-->

Tips Mendapat Pekerjaan Sehabis Lulus Kuliah/Sekoah


Banyak kita temui mahasiswa/lulusan Sekolah Menengan Atas sederajat yang gres lulus terpaksa menunggu beberapa usang untuk mendapat pekerjaan, “mengangur”dulu selama beberapa bulan.
Dari sudut pandang evaluasi seorang konsultan HRD,penyebab utama gugurnya kandidat dalam bersaing mencari pekerjaan diantaranya lantaran kurangya pengetahuan dan kemampuan kandidat dalam teknik wawancara.

Hal tersebut biasanya di tandai dengan perilaku nervous dan tegan dalam situasi wawancara pekerjaan,sehingga akan menjadikan kandidat tidak fokus dan tidak efektif dalam menjawab pertanyaan interviewer.Terlebih lagi nervous akan menjadikan kandidat tidak bisa ‘menjual” dirinya dengan optimal.
Solusinya tentu adallah dengan bersikap tenang ang di tunjang denga kemampuan berkomunikasi,dimana perilaku hening ini sanggup diraih setelah kandidat memilki pengetahuan teknik wawancara yang baik.
Akan tetapi,seperti kata pepatah, “practice make perfect” ,satu faktor lain yang sangat berperan dalam menghadai situasi awncara pekerjaan adalah jam terbang.Pengetahuan teknik waancara yang baik,di sertai degan pengalaman praktek wawancara yang tinggi,akan menambah kepercayaan diri kandidat.
Untuk mencapai semua itu,berikut tips nya:
1. Memiliki pengetahuan teknik wawancara pekerjaan.Buku artikel perihal hal ini bisa ita dapatkan di toko uku ataupun di internet.Jangan khawatir mengenai biaya,karena berbagai artikel perihal tekik wawancara bisa didapatkan dengan geratis di internet.
2. Setahun sebelum asumsi lulus kuliah/sekolah,melamar untuk beberapa pekerjaan yang diminati,katakan di surat lamaran,bahwa saaat ini anda masih kuliah/sekolah,namun dalam persiapan skripsi/mengikuti ujian akhir.
3. Saat melamar,jika calon pemberi kerja (perusahaan) mensyaratkan untuk mengirimkan berkas lamaran melalu pos,maka sebaiknya hanya menyertakan surat lamaran dan Curiculum Vitae (CV) atau riwayat hidup dan informasi-informasi lain yang anda anggap sanggup mendukung kesuksesan anda alam peerjaan tersebut.
4. Untuk pekerjaan atau jabatan yang tidak harus mempunyai latar belakang pendidikan khusus,seperti dokterakuntan,arsistek atau engineer,maka walaupun calon pemberi kerja (perusahaan) telah mensyaratkan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan anda,jangan “takut” untuk tetap melamar.
Alasannya adalah,bagi perusahaan pemberi kerja,persyaratan latar belakang keilmuan biasannya hanya merupakan suatu keutamaan saja ,kalau ada kandidat dengan bidang keilmuan yang berbeda namun mempunyai kopentensi dan pengalamn yang sesuai dengan pekerjaannya,tidak akan menjadi masalah.
Contohdalam hal ini biasanya suatu lowongan pekerjaan untuk menjadi staf hubugan masyarakat,walaupun telah disyaratkan yang di cari yakni kandidat dengan latar belaang ilmu komunikasi,maka menciptakan anda yang berasal dari bidang ilmu lainnya silahkan melamar saja.
Pengecualian bila calon pemberi kerja adalah bukan perusahaan melainkan departemen atau tubuh pemerintah,mereka sangat ketat sekali dalam hal ini,mugkin dikarenakan banyaknya peminat ssehinga perlu ada pembatasan dari sisi administrasi.
5. Upayakan miliki pengalaman kerja semasa anda kuliah/sekolah,walaupun hanya berupa peraktek kera,atau pekerjaan paruh waktu,dan cantumkan pengalaman kerja ini dalam CV anda.
6. Aktivitas beroganisasi perlu juga disertakan ketika menuliskan CV,sebab biasanya kegiatan organissi banyak membari kematangan dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang tentunya di butuhkan juga dalam dunia kerja .
Semoga sukses mendapat pekerjaan harapan anda ya…?

Sumber : kompasiana.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship