-->

Jangan Takut Dikritik


Agar berhasil dalam kehidupan Anda tidak perlu menjatuhkan orang lain, namun Anda harus bisa tetap berdiri dalam menghadapi usaha-usaha orang lain yang mencoba menjatuhkan Anda.
Cara Anda menentukan dalam menanggapi kritikan yaitu salah satu keputusan penting untuk Anda ambil.
Tidak ada hal penting yang pernah diraih tanpa adanya kontradiksi dan kritikan. Bila Anda membiarkan perkataan-perkataan orang menghentikan Anda, maka Anda benar-benar telah dihentikan.
Ingatlah ini, bila Anda takut terhadap kritikan, Anda akan mati tanpa melaksanakan apapun. Seperti yang Elbert Hubbard katakan, "The only way to avoid criticism is to do nothing, say nothing, be nothing." Satu-satunya cara untuk menghindari kritik yaitu dengan tidak melaksanakan apapun, tidak menyampaikan apapun, dan tidak menjadi apapun.
Orang-orang yang melaksanakan banyak hal sudah niscaya menyebabkan banyak kritikan. Makara apabila Anda ingin diri Anda mendapatkan kesempatan untuk meraih sesuatu yang besar, Anda niscaya akan mendapatkan banyak serangan dan olok-olokan yang diarahkan kepada Anda. Dan kenyataan biasanya orang yang suka mencela, menghujat, mengkritik Anda biasanya yaitu orang yang sombong alasannya yaitu merasa diri sudah lebih baik dari orang lain. 
Kritikan yaitu bab dari harga yang harus Anda bayar untuk melewati keadaan biasa-biasa saja. Terkadang kita semua lebih bahagia menerima masukan yang positif, kebanggaan dan penghargaan. Hal tersebut memang baik semoga kita mengetahui bahwa kita telah berada di jalur yang sempurna dan sebagai support untuk pencapaian kita. Namun dikala kritik tiba kita sering mulai merasa down dan putus asa. Padahal sebetulnya Anda sanggup jadikan kritik sebagai suatu feedback untuk perkembangan dan pertumbuhan Anda secara pribadi. Kuncinya yaitu kita perlu berguru bagaimana menghadapidan memakai setiap feedback negatif untuk kemajuan kita. Biasanya ada banyak pelajaran yang sanggup kita peroleh dari setiap feedback yang negatif kalau saja kita dengan sungguh-sungguh mau mencarinya dan berguru dari hal tersebut. Biasakanlah diri kita untuk selalu berguru bukan hanya dari pengalaman yang positif melainkan juga dari pengalaman yang negatif.
 
Tidak semua kritikan harus kita dengarkan, namun ada kritik yang perlu kita terima, saya akan share kategorinya berikut ini:
- Terima kritik bila kita dikasihi tanpa syarat oleh orang yang mengkritik.
- Terima kritik bila kritiknya tidak dinodai agenda langsung menjatuhkan.
- Terima kritik bila kritiknya bertujuan membangun diri kita.
- Terima kritik bila orangnya memang bukan orang yang suka mengkritik segala sesuatu.
- Terima kritik bila orangnya siap memberi kita sumbangan untuk menjadi lebih baik setelah mengkritik.
- Terima kritik bila orangnya sendiri memiliki pemahaman dan pengetahuan yang mendalam di bidang yang beliau kritik.

__________________ 
HARYANTO KANDANI
Achievement Motivator & Penulis Buku Best Seller The Achiever
Follow Twitter: @haryantokandani
Visit Website: haryantokandani.com
Sumber : andriewongso.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship