-->

7 Harga Menjadi Pengusaha Sukses


Anda akan menjadi apapun yang Anda inginkan, bila Anda tahu persis yang Anda inginkan dan bersedia membayar harga untuk mendapat yang Anda inginkan.

Ada 7 harga yang harus dibayar untuk menjadi pengusaha sukses, yaitu:
1. Hidup Hemat
“Ketika memulai usaha, kau berisiko menjadi sangat miskin harta. Kamu memerlukan setiap sen uang yang kau miliki. Semua founder, pendiri perjuangan yang sukses, awalnya hidup dengan sangat hemat. Mereka memakai setiap sen uangnya untuk diputarkan ke dalam bisnis.
2. Sedikit Waktu Senggang
“Pada dikala kau menjadi pengusaha dan berada di tahap-tahap awal, banyak pekerjaan yang mendesak dan harus segera selesai, silakan tebak siapa yang hasilnya lembur dan begadang untuk menuntaskan pekerjaan itu?”
3. Menunda Kesenangan
“Ketika perjuangan bertambah maju, ada saat-saat tertentu perusahaan mempunyai kelebihan uang tunai. Pada dikala itu tiba, kau akan ‘merasa’ mempunyai banyak uang. Padahal itu bukan uang kamu, tapi itu yaitu uang perusahaan. Nah, inilah saat-saat yang paling berbahaya bagi entrepreneur pemula. Mereka sering tergelincir.”
4. Stres
“Dunia bisnis yaitu dunia perihal menuntaskan masalah. Sebagai pemilik perusahaan, kau yaitu orang nomor satu di perusahaan. Kamu bagaikan raja kecil di kerajaan perjuangan yang kau bangkit dari awal. Sayangnya, dengan demikian, kau juga sekaligus menjadi muara dari segala keruwetan dan duduk kasus di perusahaan. Semua pekerjaan yang sulit dan kotor, akan berujung kepadamu. Semua stres di kantor, ujung-ujungnya akan lari ke kamu.”
5. Hubungan dengan Keluarga
“Lingkungan perjuangan yang selalu berubah-ubah, akan menghasilkan tingkat stres yang sangat tinggi. Ia praktis terpicu emosinya dan menjadi praktis marah. Apalagi, kalau pengusaha start-up itu membawa urusan pekerjaan, yang disertai stres dan juga amarah, ke rumah. Bayangkan, apa jadinya relasi si pengusaha dengan anggota keluarganya itu? Yang kasihan itu anak-anak. Mereka praktis dan sering menjadi objek pelampiasan amarah.”
6. Kehilangan Teman-Teman
“Akan tiba suatu masa ketika teman-temanmu melihat kau tidak ‘asyik’ ibarat dulu lagi. Menurut mereka, kau ‘sombong’, jarang mau bergaul, bermain, dan berkumpul-kumpul lagi dengan mereka. Padahal, itu semua alasannya yaitu kau sebagai pengusaha sangat sibuk. Kedua, aku harus irit. Saya butuh setiap sen uang aku untuk kepentingan yang lebih besar.”
7. Hilangnya Percaya Diri
“Akan tiba suatu masa, ketika pengusaha pemula dihampiri oleh duduk kasus yang tiba bertubi-tubi. Kejadian ini menciptakan pengusaha start-up ‘seolah-olah’ kehilangan rasa percaya diri. Mereka ‘merasa’ sendirian. Mereka ‘merasa’ ingin menyerah. Mereka ‘merasa’ bahwa dunianya sudah berakhir. Itu biasanya yang menjadi penyebab pengusaha pemula menjadi gagal dan hancur berantakan.”
***********
Tahukah Anda, bahwa fakta-fakta diatas jarang diungkapkan oleh para motivator yang mengajak Anda menjadi pengusaha? Anda hanya mendengar perihal sesuatu yang indah. Padahal, ada kenyataan pahit yang harus dihadapi oleh seorang calon pengusaha.
Memang, harga yang harus dibayar untuk menjadi pengusaha terlihat sangat mahal, tetapi hadiah yang akan Anda dapatkan juga sepadan. Minimal, ada 9 hadiah menarik yang akan Anda terima, sehabis Anda berhasil menjadi pengusaha sukses.
See you at the top!
 Oleh :  John Rusly
Sumber : kompasiana.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan pulsa anita

Sponsorship