-->

Kotoran Panda Jadikan Teh Termahal Di Dunia

Di industri kopi terkenal kopi luwak yang dianggap kopi termahal di dunia. Di dunia teh sekarang ada Teh Panda, dari kota Ya'an, provinsi Sichuan, China. Segelas saja harganya mencapai US$210 atau sekitar Rp1,9 juta.
Kenapa teh ini begitu mahal? Ceritanya agak mirip-mirip dengan proses produksi kopi luwak yang memanfaatkan hewan tertentu dalam membantu prosesnya. Bedanya, bila kopi luwak dibentuk dengan cara membiarkan hewan luwak (semacam musang) memakan biji-biji kopi dari pohon kopi, lalu kotorannya yang mengandung biji kopi diambil untuk diproses jadi kopi luwak, Teh Panda diproses dua tahap. Tahap pertama panda dibiarkan memakan bambu dan daun bambu. Tunggu hingga panda itu buang kotoran. Kotorannya lalu ditampung untuk dijadikan pupuk. Pupuk inilah yang dipakai untuk pupuk tanaman teh.

Ide menanam teh dengan pupuk kotoran panda ini digagas oleh An Yanshi (41 tahun), seorang profesor kaligrafi dari Sichuan University. Ia sudah mematenkannya. Yanshi membuka kebun teh di Ya'an, Sichuan. Menurutnya, teh dengan pupuk kotoran panda ini mempunyai unsur hara yang dapat mencegah kanker. Hal ini alasannya yakni sumber makanan panda yang selektif.Panda hanya memakan bambu dan daun bambu. Selain itu, "Panda itu ibarat mesin yang memproduksi pupuk organik. Mereka makan setiap hari dan terus memproduksi kotorannya. Dan alasannya yakni panda hanya menyerap 30% nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya maka 70% nustrisi sisanya niscaya ada dalam kotoran panda itu," papar Yanshi.

Mengenai mahalnya teh yang ia produksi, hal ini alasannya yakni ia tak mengeruk keuntungan. Sebagian dana dari hasil penjualan teh itu dipakai untuk acara lingkungan kata Yanshi. Ya, hitung-hitung minum teh sambil menyelamatkan lingkungan. Lagi, pula, kata Yanshi, ia tak memproduksi banyak. Sejak diproduksi 12 Maret 2012 ia hanya menjual 21 kantong.
Yanshi menjual teh seharga US$3.500/50 gram (kantong) atau sekitar Rp 31,5 juta/kantong. Dan alasannya yakni tiap cangkir teh itu dibutuhkan 3 gram teh, maka tiap cangkir teh berarti seharga sekitar US$210 atau sekitar Rp 1,9 juta. Begitulah hasil dari Yanshi "mempekerjakan" panda. Luar biasa!

Foto: Whatsonchengdu.com dan Inquisitr.com
Sumber : andriewongso.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship