

                                                   Minat dan Bakat
Tujuan                       : Menggali dan menyalurkan potensi anggota (santri) Pesantren Mahasiswa MAFAZA.
Kegiatan                    : Keolahragaan ( Sepakbola, Futsal, Bela diri Taekwondo, Tenis Meja)
Ekstrakurikuler          : Keorganisasian Unit Pemakmuran Masjid (UPM), Radio 96,7 Fm. Perpustakaan Islami, Kajian Bina Jamaah (KBJ), TPA. Mafaza Training Center (MTC), Keputrian Mafaza, English Club. Studi Islam Intensif, Kesekretariatan. Unit profesional : Lazis, Satsa, Klinik, Minimarket.


Fasilitas Pesma Fatimatuzzahra
Asrama Pesantren Mahasiswa dengan fasilitas 12 kamar tidur, dengan kapasitas per kamar diisi oleh 2 orang santri. Tiap kamar tersedia perlengkapan tidur dan seperangkat perlengkapan belajar. Selain itu, juga terdapat fasilitas dapur memasak dan kamar mandi. Auditorium, ruang belajar, dan perpustakaan islam semakin menunjang keperluan belajar santri.
Kajian-kajian yang diampu oleh Ustadz lulusan LIPIA, INUMP dan STA, Mekah, Sudan, dan dari Dosen UNSOED.
Sarana Olah Raga seperti: Lapangan bola, Bela diri Taekwondo, serta Tenis Meja.
Letak asrama yang dekat dengan kampus UNSOED


Biaya Santri Pesma Fatimatuzzahra

          Kegiatan Pesma Fatimatuzzahra dibiayai dari dana infaq santri tiap semester.  Tiap santri dikenai infaq sebesar Rp 25.000/bulan. Dana infaq santri ini nantinya akan digunakan kembali untuk kegiatan santri, program Pesma Fatimatuzzahra, menambah dan perawatan  perlengkapan pesantren dan kegiatan lainnya.

rofil AlumnusP
     Lulusan Pesantren Mahasiswa Fatimatuzzahra banyak terjun di bidang wirausaha/ pengusaha, dakwah, PNS (dosen dan guru), pembimbing masyarakat dan  karyawan perusahaan.

Peraturan Umum Pesantren Mahasiswa

1.      Orang tua santri menandatangani surat pernyataan yang telah disediakan, yang menyatakan bahwa bersedia untuk memasukkan putranya ke Pesantren Mahasiswa dan siap mengikuti peraturan di yang ada di Pesma.
2.      Santri wajib mentaati tata aturan yang berada di pesantren Mahasiswa.
3.      Mengikuti magang Liburan Semester yang dilaksanakan di UPM Profesional : Satsa, Klinik, Minimarket dan Lazis serta Radio MAFAZA 96.7 Fm.
4.      Selama Pra dan Ramdhan berlangsung wajib mengikuti kepanitian besar Amaliyah Ramadhan dengan berbagai/padat kegiatan pelayanan umat.
5.      Santri Berpakaian secara Islami dan Berakhlakul kharimah.

Perizinan dan Mudik :
Pengikuti prosedur Izin/mudik/liburan yang telah ditetapkan Takmir dan Bagian Pendidikan PESMA.
·         Libur Sebelum dan setelah Lebaran = 10 hari
·         Libur Akhir semester = 15 hari
·         Izin bersifat syar’i harus mengisi form izin jika > 24 jam.
·         Izin kajian Intensif Pesma diutamakan karena alasan kuliah dan praktikum. Selain alasan itu maka dianggap tidak hadir.

Kajian Pesma :
a.       Mengikuti Kajian dengan presentasi kehadiran  80 % .
b.      Mengikuti Ujian Pesma di akhir semester yang diselenggarakan Bagian pendidikan.
c.       Datang kajian tepat waktu sesuai jadwal.

          Penjelasan di atas mungkin sedikit mewakili profil dari pesantren kami. Mungkin bagi teman-teman yang berada di Purwokerto dan sekitarnya ingin bergabung dan menuntut ilmu bersama, kami tunggu kedatanganya. Semoga foto-foto dibawah ini dapat memberi gambaran pada teman-teman semua. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum wr wb



Sekilas Pesantren Mahasiswa dan Masjid Fatimatuzzahra



















PENERIMAAN SANTRI BARU TA. 2014



 PENERIMAAN SANTRI BARU TA. 2015



PENERIMAAN SANTRI BARU TA. 2016

 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship