-->

Memulai Bisnis Dengan 5 P


Banyak orang yang ragu memulai bisnis atau merintis bisnisnya dari nol, bahwasanya mereka hanya dihantui rasa khawatir kalau nanti akan macet ditengah jalan. Akhirnya banyak orang yang kehilangan peluang bisnis sebab terlalu ragu untuk memulai bisnis. Ketahuilah sobat, terlalu lambat mengambil peluang akan menciptakan Anda kehilangan kesempatan. Sementara terlalu cepat mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang sempurna akan menyulitkan Anda dikemudian hari.


Sebelum memutuskan untuk menangkap peluang bisnis yang ada, Anda harus bisa menjawab aneka macam pertanyaan berikut ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibentuk menurut pengalaman aku eksklusif dikala menekuni dunia bisnis semenjak jaman mahasiswa sampai sekarang. Untuk memudahkannya maka perlu kita kelompokan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan sebut saja memulai berbisnis dengan 5 P yang bisa diartikan sebagai berikut :

1.    Pelanggan
Silakan Anda jawab pertanyaan pertama dan yang utama ini. Siapakah pelanggan atau orang yang bersedia membayar produk atau jasa Anda? Apakah daya beli pelanggan Anda memadai sehingga bersedia membayar dengan harga yang Anda tawarkan? Apakah produk atau jasa Anda memang benar-benar diharapkan oleh pelanggan?
Produk atau jasa yang Anda tawarkan harusnya diharapkan dan dibutuhkan pelanggan. Sebaik apapun yang Anda tawarkan kalau pelanggan tidak bersedia membayar maka itu tidak ada artinya dalam dunia bisnis.

2.    Produk
Apakah kelebihan produk atau jasa yang Anda tawarkan? Apakah produk atau jasa Anda bisa menjawab kegelisahan dan kebutuhan pelanggan Anda? Apakah produk atau jasa yang Anda tawarakan sulit ditiru oleh pesaing? Jawaban-jawaban atas pertanyaan ini akan mendongkrak daya saing bisnis Anda dan membuatnya menjadi sangat berpengaruh di kemudian hari.

3.    Pendukung
Jangan pernah Anda berpikir ibarat super hero, semua bisa diselesaikan sendiri. Dalam dunia bisnis, Anda perlu santunan dari aneka macam pihak. Temukan jawabannya atas pertanyaan berikut ini. Siapakah yang bersedia berbisnis dan berhubungan dengan Anda? Siapakah orang yang bersedia mendukung dan membantu Anda?

4.    Permodalan
Apabila Anda sanggup menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas kini saatnya Anda mengajukan pertanyaan, “Darimana modal bisnis Anda?” Jangan berharap meminjam atau berhubungan dengan bank kalau bisnis Anda gres mulai. Carilah permodalan dari IMF (Istri, Mertua dan Family). Bagi Anda yang mempunyai banyak korelasi tentu bisa mengajak sobat Anda untuk menjadi pemodal.

5.    Prihatin
Saat memulai bisnis bersediakah Anda hidup prihatin? Hidup sederhana bukanlah kehinaan. Hindari bergaya hidup glamor padahal bisnis Anda sedang memerlukan perputaran uang dan perhatian. Pebisnis pemula bukanlah dilihat dari “tongkrongannya” tetapi dilihat dari cash flow dan kesiapan menghadapi aneka macam tantangan.

Nah, kalau Anda bisa menjawab aneka macam pertanyaan tersebut di atas dengan baik, saatnya Anda memulai bisnis kini juga. Tidak perlu ditunda dan tidak perlu banyak bertanya. Ayo segera mulai! Action!!

Salam Sukses Mulia

Oleh :
Jamil Azzaini
Inspirator Sukses Mulia & Penasehat Yatim Mandiri
Sumber : Majalah Yatim Mandiri Edisi Juni 2012

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship