-->

Menghancurkan Blocking Mental


Sering kali saya merenung dan bertanya pada diri sendiri, kenapa banyak orang sering sulit dalam meraih sebuah impian. Padahal mereka telah memvisualisasikan mimpi tersebut dengan benar. Tapi kenapa cita-cita tersebut belum juga terwujud. Adakah sesuatu yang salah atas perjuangan yang mereka lakukan?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya pun segera meluncur untuk melaksanakan pengamatan, melaksanakan tanya jawab dan membaca banyak sekali literatur yang ada. Dari apa yang saya lakukan, saya menemukanjawaban yang menciptakan saya tahu salah satu hal yang sering menghambat jalan seseorang dalam meraih impian. Satu hal tersebut yaitu "Blocking Mental".

Blocking mental yaitu suatu doktrin, pemahaman, kepercayaan yang mendalam terhadap suatu peristiwa. Ciri yang paling menonjol dari blocking mental adalah membatasi diri sendiri terhadap apa yang mereka pikir bisa mereka lakukan. Sehingga belum hingga mereka mencapai apa yang bisa mereka capai, mereka keburu memvonis dirinya sendiri dengan mengatakan, "Saya tidak akan bisa mencapai hal itu." Kalau sudah begini, maka hilang sudah peluang mereka untuk meraih apa yang mereka impikan.

Satu catatan yang harus kita pahami juga, otak kita itu sama dengan apa yang dikatakan oleh lisan kita. Misalnya kita mendapat penawaran atau peluang, tapi lisan kita berkata, "Ah saya tidak akan bisa melaksanakan hal itu, saya ini tidak berpengalaman, jadi kalau saya nekat saya yakin tidak akan berhasil." Jika kalimat tersebut yang keluar dari lisan kita, secara otomatis otak kita akan berhenti merespons. Bisa kita bayangkan, kalau otak sudah tidak merespons, tidak mungkin akan ada tindakan untuk menangkap peluang yang ada.

 
Bagaimana Menghancurkan Blocking Mental?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan kilas balik pengalaman saya. Lima tahun lalu, saya telah berjuang keras keluar dari blocking mental yang alhasil mengantarkan diri saya menjadi langsung yang lebih yakin bahwa saya bisa mencapai apa yang saya inginkan. Cara yang saya lakukan sangat sederhana, yaitu dengan melaksanakan afirmasi positif.

Ada beberapa kata yang selalu saya ucapkan pada diri saya. Pertama, saya mengatakan, "Saya Bisa." Kata ini sangat sederhana, tapi mempunyai kekuatan yang luar biasa. Kedua, saya mengatakan, "Semua serba mungkin." Saya sangat percaya semua kemungkinan bisa terjadi; yang terpenting satu hal, kita yakin pada kebesaran Tuhan. Ketiga, saya mengatakan, "Bagaimana caranya." Dengan afirmasi ibarat ini, saya mencoba mencari solusi atas dilema yang sedang saya hadapi. Alhamdulillah, tidak usang kemudian saya menemukan jalan keluar. Setelah perjuangan itu saya tempuh, langkah saya untuk mewujudkan cita-cita mulai terbuka lebar.

Satu poin penting yang harus kita ingat: jikalau kita bisa keluar dari blocking mental, maka apa yang kita impikan akan terwujud, apa yang kita inginkan akan menjadi kenyataan. Sukses itu akan lebih akrab dengan diri, sehingga jalan kita untuk meraihnya akan menjadi lebih mudah.

Salam Sukses,
Rona Binham
Founder: cafemotivasi.com
Sumber : andriewongso.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship