-->

Wanita Sholehah

by Arifin Budi Purnomo

Wanita Sholehah

Bicara mengenai kehidupan di kampusku, kali itu aku cukup dikejutkan oleh situasi yang agak berbeda dari biasanya di tempat asalku. Aku temui di sepanjang perjalananku menuju kampus hijau tercinta, banyak sekali kaum hawa yang begitu menyejukkan #kaya es kali ya… hehe. Iya, banyak sekali wanita cantik (aku grogi nulisnya ni) yang memakai kerudung berwarna-warni dan begitu anggun. Subhanallah guman dalam hati melihat wanita-wanita solehah, tapi juga Astagfirullah (jangan kebablasan J). Memang mayoritas wanita dikampus memakai kerudung atau jilbab. Namun mayoritas pula mereka yang hanya sekedar memakai jilbab sebagai fasion dan tidak mengerti hakekat yang sebenarnya.


Penjelasan dalam Al Qur’an mengenai hakekat berjilbab yang sebenarnya adalah seperti dalam firman Allah SWT yang artinya

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan menjaga kemaluannya serta tidak menampakkan perhiasannya kecuali ( yang biasa ) nampak darinya. Dan hendakkah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka” ( QS. 24 : 31)

Kaitan ayat tersebut dengan fenomena yang sering kita temui di kampus adalah point mengenai “menutupkan kain kerudung ke dada mereka”. Sering kali wanita berjilbab hanya sekedar memakaikan jilbab pada dirinya dan tanpa mengikuti kaidah tersebut. Mungkin hal tersebut dikarenakan mereka belum mengerti akan kaidah atau justru mereka mengingkari kaidah diaatas.
Ketika kepahaman seorang wanita muslim masih kurang mengenai kaidah jilbab yang benar, memang perlu suatu tahap untuk pelurusan pemahaman berjilbab menurut Allah dan RosulNya. Selanjutnya mereka mulai mengerti arti seorang muslimah sejati dengan memahami point “hendaklah mereka menahan pandangannya”. Dari situlah jiwa seorang muslimah yang sejati akan nampak. Bukan karena fasion jilbab yang bermodel keren seperti yang banyak kita temui, melainkan akhlak yang terpuji dalam tingkah lakunya.

Semoga sedikit tulisanku ini dapat bermanfaat ya J, hehe. Mengubah pandangan mengenai berjilbab untuk menjadi wanita solehah yang sejati. Kurangnya dari kesalahan dan lebihnya pasti dari Allah SWT. Sebelum ditutup akan kunyanyikan lagu untuk para wanita solehah di penjuru bumi. (Hag hag sang pangeran mau nyanyi, ehem-ehem)

Wanita Sholehah 

Perhiasan yang paling indah
bagi seorang abdi Allah
Itulah ia wanita sholehah
Ia menghiasi dunia

Itulah ia wanita sholehah
Ia menghiasi dunia

Aurat ditutup demi kehormatan
Kitab Al Qur’an didaulahkan
Suami mereka ditaatinya
Walau berjualan di rumah saja

Karena iman dan juga Islam
Telah menjadi keyakinan
Jiwa raga mampu di korbankan
Harta kemewahan dileburkan

Di dalam kehidupan ini
dia menampakkan kemuliaan
Bagai sekutum mawar yang tegar
Ditengah gelombang kehidupan

Wanita sholehah….

Sekian terimakasih :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship