-->

Kisah Sukses Produsen Tas Beromzet Belasan Milyar


Dibalik setiap kesuksesan para pengusaha, tentunya ada bermacam-macam dongeng menarik yang melatarbelakangi kesuksesan mereka. Salah satunya saja seperti kisah sukses produsen tas beromzet belasan milyar, yang berhasil bangun dari kondisi terjepit sampai akibatnya bisa menjalankan roda bisnisnya dengan laba yang melejit.

Mengawali bisnisnya di tahun 1995, pada ketika itu Pipie Soeyoto yang kebetulan gres saja lulus dari Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), mulai frustasi sehabis 6 bulan lamanya mencoba peruntungan melamar pekerjaan di beberapa perusahaan ternama namun tak kunjung mendapatkan panggilan kerja. Dari sinilah Pipie mencoba peruntungan gres dengan menjadi seorang supplier (pemasok) bahan-bahan promosi ke beberapa perusahaan farmasi.
Setelah dua tahun menekuni profesinya sebagai pemasok barang promosi, ibu tiga anak ini mendapatkan banyak sekali pembelajaran positif mengenai standar kualitas produk yang benar-benar manis serta mulai memahami besarnyapotensi bisnis barang promosi tersebut. Melihat peluangnya yang semakin menjanjikan, di tahun 1997 Pipie mulai memproduksi bermacam-macam jenis produk tas promosi dengan mengorbankan kendaraan beroda empat pribadinya sebagai modal usaha.
Mengusung PT. Huda Rachma Grupindo (HRG) yang merupakan adonan nama kedua anaknya, Pipie pun sempat menemui banyak hambatan dalam merintis bisnis tas tersebut. Ketatnya persaingan pasar dan taktik banting harga yang dilakukan para kompetitor di pasaran, ternyata cukup menyulitkan Pipie dalam membuatkan usahanya.
Namun, dengan memegang komitmen awalnya yang selalu mengutamakan kualitas produk tas buatannya. Pipie tetap kekeh membandrol harga jual yang lebih mahal dibandingkan para pesaing, dengan mengatakan kualitas prima sebagai nilai tambah bagi para konsumennya dan mengatakan garansi jahitan selama satu tahun bagi produk-produk tas yang dipasarkannya.
Terbukti, taktik bisnis yang Ia pilih cukup meyakinkan para konsumen. Hingga pada suatu hari HRG mendapatkan rezeki nomplok dengan mendapatkan orderan partai besar dari PT. Kaltex (perusahaan kain). Siapa sangka bila datangnya orderan dari PT. Kaltex membukakan kesuksesan besar bagi perusahaan tas yang dirintis Pipie Soeyoto.
Berkat informasi yang tersebar dari lisan ke mulut, PT. Huda Rachma Grupindo (HRG) mulai mendapatkan akidah dari perusahaan-perusahaan besar dan menjadi langganan tetap bagi sejumlah perusahaan populer yang membutuhkan barang-barang promosi, terutama produk tas. Sebut saja ibarat PT. Garuda Indonesia, PT. Indosat Tbk, Mc Donald’s Indonesia, penerbit buku Erlangga, Hoka-Hoka Bento, KFC, PT. Ajinomoto, PT. Smart Frend Telecom Tbk, PT. Sepatu Bata Tbk, PT. Acer Indonesia, dan masih banyak lagi perusahaan besar lainnya.
Bahkan, belakangan ini tidak hanya pasar lokal saja yang berhasil dikuasai Pipie Soeyoto. Ia sekarang telah berhasil merambah pasar mancanegara ibarat Jepang, Korea, serta mulai mengekspor tas olahraga di sekitar 12 sekolah yang tersebar di Negara Inggris. Tidak heran bila di tahun 2000 silam, pabrik PT. Huda Rachma Grupindo (HRG) yang berlokasi di daerah Pamulang ini bisa memproduksi tas sampai mencapai 2,5 juta pcs/ tahunnya. Dan berhasil mengantongi omzet perjuangan sekitar Rp 13 milyar pada tamat tahun lalu.
Dengan membidik pasar korporat yang memesan produk dalam partai besar, Pipie Soeyoto tidak hanya berhasil membawa Huda Rachma Grupindo menjadi salah satu produsen tas promosi yang cukup ternama di Indonesia, namun Ia juga mengatakan lapangan kerja bagi seribu karyawan di sekitar pabriknya.
Semoga informasi kisah pengusaha sukses yang kami angkat pada pekan ini bisa mengatakan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Jangan pernah takut melangkah, dan ciptakan peluang usaha di sekitar Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber : bisnisukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship