Prospek dan Contoh Proposal Bisnis Jual-beli Barang Antik

Prospek dan Contoh Proposal Bisnis Jual-beli Barang Antik

Proposal Bisnis Jual-beli Barang Antik

Jenis usaha dan bisnis yang ada saat ini tidak hanya terbatas pada barang tertentu saja, karena banyak juga orang yang berjualan barang antik dan mendapat keuntungan melimpah dari sana. Dalam hal ini proposal bisnis jual-beli barang antik diperlukan untuk penambahan modal/dana bisnis tersebut.

Barang antik adalah barang yang terbilang langka, sehingga banyak orang yang mencari barang-barang tersebut. Target pasar dari barang antik juga biasanya agak berbeda, dan bergantung pada hobi atau orang-orang yang senang mengoleksinya.

Contoh Proposal Bisnis Jual-Beli Barang Antik

Untuk membuat proposal bisnis jual beli khusus barang-barang antik, bisa dengan melihat contoh berikut ini:

Latar Belakang Usaha

Sebagai negara agraris dan juga maritim, Indonesia memilih lahan pertanian yang subur dan kaya akan sumber daya alamnya. Sumber daya manusianya juga banyak, tetapi sayangnya sumber daya manusia ini memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan baik.

Banyak barang-barang modern seperti meja, lemari, kursi, dan sebagainya yang dijual di sejumlah toko dan dikirim ke luar negeri. Indonesia juga memiliki barang-barang yang nilai estetikanya lebih tinggi, mulai dari bentuknya, jenis ukirannya, dan sebagainya.

Padahal barang-barang antik dengan nilai estetika berlebih ini bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali ke luar negeri, yang akan menambah pendapatan negara dengan lebih maksimal. Namun belum ada sumber daya manusia yang berhasil melakukan hal itu.

Dari kekurangan itulah maka kami dari PT Antika Jaya termotivasi untuk meningkatkan nilai tambah pada sejumlah barang antik dari Indonesia.

Penambahan nilai pada barang antik tersebut dilakukan dengan menyediakan tempat/wadah, bagi para penyuka barang antik yang sulit mendapatkan barang antik sesuai keinginan mereka. Maka barang-barang antik tersebut akan memiliki nilai tambahnya sendiri.

Karakteristik Usaha dan Pelayanan Usaha

Usaha barang antik akan memberikan pelayanan pada seluruh konsumen dengan memberi pelayanan ramah, dan memberi informasi dengan jelas dan juga detail. PT Antika Jaya ini juga memiliki layanan pengiriman barang ke seluruh wilayah di Indonesia.

Kami juga menyediakan berbagai macam model/jenis barang antik seperti kursi, lemari, meja, pintu, dan masih banyak lagi jenis barang antik lainnya. Hal itu dilakukan untuk melengkapi fasilitas rumah supaya mendapat kesan/suasana yang berbeda.

Kami juga menyediakan barang-barang antik dengan kualitas unggulan, untuk para penyuka atau pengoleksi barang antik secara khusus.

Kepemilikan Usaha

Usaha barang antik yang satu ini sudah memiliki struktural yang telah terorganisasi dengan baik. Baik dari pihak owner maupun pihak lainnya yang telah membantu pengembangan usaha tersebut. Berikut ini deskripsi masing-masing posisi dan tugasnya di PT Antika Jaya:

  • Manajer Barang Antik (sekaligus pemilik)

Bapak Manuela Irawan

  1. Melakukan networking dengan segala pihak terkait.
  2. Mengontrol kinerja dari orang-orang yang telah memiliki tugasnya masing-masing.
  3. Bertanggung jawab pada setiap pengambilan keputusan.
  4. Mencari solusi untuk setiap masalah/kendala yang muncul di dalam perusahaan.
  5. Menyediakan laporan pertanggungjawaban kinerja perusahaan setiap bulan.
  • Bagian Pendataan Keuangan dan Pendataan Jenis Barang

Ibu Mustika dan Diana

  1. Mengatur laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari arus kas dan neraca keuangan.
  2. Memastikan perhitungan jumlah untuk laba rugi dalam laporan pengembalian modal.
  3. Merapikan pendataan barang.
  • Bagian Pemilihan Jenis Barang

Bapak Iman dan Bapak Budianto

  1. Memastikan pasokan dan juga persediaan barang antik jumlahnya selalu tersedia.
  2. Mengelola bagaimana alur dalam proses produksinya.
  3. Memastikan berapa jumlah produk barang antik yang banyak diminati di pasaran.
  • Bagian Peneliti Kualitas Barang dan Perawatan Barang

Bapak Cendana

  1. Memastikan barang antik selalu dalam kondisi yang baik.
  2. Merawat seluruh jenis barang antik di perusahaan.

Jenis dan Tujuan Usaha

Usaha barang antik dari PT Antika Jaya ini rencananya akan menyediakan jenis-jenis ukiran kayu dalam segala model/bentuk, baik yang berupa lemari, jendela, kursi, meja, dan sebagainya.

Jenis usaha yang satu ini kurang lebih sama dengan penjualan barang-barang rumah tangga pada umumnya, tetapi mengutamakan barang-barang antik yang dibuat dari ukiran kayu berkualitas.

Sedangkan untuk tujuan usahanya sendiri yaitu untuk memberi wadah dari barang-barang antik, bagi para penyuka barang antik tersebut. Sehingga mereka tidak usah mencari barang ke pelosok daerah yang sulit dijangkau.

Visi dan Misi Usaha

Visi dan misi dari penjualan barang antik ini adalah supaya konsumen tertarik dan tidak kesulitan mendapatkan barang langka dan juga antik. Tidak menutup kemungkinan usaha ini juga akan terus berkembang dan melayani pengiriman ke luar negeri.

Berikut ini visi dan misi yang jelas dari PT Antika Jaya:

Visi

  • Menjual barang-barang antik berkualitas tinggi dan dibuat dari bahan-bahan yang aman.
  • Mengurangi ketergantungan dari jenis barang modern.

Misi

  • Menjual barang antik hingga ke luar negeri.
  • Menerapkan keamanan dalam hal pengiriman barang.

Contoh proposal bisnis jual-beli barang antik ini bisa menjadi panduan yang tepat, dalam membuat sebuah proposal yang baik dan benar dan produk yang juga sesuai dengan yang dijual saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.