-->

5 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis


Dalam merintis sebuah usaha, keberadaan planning bisnis (business plan) mirip peta perjalanan yang akan mengantarkan para pelaku perjuangan menuju gerbang kesuksesan. Bahkan saking pentingnya peranan business plan bagi perjalanan sebuah usaha, sanggup dikatakan hal tersebut menjadi modal utama yang diperlukan para pelaku perjuangan untuk membangun kerajaan bisnisnya.

Karena itu, perencanaan bisnis harus disusun dengan cermat dan sempurna biar perjalanan bisnis Anda kedepannya juga sanggup berjalan dengan lancar. Nah, untuk menghindari adanya kesalahan dalam penyusunan planning bisnis. Pekan ini sengaja kami informasikan 5 kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam menyusun planning bisnis.
Pertama, mengumbar informasi yang berlebihan. Dalam membuat perencanaan bisnis, tentunya tidak perlu setebal buku kamus Bahasa Inggris. Yang terpenting yaitu mencantumkan poin-poin kunci dari planning bisnis yang akan Anda jalankan, dan mengambarkan seberapa besar prospek bisnis yang dimiliki peluang bisnis tersebut di masa-masa yang akan datang. Ingat, tujuan Anda membuat planning bisnis bukan untuk menunjukkan seberapa luas pengetahuan Anda, namun sebagai pola bagi Anda untuk menjalankan roda usaha.
Kedua, analisa keuangan yang kurang realistis. Tak sanggup kita pungkiri jikalau poin ini menjadi salah satu elemen penting yang perlu Anda perhatikan dengan cermat dan tepat. Buatlah detail keuangan yang masuk akal, dan sesuai dengan kondisi pasar di sekitar Anda. Jika planning keuangan yang Anda buat terlalu berangasan dan kurang konsisten terhadap pertumbuhan industri yang ada, tidak menutup kemungkinan jikalau perhitungan Anda pun dipertanyakan tingkat keseriusannya.
Ketiga, mempunyai sasaran pasar yang masih samar. Selain aspek keuangan, rencana pemasaran juga menjadi kunci sukses sebuah usaha. Dalam hal ini, Anda harus jeli membidik pangsa pasar dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen untuk membuat sebuah peluang. Namun sayangnya, belum semua pelaku perjuangan membidik konsumennya dengan tepat, sehingga tidak heran jikalau ada sebagian pengusaha yang masih kebingungan menemukan konsumen potensial bagi perusahaannya.
Keempat, rendahnya analisa persaingan. Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda tidak hanya dituntut untuk memperhatikan faktor internal (dalam) saja, tetapi juga memperhatikan faktor eksternal yang cukup mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Contohnya saja mirip memperhatikan bagaimana persaingan bisnis di sekitar Anda dan bagaimana planning Anda untuk bersaing dengan mereka. Karena itu dalam membuat perencanaan bisnis, kenali siapa saja kompetitor Anda dan pahami taktik bisnis mereka, serta cari tahu pula apa keunggulan dan kelemahan yang mereka miliki.
Kelima, riset yang kurang  optimal. Agar sanggup memulai usahanya lebih cepat, tak jarang para pelaku perjuangan mengabaikan riset pasar dan tidak meluangkan waktunya untuk menyidik kembali pernyataan yang mereka tulis di perencanaan bisnis. Kesalahan inilah yang sering dilakukan para pelaku usaha, sehingga pada jadinya apa yang mereka rencanakan kurang sesuai dengan kondisi pasar yang ada dikala ini. Untuk itu, pastikan riset pasar Anda benar-benar akurat, up to date, dan sanggup dipertanggungjawabkan kedepannya.
Semoga informasi tips bisnis yang membahas tentang 5 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis, sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang ingin  merintis sebuah usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber : bisnisukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship