-->

Bertanggung Jawab Untuk Sebuah Kesuksesan


Sering kali kita mendengar orang-orang di sekitar kita mengeluhkan nasib mereka dan membanding-bandingkannya dengan nasib orang lain. “Mengapa mereka dapat sukses menyerupai itu, dan kenapa kehidupan aku hanya biasa-biasa saja?”

Pada dasarnya setiap insan mempunyai hak yang sama untuk dapat meraih kesuksesan. Namun sayangnya, tidak semua orang peduli dan menyadari tanggung jawab yang harus mereka jalani untuk dapat meraih kesuksesannya. Mereka cenderung dingin dengan kewajibannya dan lebih sering melempar tanggung jawab tersebut kepada orang lain, baik itu menyalahkan pemerintah, keterbatasan waktu yang dimiliki, kondisi perekonomian keluarga, level pendidikan yang ditempuh, bahkan menyalahkan garis keturunan atau nasib yang kurang beruntung sebagai alasan bagi mereka untuk pasrah dengan kondisi yang dimiliki.
Padahal, sukses tidaknya seseorang merupakan tanggung jawab dari diri kita masing-masing. Ketika Anda hanya sibuk menyalahkan orang lain tanpa menyadari tanggung jawab yang harus Anda jalankan, dapat dipastikan bahwa Anda akan tertinggal satu langkah dari rekan-rekan Anda dan hanya akan gigit jari saat melihat orang lain di sekitar Anda mulai meraih kesuksesannya.
Nah, untuk menghindari kemungkinan jelek tersebut, pada pekan ini akan kami informasikan beberapa tips yang perlu diperhatikan biar kedepannya Anda dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab untuk sebuah kesuksesan.
1. Perdalam Knowledge Anda
Poin pertama yang perlu Anda miliki yaitu modal ilmu pengetahuan. Dengan begitu, tanggung jawab utama yang perlu Anda perhatikan yaitu mulai memperdalam pengetahuan yang Anda butuhkan untuk menunjang kesuksesan yang diimpikan. Bila Anda ingin sukses membangun bisnis, maka mulailah dengan membaca buku-buku perencanaan bisnis, belajarlah dari cerita sukses pengusaha yang berhasil membangun bisnisnya dari nol, serta perbanyak rujukan pembelajaran Anda dari seminar motivasi bisnis yang belakangan ini mulai mencetak para entrepreneur muda di Indonesia.
2. Asah Skill Anda
Tidak hanya katam teori saja yang Anda butuhkan untuk meraih kesuksesan. Selanjutnya kiprah utama Anda yaitu mengasah skill atau keterampilan untuk mewujudkan impian yang dicita-citakan. Contohnya saja jika ilmu pengetahuan Anda dibidang bisnis telah mencukupi, maka tidak ada salahnya jika Anda mengaplikasikannya eksklusif di lapangan dan segera membangun perjuangan sesuai dengan skill yang Anda miliki.
3. Bersikaplah Seperti Orang Sukses
Meskipun Anda belum berhasil meraih kesuksesan, namun jangan pernah lelah untuk menanamkan abjad konkret dalam diri Anda. Contohlah orang-orang sukses yang pantang mengalah sebelum berhasil mencapai kesuksesannya, haus akan ilmu meskipun telah berada di puncak kesuksesan, berusaha membuat sebuah prestasi di setiap kesempatan, dan berani bertanggung jawab atas kualitas hidup yang telah mereka pilih.
4. Ciptakan Kebiasaan Baik
Sebuah kebiasaan baik tentu akan menghasilkan output yang baik pula. Karena itu, biasakan diri Anda dengan beberapa rutinitas konkret biar hasil yang Anda petik juga dapat mendatangkan kebaikan.
5. Bangun jaringan seluas-luasnya
Disamping potensi diri Anda yang harus ditingkatkan, tanggung jawab lain yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan yaitu membangun jaringan (networking) seluas-luasnya. Tak dapat kita pungkiri jika kiprah networking cukup penting untuk menunjang kesuksesan Anda, bahkan banyak pengusaha sukses bisa memulai bisnisnya dengan modal nol rupiah alasannya yaitu mereka mempunyai jaringan bisnis yang cukup luas. Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda pun memperluas jaringan yang dimiliki untuk memperlebar pintu sukses yang Anda impikan.
Semoga kelima tips bisnis diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyadari tanggung jawab mereka sebagai calon orang sukses. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber : bisnisukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship